Workplace well-being reviewed from personal characteristic and job demands among lecturers

Authors

  • Rini Eka Sari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.26486/psikologi.v24i1.2326

Keywords:

Job Demand, Personal Characterist, Workplace Well-Being

Abstract

Tingginya tuntuntan serta kewajiban yang harus di penuhi oleh seorang Dosen dalam melaksanakan tugas keprofesionalannya sebagai dosen dan mengingat pentingnya memperhatikan Workplace Well-being diberbagai aspek pekerjaan. Kesejahteraan dosen ini tidak hanya meliputi kesejahteraan dalam hal gaji (upah) yang diterimakan saja tetapi juga kesejahteraan yang dirasakan oleh dosen ditempat kerja nya, karena kesejahteraan yang di rasakan oleh sesorang sangat berkaitan dengan individu dalam menyelesasikan pekerjaannya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan antara Workplace Well-being yang dirasakan oleh Dosen ditinjau dari variabel Personal Characteristic dan Job Demands di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Teknik pengambilan subjek penelitian dengan menggunakan Purposive sampling, subjek pada penelitian ini adalah Dosen yang bekerja di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa baik dosen berstatus tetap maupun dosen kontrak, bgerjenis kelamin laki-laki maupun perempuan. Jumlah subjek sebanyak 147 orang dosen. Skala yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Skala workplace well being, personal characteristic dan job demands. Berdasarkn hasil analisis regresi untuk menguji hipotesis di peroleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,436 dengan nilai F=16,946 dan nilai R square sebesar 0,191, hal ini menunjukkan bahwa variabel Personal Characteristic dan Job Demands memiliki pengaruh sebesar 19,1% terhadap variabel Workplace well-being dan 80,9% di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini. Hasil analisis regresi menunjukkan taraf signifikansi 0,000 (p<0,01),ini menunjukkan bahwa Personal Characteristic dan Job Demands berpengaruh terhadap Workplace well being pada Dosen di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, hal ini menjukkan bahwa tinggi rendahnya Workplace well being yang dirasakan oleh dosen sangat di pengaruhi oleh Personal Characteristic masing-masing dosen dan juga tinggi rendahnya Job Demands yang dirasakan. 

References

Acas. (2012). Health, work and well-being. Advisory, Conciliation and Arbitration Service.

Arwansyah, W. I., Salendu, A., & Radikun, T. B. S. (2012). Hubungan antara job demands dengan workplace well-being pada pekerja shift. Jurnal Psikologi Pitutur, 1(1), 32–44.

Azwar, S. (2007). Sikap manusia teori dan pengukurannya. Pustaka Pelajar.

Bakker, A. B. (2014). Job demands-resources questionnaire. Erasmus University.

Bakker, A. B., & Demerouti, E. (2007). The Job Demandsâ€Resources model: State of the art. Journal of Managerial Psychology, 22(3), 309–328.

Bakker, A. B., Demeuroti, E., Boer, E., & Schaufeli, W. B. (2003). Job Demands and Job resources as predictor of absence duration and frequency. Journal of Vocational Behavior, 62, 341–356.

Bryson, A., Forth, J., & Stokes, L. (2014). Does worker wellbeing affect workplace performance. Department of Business Innovation and Skills.

Danna, K., & Griffin, R. W. (1999). Health and well-being in the workplace: A review and synthetis of the literature. Journal of Management, 25(3), 357–384.

Grebner, S., Semmer, N. K., & Elfering, A. (2005). working conditions and three types of well-being: A longitudinal study with self-report and rating data. Journal of Occupational Health Psychology, 10(1), 31–43.

Harter, J. K., Schmidt, F. L., & Hayes, T. L. (2002). Business-unit level relationship between employee satisfaction, employee engagement, and business outcomes: A meta-analysis. Journal of Applied Psychology, 87, 268–279.

Harter, K. J., Schmidt, L. F., Asplund, W. J., Killham, A. E., & Agrawal, S. (2010). Casual impactof employee work perceptions on the bottom line of organizations. Journal Perspective on Psychological Science, 5(4), 378–389.

Hasibuan, M. S. P. (2011). Manajemen sumber daya manusia. CV. Haji Masagung.

Heuvel, M., Demerouti, E., & Peeters, M. C. (2015). The job crafting intervention: Effects on job resources, selfâ€efficacy, and affective wellâ€being. Journal of Occupational and Organizational Psychology, 88(3), 511–532.

Hutapea, B., & Budiarto, Y. (2016). Aplikasi psikologi positif untuk meningkatkan wellbeing guru-guru Bruderan Purwokerto. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 25–38.

Ilies, R., & Judges, T. A. (2003). Understanding the dynamic relationship among personality,mood and job satisfaction : A field experience sampling study. Organizational Behavior and Human Decicssion Processes, 89, 1119–1139.

Love, P. E. D., Irani, Z., Standing, C., & Themistocleous, M. (2007). Influence of job demands, job control and social support on information systems professionals’ psychological well-being. International Journal of Manpower, 28(6), 513–528.

Page, K. (2005). Subjective wellbeing in the workplace. Deakin University.

Peoni, H. (2014). Pengaruh karakteristik individu dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 3(1), 1–15.

Pristiyono, P., & Ikhlash, M. (2020). Implementasi work from home terhadap motivasi dan kinerja dosen di Indonesia. Jurnal Akutansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 8(2).

Robbins, S. P. (2006). Perilaku organisasi. PT. Prehalindo.

Schaufeli, W. B., & Bakker, A. B. (2004). Job demands, job resources, and their relationship with burnout and engagement: A multi-sample study. Journal of Organizational Behavior, 25(3), 293–315.

Slemp, G. R., Kern, M. L., & Vella-Brodrick, D. A. (2015). Workplace wellbeing: The role of job crafting and autonomy support. Psychology of Wellbeing, 5(1), 7.

Subyantoro, A. (2009). Karakteristik individu, karakteristik pekerjaan, karakteristik organisasi dan kepuasan yang dimediasi oleh motivasi kerja. Jurnal Aplikasi Manajemen, 11(1), 11–19.

Totoh, A. (2020). Kualitas dan kesejahteraan dosen. https://kumparan.com/asep-totoh/kualitas-dan-kesejahteraan-dosen-1toKGNhcyL7

Wulan, D. K., & Putri, W. (2016). Job demands dan workplace well-being pada guru sekolah luar biasa negeri. Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 5(1).

Downloads

Published

2022-04-11

How to Cite

Sari, R. E. (2022). Workplace well-being reviewed from personal characteristic and job demands among lecturers. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 24(1), 126–138. https://doi.org/10.26486/psikologi.v24i1.2326