ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI PECAHAN KELAS V SD NEGERI 06 SELAKAU
DOI:
https://doi.org/10.26486/jm.v7i2.3157Kata Kunci:
Kemampuan pemahaman konseptual, PecahanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konseptual siswa pada materi pecahan kelas V di SDN 06 Selakau. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitaif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 06 Selakau. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konseptual siswa dalam mata pelajaran matematika di kelas V SDN 06 Selakau. Hasil penelitian didapatkan bahwa kemampuan pemahaman konseptual siswa untuk masing-masing kategori yaitu terdapat 16,6% siswa yang memiliki kemampuan pemahaman konseptual tinggi dan 33,3% siswa yang memiliki kemampuan pemahaman konseptual rendah sedangkan 50% siswa tersebut memiliki kemampuan pemahaman konseptual sedang. Dari hasil persentase per indikator yang tertinggi adalah 55,2% ketercapaian pada indikator menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representatif matematis, sementara yang terendah ada pada indikator menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu dengan 51,04% ketercapaian. Dengan demikian, sebagian besar faktor yang mempengaruhi siswa terhadap kemampuan pemahaman konseptual siswa yaitu siswa tidak mampu memahami soal dan konsep yang dimaksud oleh soal yang diberikan, serta masih mengandalkan jawaban dari teman dan bantuan orang tua.
Referensi
Alfia, N. N., Rakhmawati, I. A. (2018). Kajian Kemampuan Self-efficacy Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Eletronik Pembelajaran Matematika, 5(1), 186.
Ariyanto. (2011). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Qinant.
Heruman. (2010). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Remaja Rosdakarya.
Mukrimatin, N.A,. Murtono & Savitri, W. (2018). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Rau Kedung Jepara Pada Materi Perkalian Pecahan. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1).
Nasution, D. (2017). Analisis Keefektifan Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Siswa SMP Negri 7 Medan T.P 2016/2017.
Sukardi. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Bumi Aksara.
Sumantri, M.S & Unaenah, E. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Pada Materi Pecahan. Jurnal Basicedu, 3(1), 106–111.
Wardani. Sri. (2016). Implikasi Karakteristik Matematika dalam Pencapaian Tujuan Mata Pelajaran Matematika. PPPPTK Matematika.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Evinna Cinda Hendriana, Dendi Nurhadi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain their rights of works reported in their papers and other parties should adhere to Creative Commons License linked below
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.