PERKEMBANGAN LOYALITAS MEREK MAHASISWATERHADAP PERGURUAN TINGGI BERDASARKAN MASA STUDI
DOI:
https://doi.org/10.26486/psikologi.v19i1.599Abstract
Strategi pemasaran yang tepat sangat penting untuk keberlangsungan sebuah perusahaan, termasuk perguruan tingi. Loyalitas merek (brand loyalty) adalah suatu konsep yang sangat penting dalam mempertahankan konsumen. Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk mengetahui bagaimana perkembangan loyalitas merek mahasiswa terhadap perguruan tinggi berdasarkan masa studinya. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada perbedaan loyalitas merek mahasiswa berdasarkan masa studi, mahasiswa yang masa studi yang lebih lama, seiring dengan bertambahnya usia, akan memiliki loyalitas merek yang lebih tinggi daripada mahasiswa yang lebih baru. 96 mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Yogyakarta berpartisipasi sebagai subjek penelitian. Hasil one-way anova F=0,598, p>0,05 menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan loyalitas merek berdasarkan masa studi. Hal ini berarti perkembangan loyalitas merek pada mahasiswa lebih dipengaruhi oleh faktor lain selain usia mahasiswa.
References
Azwar, S. (1997). Reliabilitas dan Validitas.Yogyakarta : Pustaka Pelajar Offset
Azwar, S. 1999. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Offset
Azwar, S. (2013). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Offset
Bagus, D. (2009). Brand Loyalty (loyalitas merek): Definisi dan Tingkatan loyalitas merek (Brand loyalty).http://jurnal- sdm.blogspot.co.id/2009/10/brand-loyalty-loyalitas-merek-definisi.htm): diakses 7 Januari 2016
Dharmesta, B. S. & Handoko, T. M. (1997). Manajemen Pemasaran ; Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakarta : BPFE.
Engel, J. F. (1990). Consumer Behavior. 5th. Ed. Upper Saddle River, NJ : Prentice Hall. Inc.
Fadhly, M. (2007). Loyalitas Merek ditinjau dari Kepuasan Pelanggan Terhadap Layanan Purnajual Telepon Seluler Merek Sony Ericsson. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Psikologi Univeritas Wangsa Manggla.
Ferdinand, A. (2000). Manajemen Pemasaran : Sebuah Pendekatan Strategic. BP Undip, Semarang.
Foster, T. R. V. (2002). Memberikan Perhatian Kepada Pelanggan. Jakarta : PT Elexmedia Komputindo
Kinnear, Thomas C dan James R Taylor. (1996). Marketing research: An Applied Approach. 5th edition. USA
Kotler, P. & Susanto, A. B. (2000). Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian. Jakarta : Erlangga
Lovelock, C.H & Wright L.K. (2005). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : PT. Indeks
Lupiyoadi, H. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Jakarta : Salemba Empat
Monks, F. J, Knoers, A. M. Dan Haditono, S. R. (1982). Psikologi Perkembangan Pengantar dalam Bagian-Bagiannya.Yogyakarta : Gajah Mada University Press.
Mowen, J.C., dan Minor, M. (2006). Perilaku konsumen Edisi 5 Jilid 2. Jakarta. Erlangga
Nawangsarim, S., B. (2008). Kepuasan Konsumen dan Kesetian terhadap Merek. Jurnal Psikologi. Vol. 1.No. 2, 97 -103.
Paliliati, Alida. (2007). Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan, Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Perbankan Di Sulawesi Selatan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 9, No. 1, pp. 73-81, Maret 2007
Parasuraman, A, Berry, L.L dan Zeithamil, VA .(1990). An Empirical Examination Of Relationships In An Extended Servicequality Model Report, No.90-122, Marketing Sciences Institute, Cambridge.
Peter, J. Paul., Olson, Jerry, C., (2000). Consumer Behavior. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Purnawarman, T. (2001). Strategi Pemasaran dan Pengendalian Mutu produk. Diakses melalui: http://rudyct.250x.com
Rangkuti, Freddy. (2008). The Power of Brands: Teknik mengelola brand equity dan strategi pengembangan mereka + analisis kasus dengan SPSS. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Safitri, R.M. (2015). Hubungan antara Citra Merk dan Kepuasan pelayanan dengan Loyalitas Merk pada Mahasiswa di Yogyakarta. Prosiding. Seminar Internasional “Society Empowerment Through Multidimensional Approachâ€: Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
Schiffman. LG. dan Leslie, L. Kanuk. (1997). Consumer Behavior. Prentice Hall. New Jersey.
Setiadi, N.J. (2013). Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran Edisi Revisi Cetakan 5. Jakarta. Kencana.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta
Tjiptono, F. (2000). Prinsip dan Dinamika Pemasaran. Edisi Pertama. Yogyakarta: J & J Learning
Tjiptono, F. (2001). Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi Offset
Walgito, B. (2001). Psikologi Umum. Yogyakarta : Andi Offset
Wells, W. & Prensky, D. (1996). Consumer Behavior. Newyork : John Wiley And Son. Inc.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with INSIGHT: Jurnal Ilmiah Psikologi agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Insight right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Insight. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Insight.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).