Analysis of Students' Errors in Solving Mathematical Problems Based on Field Independent and Field Dependent Cognitive Styles
DOI:
https://doi.org/10.26486/jm.v9i2.4632Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan yang dilakukan oleh siswa saat mengerjakan soal matematika, dengan memperhatikan gaya kognitif mereka, yaitu Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD). Penelitian yang dilaksanakan di SMAN 1 Besuk ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dan melibatkan enam siswa yang dipilih berdasarkan hasil tes Group Embedded Figure Test (GEFT) mereka. Data dikumpulkan melalui tes pemecahan masalah dan wawancara, kemudian dianalisis menggunakan metode Analisis Kesalahan Newman. Temuan penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif FI biasanya melakukan kesalahan dalam keterampilan proses (17,13%) dan dalam menyusun jawaban akhir (20,00%). Sebaliknya, siswa dengan gaya kognitif FD sering melakukan kesalahan dalam transformasi masalah (45,71%), keterampilan proses (57,14%), dan penulisan jawaban akhir (65,71%). Beberapa faktor yang menyebabkan kesalahan ini meliputi kurangnya ketelitian, terburu-buru, salah menafsirkan informasi yang tersirat dalam soal, serta tidak memeriksa kembali jawaban akhir. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kognitif mempengaruhi jenis dan frekuensi kesalahan yang dibuat oleh siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Hasil ini memberikan pentingnya bagi pendidik untuk meningkatkan strategi pembelajaran yang lebih sesuai dengan gaya kognitif siswa.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Lady's Intana Virnanda, Wahyu Lestari, Eko Waluyo

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain their rights of works reported in their papers and other parties should adhere to Creative Commons License linked below
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.