Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis pendekatan open ended dengan konteks kearifan lokal

Penulis

  • Intan Kharisma
  • Hartatiana Hartatiana Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Jalan Prof. K. H, Zainal Abidin Fikri No.KM. 3, RW.5, Pahlawan
  • Ambarsari Kusuma Wardani Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Jalan Prof. K. H, Zainal Abidin Fikri No.KM. 3, RW.5, Pahlawan

DOI:

https://doi.org/10.26486/jm.v8i1.3564

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa lembar kerja peserta didik matematikaberbasis pendekatan open ended dengan konteks kearifan lokal yang valid dan praktis. Metodepenelitian yang digunakan yaitu metode penelitian pengembangan yang mempunyai 2 tahapan.Tahapan yang pertama adalah tahap preliminary (tahap persiapan dan pendesainan) dan tahapan yangkedua adalah tahap formative evaluation (self evaluation, expert review, one-to-one, small group, danfield test). Sampel dalam penelitian adalah peserta didik kelas VIII berjumlah 23 peserta didik.Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar validasi, angket, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian berupa lembar kerja peserta didik matematika berbasis pendekatan open ended dengankonteks kearifan lokal yang valid berdasarkan komentar dan saran yang diberikan validator dandinyatakan valid oleh para tim ahli pada tahap expert review dan menghasilkan LKPD matematikaberbasis pendekatan open ended dengan konteks kearifan lokal yang praktis menurut perhitunganangket respon siswa di tahaP one-to-one, small group, dan field test.Kata kunci: lembar kerja peserta didik, pendekatan open ended, kearifan lokal

Referensi

Aini, Haryanti Nur (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika

Berbasis Budaya Lokal Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Reseacrch & Learning In

Elementray Education, 6(4). 6167-6174

Darmayasa, Jero Budi, dan Agusmanto J.B Hutauruk. (2018). Buku Ajar Matematika Sekolah

SMP. Yogyakarta: Grup Penerbitan CV Bud Publisher.

Kemendikbud. (2014). Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 tentang Standar Proses.

Jakarta: Kemendikbud

Munahefi, dkk. (2019). Model Open Ended Project Based Learning Berbantu Geogebra Pada

Materi Vektor Di Sekolah Menengah Atas. Jawa Tengah: Anggota IKAPI No.

/JTE/2019.

Praswanto, Andi. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva

Press.

Tampubolon, Saur. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga

Tessmer, Martin. (1993). Merancangkan Dan Melakukan Evaluasi Formatif. London: Biddles

Ltd, Guildford and King’s Lynn.

Widjayanti.2008. Media Lembar Kerja Peserta Didik. Jakarta Rineka Usman, 2012, Media

Pembelajaran Jakarta: Ciputat

Yanti, Dkk (2019). "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pada Materi Segi Empat

Melalui Pendekatan Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Bepikir Kreatif".

Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika, 5(2).

Diterbitkan

2025-04-25

Terbitan

Bagian

Articles