ANALISIS BIBLIOMETRIK PERAN BAHASA DALAM KOMUNIKASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Penulis

  • Dyah Ayu Wulandari Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka
  • Joko Soebagyo Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka

DOI:

https://doi.org/10.26486/jm.v8i2.2709

Kata Kunci:

Kata kunci, bahasa, hasil belajar, analisis bibliometrik

Abstrak

Matematika adalah pelajaran yang bersifat abstrak sehingga dianggap menjadi pelajaran yang sulit bagi sebagian peserta didik maupun mahasiswa. Bahasa merupakan alat komunikasi manusia. Penggunaan bahasa yang tersusun dengan baik dan tepat akan memudahkan lawan bicara memahami apa yang disampaikan, hal ini juga berlaku dalam pembelajaran. Tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi yang disampaikan oleh pendidik menjadi faktor utama yang dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis bibliometrik. Analisis bibliometrik merupakan suatu metode penelitian yang digunakan peneliti untuk mencari informasi seluas-luasnya terkait dengan kata kunci pad penelitian yang akan dilakukan. Adapun tujuan dari penelitian ini, antara lain: (1) Untuk mengetahui trend mengenai penelitian bahasa dalam komunikasi pembelajaran matematika. (2) Untuk mengetahui besar peluang penelitian lanjutan mengenai topik bahasa dalam komunikasi pembelajaran matematika. Peneliti menemukan bahwa sudah banyak penelitian dengan kata kunci “mathematicsâ€, namun masih sedikit penelitian yang berkaitan dengan mathematics learning, outcomes mathematics dan  quality. Hal tersebut dapat menjadi peluang bagi penelitian selanjutnya untuk melakukan penelitian dengan ketiga kata kunci tersebut.

Referensi

Abedi, Jamal, and Carol Lord. 2010. “The Language Factor in Mathematics Tests.†Applied Measurement in Education 3 (14): 219–34. https://doi.org/10.1207/S15324818AME1403.

Alfirahmadita, Jeani, and Samsul Maarif. 2020. “Peran Bahasa Dalam Komunikasi Pembelajaran Matematika Secara Online Pada Masa Pandemi Covid-19.†Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung 8 (3): 153–67. https://doi.org/10.23960/mtk/v8i2.pp153-167.

Ali, ÖZKAYA. 2018. “Bibliometric Analysis of the Studies in the Field of Mathematics Education.†Educational Research and Reviews 13 (22): 723–34. https://doi.org/10.5897/err2018.3603.

Diodato, Virgil. 1994. Dictionary of Bibliometrics. https://www.researchgate.net/profile/Evens_Emmanuel/post/How_can_I_use_bibliometric_indicators_to_map_the_creativity_of_local_music_production/attachment/5e472314cfe4a74024807c36/AS%3A858611492347904%401581720340063/download/Dictionary+of+bibliometrics+9780203714133_googlepreview.pdf.

Effendi, Denti Nanda. 2021. “ANALISIS BIBLIOMETRIK LITERASI SAINS MENGGUNAKAN VOSVIEWER PADA PENDIDIKAN SAINS.†Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.

Herawati, Pisuko, Sawitri Budi Utami, and Nina Karlina. 2022. “Analisis Bibliometrik: Perkembangan Penelitian Dan Publikasi Mengenai Koordinasi Program Menggunakan Vosviewer.†Jurnal Pustaka Budaya 9 (1): 1–8. https://doi.org/10.31849/pb.v9i1.8599.

Lanani, Karman. 2017. “Belajar Berkomunikasi Dan Komunikasi Untuk Belajar Dalam Pembelajaran Matematika.†Infinity Journal 2 (1): 13. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.21.

Masdul, Muh Rizal. 2018. “Komunikasi Pembelajaran Learning Communication.†Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman 13 (2): 1–9.

Merigó, José M., and Jian Bo Yang. 2017. “A Bibliometric Analysis of Operations Research and Management Science.†Omega (United Kingdom) 73: 37–48. https://doi.org/10.1016/j.omega.2016.12.004.

NCTM. 2000. “Principles and Standrads for School Mathematics.†The National Council of Teachers of Mathematics 29 (5): 59. https://doi.org/10.5951/at.29.5.0059.

Putih, Mumugo Tanah, Hendri Marhadi, and Mahmud Alpusari. n.d. “The Implementation of Learning in Mathematics Realistic Indonesia ( Pmri ) To Improve the Result of Study Mathematics for Students Grade Iva in State Elemntary School Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia ( Pmri ) Untuk Meningkatkan Hasil ,†1–11.

Ramadania, Fajarika, Noor Indah Wulandari, and Nahlini Nahlini. 2018. “Peranan Komunikasi Bahasa Dalam Pembelajaran Matematika Pada Peserta didik Kelas V SDN Keraton 3 Martapura.†Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika 3 (1): 23–32. https://doi.org/10.33654/math.v3i1.52.

Sembiring, Rosali Br, and . Mukhtar. 2013. “Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika.†Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) 6 (2): 34–44. https://doi.org/10.24114/jtp.v6i2.4996.

Setyaningsih, Ira, Nurul Indarti, and Ferry Jie. 2018. “Bibliometric Analysis of the Term ‘Green Manufacturing.’†International Journal of Management Concepts and Philosophy 11 (3): 315. https://doi.org/10.1504/ijmcp.2018.093500.

Wicaksono, Luhur. 2016. “Bahasa Dalam Komunikasi Pembelajaran.†Jurnal Pembelajaran Prospektif 1 (2): 9–19. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/lp3m%0Ahttp://jurnal.untan.ac.id/index.php/lp3m/article/download/19211/16053.

Wisman, Yossita. 2017. “Komunikasi Efektif Dalam Dunia Pendidikan.†Jurnal Nomosleca 3 (2): 646–54. https://doi.org/10.26905/nomosleca.v3i2.2039.

Zakky. 2020. “Pengertian Hasil Belajar _ Definisi, Fungsi, Tujuan, Faktor.†Zona Referensi Ilmu Pengetahuan Umum. 2020. https://www.zonareferensi.com/pengertian-hasil-belajar/.

Diterbitkan

2025-04-25

Terbitan

Bagian

Articles