Development of e-MBO performance assessment model to improve the employee performance

Authors

  • Yusleli Herawati Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Melisa Kurnia Asfitri Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Mahmud Junianto Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Adhisti Amalia Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Nadia Azzahra Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Salsabila Politeknik Negeri Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.26486/psikologi.v26i2.3587

Abstract

Manual performance appraisal techniques are not adaptive to developments in information technology, and this is considered a flaw. This study aims to create and evaluate the e-MBO performance assessment system. This study was conducted in The Palembang Therapy Center (PTC). The sample consisted of 21 employees who were selected using purposive sampling techniques. Employees who have been working for at least a year were the inclusion criteria. Furthermore, this study uses a research and development (R&D) methodology referring to the Richey & Klein concept, consisting of model development, internal validation, and external validation. The R&D results found that there were no issues when using the e-MBO employee performance assessment approach. Therefore, the research hypothesis stating that the e-MBO instrument effectively assesses employee performance is accepted. Furthermore, effective implementation of e-MBO can improve employee performance. The e-MBO assessment system can enhance employee performance through improved accuracy, discipline, work quality, and technical skills.

Keyword: e-MBO; performance assessment; employee performance; employee; PTC.

References

Abdillah, N, S., Satrya, A., Priyati, R, Y. (2022). Pengaruh penilaian kinerja dan beban kerja terhadap kinerja pegawai dengan motivasi sebagai variabel mediasi pada Direktorat Sistem Informasi dan Teknologi Perbendaharaan. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 13(1), 168-187

Abdullah, M, A., Aldisa, R, T. (2023). Perbandingan metode preference selection index dan kombinasi preference selection index dan TOPSIS dalam penilaian kinerja karyawan hotel. KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, 3(6), 1080-10877.

Ayun, Q. (2011). Penilaian kinerja (perfomance appraisal) pada karyawan di perusahaan. Majalah Ilmiah Informatika, 2(3), 74-88.

Budihardjo, M. (2015). Panduan penilaian kinerja karyawan. Jakarta: Raih Asa Sukses.

Evita, S, N., Muizu, W, O, Z., & Atmojo, R, T, W. (2017). Penilaian kinerja karyawan dengan menggunakan behaviorally anchor rating scale dan management by objectives (studi kasus pada PT. Qwords Company International). Pekbis Jurnal, 9(1), 18-32.

Erwandi, D., Sauri, S., Hanafiah. (2022). Manajemen penilaian kinerja guru (PKG) untuk meningkatkan kompetensi guru Sekolah Menengah Pertama di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 2099-2104.

Heri., Handayani, F. (2020). Pengaruh kompetensi terhadap kinerja pegawai pada bidang kepemudaan Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung. Jurnal Ilmiah "Neo Politea", 12(2), 17-29.

ile, C, M., Edokpolor, J, E. (2022). Work self-efficacy and job perfomance of business educator in public universities. insight: jurnal ilmiah psikologi, 24(1), 01-12. https://doi.org/10.26468/psikologi.v24i1.2314

Kurniawan, Alam, S., & Albar, E. (2020). Pengaruh kompensasi terhadap kinerja pegawai melalui kepuasan kerja sebagai variabel intervening (Pada dinas perhubungan Kota Makassar tahun 2019-2020). Niagawan.

Mangkunegara, A. P. (2013). Manajemen sumber daya manusia perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mondy, R & Wayne. (2008). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Erlangga.

Murdianto, A. M. (2014). Pengaruh sistem penilaian kinerja terhadap motivasi karyawan kantor pusat PT. Infomedia Nusantara di Jakarta. e-Proceeding of Management, 1(3), 15-25.

Nuriadni, A., Hadiprajitno, P, B. (2022). Manfaat penerapan sistem informasi akuntansi terhadap kinerja karyawan dengan pendekatan TAM. Diponegoro Journal of Accounting, 11(1), 1-11.

Palasara, N., Anggraeni, A., & Qomaruddin, M. (2020). Implementasi website penilaian kinerja paramedis pada rumah sakit. Jurnal Riset Komputer, 7(3), 469-476. http://dx.doi.org/10.30865/jurikom.v7i3.2168

Permana, Y, S, W., Mujanah, S. (2019). Analisis pengaruh budaya organisasi, dukungan organisasional dan sistem penilaian kinerja terhadap kinerja karyawan melalui organizatioal citizen. Jurnal Manajemen & Accounting Research Global, 4(1), 224-235.

Prasasti, F., Hutagol, M, P., Affandi, M, J. (2016). Pengaruh penilaian kinerja terhadap kinerja karyawan bagian pemasaran melalui faktor pendorong motivasi (Studi kasus: Bank XYZ KCU Bekasi). Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen, 2(3), 248-257.

Pratama, I, W., Sukarno, G. (2021). Analisis penilaian kinerja, reward, dan punishment terhadap kinerja pegawai pada badan kepegawaian daerah Provinsi Jawa Timur. Jurnal STEI Ekonomi, 30(2), 20-32.

Rani, I, H., & Mayasari, M. (2015). Pengaruh penilaian kinerja terhadap kinerja karyawan dengan motivasi sebagai variabel moderasi. Jurnal Akuntansi, Ekonomi, dan Manajemen Bisnis, 3(2), 164-170.

Richey, R, C., & Kleim, J, D. (2014). Developmental research methode: Creating knowledge from instructional design and development practice. Journal of Computing inHigher Education, 16. 23-38. https://dx.doi.org/10.1007/BF02961473

Rivai., Veithzal., & Basri. (2005). Performance appraisal: Sistem yang tepat untuk menilai kinerja karyawan dan meningkatkan daya saing perusahaan. Jakarta: Raja Gravindo Persada.

Robbins, S. (2015). Perilaku organisasi. Klaten: PT Intan Sejati Klaten.

Syahridlo, A., Hasiholan, LB., & Fathoni, A. (2020). The effect of leader member exchange, change oriented leadership and management by objective on bsc-based performance measurement with employee engagement as variables. Journal of Management, 6(1).

Saputra, D., Sucipto, A., Damayanti., Masputra, M, A., Rizky, H. (2023). Implementasi metode BARS (Behaviour Anchored Rating Scale) pada sistem penilaian kinerja pegawai (studi kasus: PT. Laksana Aneka Sarana). TELEFORTECH: Journal of Telematics and Information Technology, 3(1), 12-20.

Shahzad, S. (2013). Determining motivation through reward. International Review of Management and business, 2(1), 57-64.

Siregar, R, S. (2023). Sistem pendukung keputusan penilaian kinerja pegawai kontrak di kantor dinas pendidikan kabupaten labuhanbatu menggunakan metode ARAS (Additive Ratio Assessment). KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), 6(1), 60-69.

Sugijono. (2015). Penilaian kinerja dalam manajemen sumber daya manusia. ORBITH, 11(3), 214-222.

Suweko, H., Dwiantoro, L. 2020. Kepemimpinan tranformasional dalam meningkatkan kepuasan kerja perawat: Literature review. Jurnal ilmu keperawatan dan kebidanan, 11(1), 106-112.

Tangkuman, K., Tewal, B., Trang, I. (2015). Penilaian kinerja, reward, dan punishment terhadap kinerja karyawan pada PT. Pertamina (persero) cabang pemasaran Suluttenggo. Jurnal EMBA, 3(2), 884-895.

Taufik., Fithri, P., Prathama, Y, E. (2014). Perancangan aplikasi sistem penilaian kinerja karyawan dengan metode MBO dan BARS. Jurnal Optimasi Sistem Industri, 13(2), 760-770.

Triemiatry., Abastian, D., Fadli, U., Khalida, L, R. (2023). Analisis komparatif kinerja karyawan tetap dan karyawan tidak tetap di bagian cetak Perum Peruri. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 8(2), 1332-1339.

Vosloban, R. I. (2012). The influence of the employee’s performance on the company’s growth: A managerial perspective. Procedia Economics and Finance, 3(12), 660–665.

Widjaja, W. (2021). Analisis kinerja karyawan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya: Studi kasus di PT X). Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika, 19(1), 32-40.

Yantika, Y., Herlambang, T., Rozzadi, Y. (2018). Pengaruh lingkungan kerja, etos kerja, dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan (studi kasus pada Pemkab Bondowoso). Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 4(2), 174-188.

Downloads

Published

2024-08-14

How to Cite

Herawati, Y., Asfitri, M. K., Junianto, M., Amalia, A., Azzahra, N., & Salsabila. (2024). Development of e-MBO performance assessment model to improve the employee performance. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 26(2), 17–30. https://doi.org/10.26486/psikologi.v26i2.3587