Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik yang Berorientasi kepada Kemampuan Justifikasi Matematis

Penulis

  • Zuliyanti Zuliyanti
  • Ilham Rizkianto Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.26486/jm.v4i2.1038

Kata Kunci:

Perangkat pembelajaran, pendekatan pendidikan matematika realistik, kemampuan justifikasi matematis

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS dengan pendekatan PMRI yang berorientasi kepada kemampuan justifikasi matematis serta mengetahui kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari analisis¸ desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Objek dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran dengan pendekatan PMRI yang berorientasi kepada kemampuan justifikasi matematis. Instrumen yang digunakan meliputi lembar penilaian perangkat pembelajaran untuk mengukur kevalidan, angket respon siswa untuk mengukur kepraktisan, serta tes kemampuan justifikasi matematis untuk mengukur keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Hasil dari penelitian ini adalah RPP dan LKS dengan pendekatan PMRI yang berorientasi kepada kemampuan justifikasi matematis. Berdasarkan hasil penilaian kevalidan, RPP memenuhi kriteria sangat valid dengan rata-rata skor 187 dari rata-rata maksimal 220. LKS memenuhi kriteria valid dengan rata-rata skor 119 dari 145. Berdasarkan hasil penilaian kepraktisan, perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis dengan perolehan skor 40,09 dari 52. Berdasarkan hasil penilaian keefektifan dari tes kemampuan justifikasi matematis, perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif dengan nilai rata-rata kelas yaitu 77,72 dan persentase ketuntasan siswa sebesar 72%. Hasil penilaian keefektifan didukung oleh one sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05.

Diterbitkan

2020-04-30

Terbitan

Bagian

Articles