Model Pembelajaran Problem Beased Learning (PBL) Menggunakan Kartu Bridge Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Peluang

Penulis

  • betri astriani STKIP Muhammadiyah Pagaralam
  • Helni Indrayati STKIP Muhammadiyah Pagaralam
  • domi domi STKIP Muhammadiyah Pagaralam

DOI:

https://doi.org/10.26486/jm.v8i2.798

Abstrak

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Model Pembelajaran Problem Beased Learning (PBL) Menggunakan Kartu Bridge Efektif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Peluang Kelas VIII SMP Negeri 2 Pagaralam Tahun Ajaran 2018/2019?â€. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Keefektifan Model Pembelajaran Problem Beased Learning (PBL) Menggunakan Kartu Bridge Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Peluang di Kelas VIII SMP Negeri 2 Pagaralam Tahun Ajaran 2018/2019. Metode penelitian metode eksperimen dengan desain pretest-postest control group desain. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa yaitu 31 dan  yaitu 70,67 sedangkan sampel di kelas kontrol kelas VIII H dengan jumlah siswa yaitu 31 dan  yaitu 60,64. Teknik pengumpulan data yang digunakan  dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji t. Pada kelas eksperimen dengan nilai yaitu 70,67 dan S yaitu 13,00 sedangkan pada kelas kontrol  yaitu 60,64 dan S yaitu 13,52 didapat thitung 3,1206   ttabel 1,701, maka Ho ditolak Ha diterima, berarti hipotesis penelitian diterima. Jadi Model Pembelajaran Problem Beased Learning (PBL) Menggunakan Kartu Bridge Efektif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Peluang Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Pagaralam Tahun Ajaran 2018/2019.

Referensi

Abrory, M. (2014). Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Matematika Smp Kelas VII Di Kabupaten Sleman. Jurnal Evaluasi Pendidikan. Vol. 1, No. 2.

Agusta, V., Devianto, D., Yozza, H. (2010). Hubungan Antara Konvergen Hampir Pasti, Konvergen Dalam Peluang Dan Konvergen Dalam Sebaran. Jurnal Matematika UNAND. Vol. 2, No. 2. Hal. 10 – 16.

Dessy, FY. (2017). Memperbaiki Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Menggunakan Pembelajaran Remidial. Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika, 3(2).

Eliyana, T. (2014). Keefektifan Model Problem Beased Learning Terhadap Hasil Belajar Keliling Dan Luas. Journal Of Elementary Education. Vol. 3, No. 1.

Estiani, W., Widiyatmoko, A., Sarwi. (2015). Pengembangan Media Permainan Kartu Uno Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Karakter Siswa Kelas Viii Tema Optik. Journal Unnes. Vol. 4, No. 1.

Handayani, S., Putri, Indra, RI., Sumakim. (2015). Pemanfaatan Lego Pada Pembelajaran Pola Bilangan. Jurnal didaktik matematika. Vol. 2, No. 1.

Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan. Jakarta : Kemdikbud RI.

Malinda, AM., Murtono., Zuliana, E. (2017). Problem Based Learning berbantuan Lego Meningkatkan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Refleksi Edukatif. Vol. 8, No. 1.

Maslahah, R., Setiawati, D. (2015). Pengembangan Media Kartu Remi Komunikasi Interpersonal Untuk Melatih Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Driyorejo Gresik. Jurnal Bimbingan Dan Konseling UNESA. Vol. 5, No. 3.

Maulida, E., Kasmini, L., Novita, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pendekatan Matematika Realistik Pada Materi Peluang. Jurnal. Vol. 11, No. 1.

Ngalimun. (2012). Strategi Dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja Pressindo.

Septy, L., Hartono, Y., Putri, I.RI. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Pada Materi Peluang di Kelas VIII. Jurnal Didaktik Matematika. Vol. 2, No. 2.

Sofyan, H., Komariah, K. (2016). Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di Smk. Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol. 6, No. 3.

Yanti, AH. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Lubuk linggau. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. Vol. 2, No. 2.

Diterbitkan

2025-04-25

Terbitan

Bagian

Articles