Peran Psikologi Pendidikan dalam Pendidikan dan Pembelajaran Matematika di Sekolah

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.26486/jm.v8i2.3217

Kata Kunci:

Psikologi Pendidikan, Pendidikan Matematika

Abstrak

Psikologi pendidikan merupakan salah satu cabang ilmu psikologi yang memiliki peran penting terhadap pendidikan. Sejarah menunjukan bahwa psikologi pendidikan telah andil dalam pengembangan pendidikan dari waktu ke waktu, khususnya terhadap pendidikan matematika. Kesadaran tentang perbedaan individu dan perlunya intervensi psikologis pada siswa, semakin menguatkan peran psikologi pendidikan dalam pendidikan dan pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan peran psikologi pendidikan dalam terhadap pendidikan matematika. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain literatur studi, penelitian ini mendiskusikan peran psikologi pendidikan pada proses pembelajaran matematika, asesmen pembelajaran matematika, dan penelitian pendidikan matematika

Referensi

Amalia, S., Ningsih, E. F., Wahyudi, A., & Fathani, A. H. (2021, August). Kecemasan Belajar dan Persepsi Siswa terhadap Matematika Selama Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring). In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran (Vol. 1, No. 1, pp. 613-627).

Amidi, M. Z. (2017). Membangun Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan E-Learning. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang (hal. 587). Semarang: Prisma (Prosiding Seminar Nasional Matematika).

Anita, I. (2014). Pengaruh Kecemasan Matematika terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. Infinity, 9.

Darmalaksana, W. (2020). Metode penelitian kualitatif studi pustaka dan studi lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 5.

Elfiky, I. (2007). Terapi NLP: Menciptakan Master Komunikasi yang Komunikatif. Bandung: Mizan Media Utama.

Gardner, H. (2011). Frames of Mind. New York: Perseus Books.

Handayani, S. (2016). Pengaruh Konsep Diri dan Kecemasan Siswa terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Formatif, 120.

Handoko, H. (2017). Pembentukan Keterampilan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Matematika Model Savi Berbasis Discovery Strategy Materi Dimensi Tiga Kelas X. EduMa, 85.

Hidayat, S., & Madya, W. (1993). Psikology Pendidikan. UPP UNY, 2.

Hidayat, P. W., & Widjajanti, D. B. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif dan Minat Belajar Siswa dalam Mengerjakan Soal Open Ended dengan Pendekatan CTL. Pythagoras:Jurnal Pendidikan Matematika Vol 13, 63-75.

Izzati, N. (2017). Pengaruh Kemampuan Koneksi dan Disposisi Matematis terhadap Hasil Belajar Geometri Bidang Datar Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon. EduMA, 69.

Izzati, N. (2017). Pengaruh Kemampuan Koneksi dan Disposisi Matematis Terhadap Hasil Belajar Geometri Bidang Datar Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon. EduMA, 70.

Johnson-Wilder, S., & Lee, C. (2010). Mathematical Resilience. Mathematics Teaching, 218.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Manfaat, B., Muchyidin, A., & Dewi, I. K. (2019). Kontruksi Tes Hasil Belajar Matematika untuk Kelompok Siswa dengan Kecerdasan Kinestetik. FITK IAIN Syekh Nurjati, 62.

Manfaat, B., Winarso, W., & Adawiyah, T. R. (2019). Kontruksi Tes Hasil Belajar Matematika untuk Kelompok Siswa dengan Kecerdasan Interpersonal. FITK IAIN Syekh Nurjati, 59.

Manfaat, B., Winarso, W., & Lalita, O. (2019). Kontruksi Tes Hasil Belajar Matematika untuk Kelompok Siswa dengan Kecerdasan Musikal. FITK IAIN Syekh Nurjati, 60.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 334.

Qausarina, H. (2016). Pengaruh Kecemasan Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Banda Aceh. FITK UIN Ar-Raniry, 120.

Ratnasari, I. W. (2017). Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Psikoborneo, 400-405.

Reavis, G. (1999). The Animal School. Peterborough: Crystal Springs Book.

Rini, Y. S. (2013). Pendidikan: Hakekat, Tujuan, dan Proses. Journal UNY, 2.

Saputra, P. R. (2014). Kecemasan Matematika dan Cara Menguranginya. Pythagoras, 83.

Sari, F. M., & Esti, H. (2015). Hubungan Persepsi Siswa terhadap Mata Pelajaran Matematika Minat Belajar dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Matematika. Union:Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 3.

Sarifah, S., Nuraidah, S., Riajanto, M., & Maya, R. (2018). Analsiis Pengaruh Disposisi Matematika Terhadap Kemampuan Pemacahan Matematis Siswa SMP. JPMI, 18.

Sedyadi, D. (2015, April 2). Kekonyolan-Kekonyolan Siswa, Guru, dan Orang tua. Dipetik January 29, 2019, dari Kompasiana: https://www.kompasiana.com/didik_sedayadi/552a1f69f17e61d45cd62466/kekonyolan-kekonyolan-siswa-guru-dan-orang-tua?page=all

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. JUrnal Formatif, 41.

Siregar, N. R. (2017). Persepsi Siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Temu Ilmiah XI Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia (hal. 227). Semarang: Ikatan Psikologi Perkembangan.

Toland, J., & Carrigan, D. (2011). Educational psychology and resilience: New concept, new oppertunities. School Psychology International, 102-103.

Umbara, U. (2017). Psikologi Pembelajaran Matematika (Melaksanakan Pembelajaran Matematika Berdasarkan Tinjauan Psikologi). Deepublish

Woodard, T. (2004). The Effects of Math Anxiety on Post-Secondary Developmental Students as Related to. Inquiry, 5.

Zanthy, L. (2018). Kontribusi Resiliensi Matematis Terhadap kemampuan Akademik Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statistika Matematika. Musharafa, 94.

Diterbitkan

2025-04-25

Terbitan

Bagian

Articles