FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN
DOI:
https://doi.org/10.26486/jramb.v1i1.9Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi
pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan pada perusahaan barang konsumsi
yang terdaftar di BEI tahun 2010-2013. Variabel independen dalam penelitian ini
adalah ukuran perusahaan, umur listing perusahaan, kepemilikan institusional,
kepemilikan asing, ukuran dewan komisaris, independensi komite audit, struktur
modal, dan profitabilitas. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 12 perusahaan.
Metode yang digunakan adalah uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji
multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis dilakukan dengan
menggunakan uji koefisien determinasi, uji F, dan uji t. Hasil analisis data
menunjukkan bahwa umur listing perusahaan, kepemilikan institusional, kepemilikan
asing, ukuran dewan komisaris, dan profitabilitas berpengaruh terhadap
pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan sedangkan ukuran perusahaan,
independensi komite audit, dan struktur modal tidak berpengaruh terhadap
pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan.
Kata kunci : ukuran perusahaan, umur listing perusahaan, kepemilikan institusional,
kepemilikan asing, ukuran dewan komisaris, independensi komite audit,
struktur modal, profitabilitas, dan pengungkapan tanggung jawab sosial
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with (JRAMB) Jurnal Riset Akuntansi Mercu Buana agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the JRAMB right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JRAMB. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JRAMB.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).