Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Interaktif Matematika Berbasis Budaya Lokal Kabupaten Batang
DOI:
https://doi.org/10.26486/jm.v9i2.4660Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan analisis kebutuhan dalam mengembangkan sebuah bahan ajar yang digunakan di sekolah yakni e-modul interaktif matematika berbasis budaya lokal dengan mengintegrasikan budaya lokal
Kabupaten Batang untuk siswa SMK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni kualitatif yang berorientasi pada
pengembangan produk berupa e-modul. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara pada guru mata
pelajaran matematika dan siswa kelas XI, serta memberikan angket pada siswa kelas XI SMK N 1 Kandeman. Objek
penelitian ini adalah analisis pengembangan e-modul interaktif berbasis budaya lokal Kabupaten Batang pada materi
komposisi dan invers fungsi. Subjek dari penelitian ini merupakan siswa kelas XI SMK N 1 Kandeman dan seorang guru
mata pelajaran matematika kelas XI SMK N 1 Kandeman. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah analisis
kurikulum, analisis materi, dan analisis kondisi lapangan dengan berdasarkan latar belakang budaya lokal setempat. Berdasarkan hasil dari analisis di atas didapatkan bahwa siswa benar membutuhkan suatu bahan ajar berupa modul dengan
berbasis elektronik untuk membantu siswa dalam memahami materi dan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah pada materi komposisi dan invers fungsi serta siswa dapat mengaitkan pembelajaran dengan budaya lokal di
lingkungan sekitar siswa.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 YOLANDA APRILIANI, Nur Baiti Nasution

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain their rights of works reported in their papers and other parties should adhere to Creative Commons License linked below
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.