The effectiveness of using the envemath learning application to improve students' critical thinking skills
DOI:
https://doi.org/10.26486/jm.v9i1.4482Abstrak
Kemampuan berpikir kritis merupakan keterampilan esensial pada abad ke-21. Dengan adanya perkembangan TIK, kemampuan berpikir kritis dapat diintegrasikan dengan aplikasi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi pembelajaran EnveMath untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pretest posttest control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 11 Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini yakni kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan soal tes kemampuan berpikir kritis pada materi peluang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi pembelajaran EnveMath efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Hal ini dikarenakan aplikasi pembelajaran EnveMath membimbing siswa dalam menganalisis permasalahan matematika secara logis dan sistematis melalui indikator berpikir kritis yang disajikan dalam aplikasi. Hal ini didukung dengan hasil uji statistik data dimana berdasarkan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dari kelas eksperimen dan kelas kontrol mempunyai sig. (2-tailed) uji Mann-Whitney U Test mempunyai sig. (2-tailed) yang berarti penggunaan aplikasi pembelajaran EnveMath di kelas lebih efektif daripada kelas yang tidak menggunakan aplikasi pembelajaran EnveMath. Kemudian, uji perbedaan rata-rata menunjukkan peningkatan rata-rata kelas eksperimen lebih besar dibandingkan peningkatan rata-rata kelas kontrol (49,26 > 25,41). Dengan demikian, penggunaan aplikasi pembelajaran EnveMath saat pembelajaran matematika efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Yossi Novitaningsih, Nafida Hetty Marhaeni

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain their rights of works reported in their papers and other parties should adhere to Creative Commons License linked below
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.