Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis pendekatan open ended dengan konteks kearifan lokal
DOI:
https://doi.org/10.26486/jm.v8i1.3564Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa lembar kerja peserta didik matematikaberbasis pendekatan open ended dengan konteks kearifan lokal yang valid dan praktis. Metodepenelitian yang digunakan yaitu metode penelitian pengembangan yang mempunyai 2 tahapan.Tahapan yang pertama adalah tahap preliminary (tahap persiapan dan pendesainan) dan tahapan yangkedua adalah tahap formative evaluation (self evaluation, expert review, one-to-one, small group, danfield test). Sampel dalam penelitian adalah peserta didik kelas VIII berjumlah 23 peserta didik.Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar validasi, angket, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian berupa lembar kerja peserta didik matematika berbasis pendekatan open ended dengankonteks kearifan lokal yang valid berdasarkan komentar dan saran yang diberikan validator dandinyatakan valid oleh para tim ahli pada tahap expert review dan menghasilkan LKPD matematikaberbasis pendekatan open ended dengan konteks kearifan lokal yang praktis menurut perhitunganangket respon siswa di tahaP one-to-one, small group, dan field test.Kata kunci: lembar kerja peserta didik, pendekatan open ended, kearifan lokalReferensi
Aini, Haryanti Nur (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika
Berbasis Budaya Lokal Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Reseacrch & Learning In
Elementray Education, 6(4). 6167-6174
Darmayasa, Jero Budi, dan Agusmanto J.B Hutauruk. (2018). Buku Ajar Matematika Sekolah
SMP. Yogyakarta: Grup Penerbitan CV Bud Publisher.
Kemendikbud. (2014). Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 tentang Standar Proses.
Jakarta: Kemendikbud
Munahefi, dkk. (2019). Model Open Ended Project Based Learning Berbantu Geogebra Pada
Materi Vektor Di Sekolah Menengah Atas. Jawa Tengah: Anggota IKAPI No.
/JTE/2019.
Praswanto, Andi. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva
Press.
Tampubolon, Saur. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga
Tessmer, Martin. (1993). Merancangkan Dan Melakukan Evaluasi Formatif. London: Biddles
Ltd, Guildford and King’s Lynn.
Widjayanti.2008. Media Lembar Kerja Peserta Didik. Jakarta Rineka Usman, 2012, Media
Pembelajaran Jakarta: Ciputat
Yanti, Dkk (2019). "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pada Materi Segi Empat
Melalui Pendekatan Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Bepikir Kreatif".
Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika, 5(2).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Intan Kharisma

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain their rights of works reported in their papers and other parties should adhere to Creative Commons License linked below

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.






