ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR SISWA : STUDI KASUS HASIL PENILAIAN TENGAH SEMESTER MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.26486/jm.v8i1.3602Abstrak
Hasil belajar siswa merupakan indikator kunci untuk mengukur pencapaian pendidikan. Tingkat prestasi
akademik mencerminkan sejauh mana siswa telah berhasil mencapai tujuan pendidikan mereka. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor - faktor apa saja yang mempengaruhi prestasi akademik siswa.
Penelitian dilakukan di SMAN 1 Taman Sidoarjo pada siswa kelas X E 3. Metode penelitian yang digunakan
yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif. Data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara dan data hasil PTS
siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga tahapan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa SMAN 1 Taman tidak terpenuhi dipengaruhi oleh dua
faktor. Dua faktor utama yang mempengaruhi hasil belajar yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor
internal yang menjadi pengaruh prestasi akademik siswa adalah manajemen waktu. Sedangkan faktor
eksternal yang menjadi pengaruh prestasi akademik siswa adalah cara mengajar guru yang kurang tepat,
pemberian kisi - kisi yang terlalu mendadak, waktu mengerjakan yang singkat, ketidaksesuaian antara kisi -
kisi dan soal PTS dan sistem aplikasi yang masih baru bagi anak kelas X membuat banyak kendala terjadi.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Aning Wida Yanti, Mokhamad Zazuli Irwanto, Deva Anggia Rofikha, Amsal Kautsar, Sinta Miftakul Husna Septiane, siti Mas’ullah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain their rights of works reported in their papers and other parties should adhere to Creative Commons License linked below

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.






