Pengetahuan Konseptual Matematis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.26486/jm.v8i2.3414Abstrak
Pengetahuan dapat dipahami secara mendalam jika menguasai pemahaman konsep. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian literature review yang bertujuan akan menjelaskan literatur tentang pentingnya pengetahuan konseptual terhadap hasil belajar matematika siswa. Adapun indikator pemahaman konsep matematika siswa yaitu: siswa menyatakan ulang secara verbal konsep yang telah dipelajari, siswa mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan dipenuhi atau tidaknya persyaratan untuk membentuk konsep tersebut, siswa menerapkan konsep secara algoritma, siswa menyajikan konsep dalam berbagai macam bentuk representasi matematika, dan siswa mengaitkan berbagai konsep (internal dan eksternal matematika). Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh bahwa pengetahuan konsep mempunyai peranan penting dalam proses belajar mengajar dan merupakan dasar untuk mencapai hasil akhir. Alasan pemahaman konsep matematika penting bagi siswa adalah sebagai dasar pengetahuan yang menjadi tujuan dari belajar matematika awal. Jika konsep dasar yang diterima siswa salah, maka sukar untuk memperbaiki kembali, terutama jika sudah diterapkan dalam menyelesaikan soal-soal matematika.Unduhan
Diterbitkan
2025-04-25
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Nur Fad

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain their rights of works reported in their papers and other parties should adhere to Creative Commons License linked below

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.






