Pengetahuan Konseptual Matematis Siswa

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.26486/jm.v8i2.3414

Abstrak

Pengetahuan dapat dipahami secara mendalam jika menguasai pemahaman konsep. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian literature review yang bertujuan akan menjelaskan literatur tentang pentingnya pengetahuan konseptual terhadap hasil belajar matematika siswa. Adapun indikator pemahaman konsep matematika siswa yaitu: siswa menyatakan ulang secara verbal konsep yang telah dipelajari, siswa mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan dipenuhi atau tidaknya persyaratan untuk membentuk konsep tersebut, siswa menerapkan konsep secara algoritma, siswa menyajikan konsep dalam berbagai macam bentuk representasi matematika, dan siswa mengaitkan berbagai konsep (internal dan eksternal matematika). Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh bahwa pengetahuan konsep mempunyai peranan penting  dalam proses belajar mengajar dan merupakan dasar untuk mencapai hasil akhir. Alasan pemahaman konsep matematika penting bagi siswa adalah sebagai dasar pengetahuan yang menjadi tujuan dari belajar matematika awal. Jika konsep dasar yang diterima siswa salah, maka sukar untuk memperbaiki kembali, terutama jika sudah diterapkan dalam menyelesaikan soal-soal matematika.

Diterbitkan

2025-04-25

Terbitan

Bagian

Articles