ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI SONOSEWU
DOI:
https://doi.org/10.26486/jm.v8i1.3921Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor penyebab kesulitan belajar matematika yang dialami peserta didik kelas IV SDN Sonosewu. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Subyek penelitian ini adalah guru kelas dan peserta didik kelas IV yang teridentifikasi mengalami kesulitan belajar matematika. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kesulitan pembelajaran matematika yang dialami peserta didik kelas IV SDN Sonosewu adalah kesulitan memahami konsep pecahan, kesulitan dalam menghitung keterampilan perkalian dan pembagian, dan kesulitan menyelesaikan soal-soal berbentuk soal cerita. 2) Faktor penyebab kesulitan belajar matematika terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal penyebab kesulitan belajar adalah kemampuan penginderaan, minat peserta didik terhadap pelajaran matematika masih rendah, sikap belajar masih rendah, motivasi dan kebiasaan peserta didik dalam belajar matematika juga rendah. Sedangkan faktor eksternal penyebab kesulitan belajar adalah metode mengajar guru yang kurang menarik, hubungan guru dengan peserta didik, dan kurangnya fasilitas pembelajaran.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 linda dwi astuti

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain their rights of works reported in their papers and other parties should adhere to Creative Commons License linked below

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.






