Analisis pengukuran kinerja rumah sakit dengan pendekatan balanced scorecard pada rumah sakit daerah madani palu tahun 2015

Authors

  • Olivia H. Munayang
  • Ririn Parmita
  • Andini Nurhajra

DOI:

https://doi.org/10.26486/jramb.v3i1.405

Keywords:

Balanced Scorecard, Rumah Sakit, dan Kinerja

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan Balanced Scorecard, di mana hal ini dilakukan penelitian karena masih ada kinerja yang harus diketahui tidak hanya keuangan saja tetapi dari segi non keuangan juga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja Rumah Sakir Daerah Madani dengan empat perspektif yaitu perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan serta perspektif keuangan. Untuk perspektif pelanggan menggunakan 98 responden, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menggunakan 84 responden dan untuk perspektif keuangan menggunakan laporan keuangan Rumah Sakit periode 2015. Hasil pengukuran kinerja Rumah Sakit dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard memperoleh hasil atau skor 0,7. Hasil ini menunjukkan bahwa kinerja Rumah Sakit dilihat dari pengukuran kinerja secara keseluruhan dikatakan Baik. Meskipun kinerja masing-masing perspektif belum maksimal, namun hal ini dapat menunjukkan kinerja yang baik bagi Rumah Sakit Daerah Madani. Penggunaan pengukuran balanced scorecard dalam organisasi dapat memberikan gambaran umum mengenai kinerja suatu organisasi yang lebih lengkap dan komprehensif.

Downloads

Published

2017-05-12

Issue

Section

Jurnal Riset Akuntansi Mercu Buana (JRAMB)