Development of qr code-assisted learning materials to improve students' numbers' abilities on spldv material in class x of ma nurul huda bercak asri cerme bondowoso

pengembangan bahan ajar

Penulis

  • arifah siti nur arifah mahasiswa
  • Nur Hasanah 3Department of Mathematics Education, STKIP PGRI Situbondo. Argopuro Street, Mimbaan Tengah, Mimbaan, Panji District, Situbondo Regency, East Java 68323
  • Ida Fitriana Ambarsari Department of Mathematics Education, STKIP PGRI Situbondo. Argopuro Street, Mimbaan Tengah, Mimbaan, Panji District, Situbondo Regency, East Java 68323

DOI:

https://doi.org/10.26486/jm.v8i1.4270

Abstrak

Pengembangan modul berbasis QR Code dilakukan untuk meningkatkan minat belajar siiswa pada materi persamaan kuadrat. Penelitian dilaksanakan di MTs Nurul Huda Bercak Asri Cermee Bondowoso. Subjek yang digunakan yaitu siswa kelas x. penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 22024-2025 semester ganjil. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Reseach and Development dengan model four-D yaitu, define, design, develop dan disseminate. Adapun alasan yang melatar belakangi pembuatan skripsi ini yaitu, kurangnya penerapan teknologi dalam proses pembelajaran serta kurangnya minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Sehingga dengan adanya pengembangan yang dilakukan oleh peniliti dapat mengrangi permasalahan tersebut. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran berupa modul berbasis QR Code yang telah melalui beberapa uji, seperti uji perangkat pembelajaran, uji validitas, uji reliabilitas dan uji T-Test. Uji perangkat pembelajaran dilakukan melalui 3 tahapan yaitu uji validasi ahli, uji keefektifan dan uji kepraktisan. Uji validasi ahli dilakukan oleh 3 orang ahli dengan persentase hasil uji yaitu ahli bahasa 93,3%, media 80% dan materi 93,3%. Untuk uji kepraktisan penelti menggunakan 2 tahapan yaitu analisis aktivitas guru dan analisis aktivitas siswa. Dengan persentase hasil analisis aktivitas guru yaitu 80%, aktivitas siswa 87,3%. Sedangkan untuk uji keefektifan perangkat pembelajaran dilakukan melalui 2 penilaian yaitu angket respon siswa dan ketuntasan KKM. Besdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil yaitu, angket respon siswa 83,3% dan ketuntasan KKM 86%. Setelah dilakukan uji perangkat pembelajaran, maka dilakukan uji validitas, uji reliabilatas dan uji T-Test. Hasil uji validitas yang telah dilakukan adalah valid dengan perolehan data r-hitung berada di atas ketentuan  r-tabel semua. Untuk uji reliabilitas  juga menunjukkan kepitusan reliabel. Sedangkan untuk uji T-Test juga terdapat peningkatan hasil belajar siswa.

Diterbitkan

2025-04-25

Terbitan

Bagian

Articles