ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI SONOSEWU

Penulis

  • linda dwi astuti Universitas PGRI Yogyakarta
  • Allya Zulfa Septina Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Yogyakarta.
  • Ray Rivandy Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Yogyakarta.
  • Danuri Danuri Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Yogyakarta.

DOI:

https://doi.org/10.26486/jm.v8i1.3921

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor penyebab kesulitan belajar matematika yang dialami peserta didik kelas IV SDN Sonosewu. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Subyek penelitian ini adalah guru kelas dan peserta didik kelas IV yang teridentifikasi mengalami kesulitan belajar matematika. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kesulitan pembelajaran matematika yang dialami peserta didik kelas IV SDN Sonosewu adalah kesulitan memahami konsep pecahan, kesulitan dalam menghitung keterampilan perkalian dan pembagian, dan kesulitan menyelesaikan soal-soal berbentuk soal cerita. 2) Faktor penyebab kesulitan belajar matematika terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal penyebab kesulitan belajar adalah kemampuan penginderaan, minat peserta didik terhadap pelajaran matematika masih rendah, sikap belajar masih rendah, motivasi dan kebiasaan peserta didik dalam belajar matematika juga rendah. Sedangkan faktor eksternal penyebab kesulitan belajar adalah metode mengajar guru yang kurang menarik, hubungan guru dengan peserta didik, dan kurangnya fasilitas pembelajaran.

Diterbitkan

2025-04-25

Terbitan

Bagian

Articles