Development of trigonometry course module based on problem solving
DOI:
https://doi.org/10.26486/jm.v9i1.4503Abstrak
Pemecahan masalah adalah salah satu kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki oleh mahasiswa. Salah satu upaya untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa adalah dengan melakukan pembelajaran menggunakan modul yang didesain untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul mata kuliah trigonometri dengan kualitas baik yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan model Borg & Gall. Model Borg & Gall terdiri dari fase potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, ujicoba pemakaian, revisi produk, ujicoba produk, revisi desain, revisi produk, dan produksi masal. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester I Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Tidar. Data dianalisis berdasarkan tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan modul. Hasil penelitian menunjukkan modul termasuk pada kategori valid dan kategori praktis. Aspek keefektifan berdasarkan hasil posttest dengan soal pemecahan masalah dikatakan efektif. Hasil pengembangan dalam penelitian ini adalah produk modul mata kuliah trigonometri berbasis pemecahan masalah yang valid, praktis, dan efektif digunakan untuk mahasiswa pendidikan matematika. Kontribusi dari penelitian ini adalah modul dapat digunakan dalam perkuliahan trigonometri.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Arief Budi Wicaksono, Aprilia Nurul Chasanah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain their rights of works reported in their papers and other parties should adhere to Creative Commons License linked below
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.