PERKEMBANGAN LOYALITAS MEREK MAHASISWATERHADAP PERGURUAN TINGGI BERDASARKAN MASA STUDI
Abstract
Strategi pemasaran yang tepat sangat penting untuk keberlangsungan sebuah perusahaan, termasuk perguruan tingi. Loyalitas merek (brand loyalty) adalah suatu konsep yang sangat penting dalam mempertahankan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perkembangan loyalitas merek mahasiswa terhadap perguruan tinggi berdasarkan masa studinya. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada perbedaan loyalitas merek mahasiswa berdasarkan masa studi, mahasiswa yang masa studi yang lebih lama, seiring dengan bertambahnya usia, akan memiliki loyalitas merek yang lebih tinggi daripada mahasiswa yang lebih baru. 96 mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Yogyakarta berpartisipasi sebagai subjek penelitian. Hasil one-way anova F=0,598, p>0,05 menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan loyalitas merek berdasarkan masa studi. Hal ini berarti perkembangan loyalitas merek pada mahasiswa lebih dipengaruhi oleh faktor lain selain usia mahasiswa.
Full Text:
PDFReferences
Azwar, S. (1997). Reliabilitas dan Validitas.Yogyakarta : Pustaka Pelajar Offset
Azwar, S. 1999. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Offset
Azwar, S. (2013). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Offset
Bagus, D. (2009). Brand Loyalty (loyalitas merek): Definisi dan Tingkatan loyalitas merek (Brand loyalty).http://jurnal- sdm.blogspot.co.id/2009/10/brand-loyalty-loyalitas-merek-definisi.htm): diakses 7 Januari 2016
Dharmesta, B. S. & Handoko, T. M. (1997). Manajemen Pemasaran ; Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakarta : BPFE.
Engel, J. F. (1990). Consumer Behavior. 5th. Ed. Upper Saddle River, NJ : Prentice Hall. Inc.
Fadhly, M. (2007). Loyalitas Merek ditinjau dari Kepuasan Pelanggan Terhadap Layanan Purnajual Telepon Seluler Merek Sony Ericsson. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Psikologi Univeritas Wangsa Manggla.
Ferdinand, A. (2000). Manajemen Pemasaran : Sebuah Pendekatan Strategic. BP Undip, Semarang.
Foster, T. R. V. (2002). Memberikan Perhatian Kepada Pelanggan. Jakarta : PT Elexmedia Komputindo
Kinnear, Thomas C dan James R Taylor. (1996). Marketing research: An Applied Approach. 5th edition. USA
Kotler, P. & Susanto, A. B. (2000). Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian. Jakarta : Erlangga
Lovelock, C.H & Wright L.K. (2005). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : PT. Indeks
Lupiyoadi, H. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Jakarta : Salemba Empat
Monks, F. J, Knoers, A. M. Dan Haditono, S. R. (1982). Psikologi Perkembangan Pengantar dalam Bagian-Bagiannya.Yogyakarta : Gajah Mada University Press.
Mowen, J.C., dan Minor, M. (2006). Perilaku konsumen Edisi 5 Jilid 2. Jakarta. Erlangga
Nawangsarim, S., B. (2008). Kepuasan Konsumen dan Kesetian terhadap Merek. Jurnal Psikologi. Vol. 1.No. 2, 97 -103.
Paliliati, Alida. (2007). Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan, Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Perbankan Di Sulawesi Selatan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 9, No. 1, pp. 73-81, Maret 2007
Parasuraman, A, Berry, L.L dan Zeithamil, VA .(1990). An Empirical Examination Of Relationships In An Extended Servicequality Model Report, No.90-122, Marketing Sciences Institute, Cambridge.
Peter, J. Paul., Olson, Jerry, C., (2000). Consumer Behavior. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Purnawarman, T. (2001). Strategi Pemasaran dan Pengendalian Mutu produk. Diakses melalui: http://rudyct.250x.com
Rangkuti, Freddy. (2008). The Power of Brands: Teknik mengelola brand equity dan strategi pengembangan mereka + analisis kasus dengan SPSS. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Safitri, R.M. (2015). Hubungan antara Citra Merk dan Kepuasan pelayanan dengan Loyalitas Merk pada Mahasiswa di Yogyakarta. Prosiding. Seminar Internasional “Society Empowerment Through Multidimensional Approach”: Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
Schiffman. LG. dan Leslie, L. Kanuk. (1997). Consumer Behavior. Prentice Hall. New Jersey.
Setiadi, N.J. (2013). Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran Edisi Revisi Cetakan 5. Jakarta. Kencana.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta
Tjiptono, F. (2000). Prinsip dan Dinamika Pemasaran. Edisi Pertama. Yogyakarta: J & J Learning
Tjiptono, F. (2001). Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi Offset
Walgito, B. (2001). Psikologi Umum. Yogyakarta : Andi Offset
Wells, W. & Prensky, D. (1996). Consumer Behavior. Newyork : John Wiley And Son. Inc.
DOI: https://doi.org/10.26486/psikologi.v19i1.599
Article Metrics
Abstract view : 350 timesPDF - 233 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Ranni Merli Safitri
Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi Indexed by
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.