Systematic Literature Review:The Effect of The Teams Games Tournament (TGT) Type Cooperative Model on Students' Mathematical Communication Abilities And Learning Independence

Penulis

  • Anisa Rofiah Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Nuryadi Nuryadi Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.26486/jm.v9i2.4592

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara sistematis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan mengacu pada pendekatan Kitchenham, mencakup tahap perumusan pertanyaan penelitian, pencarian literatur melalui basis data akademik (Google Scholar, Garuda, ScienceDirect, ResearchGate), serta analisis dan sintesis data. Seleksi dilakukan terhadap artikel terbitan tahun 2013–2025 dengan fokus pada model TGT dalam konteks pembelajaran matematika dan variabel komunikasi matematis maupun kemandirian belajar. Dari 15 artikel yang terpilih, ditemukan bahwa model TGT secara konsisten memberikan dampak positif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Melalui kolaborasi dalam tim dan aktivitas kompetitif yang menyenangkan, TGT mendorong siswa untuk aktif berdiskusi, menyampaikan gagasan secara lisan dan tulisan, serta meningkatkan penguasaan representasi matematis. Selain itu, TGT juga berperan dalam menumbuhkan kemandirian belajar dengan meningkatkan tanggung jawab individu dalam menyelesaikan tugas dan pengambilan inisiatif belajar. Meskipun demikian, beberapa penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara TGT dan kemandirian belajar bersifat kontekstual dan dipengaruhi oleh faktor internal siswa serta desain pembelajaran. Hasil SLR ini menyimpulkan bahwa TGT merupakan strategi pembelajaran efektif yang mampu meningkatkan dua kompetensi esensial abad ke-21, yaitu komunikasi matematis dan kemandirian belajar. Oleh karena itu, implementasi model ini sangat direkomendasikan sebagai pendekatan inovatif dalam pembelajaran matematika.

Kata Kunci: Team Games Tournament, komunikasi matematis, kemandirian belajar, pembelajaran kooperatif, Systematic Literature Review.

Diterbitkan

2025-04-30

Terbitan

Bagian

Articles