HOW MEDIA SOCIAL BUILT POLITICAL IDENTITY FOR GEN-Z IN ELECTION?
Abstract
Generasi Z adalah generasi yang dinyatakan akan menjadi pemilih terbanyak dalam pesta demokrasi pemilu 2024 ini dan akan memberikan pengaruh yang besar terhadap pemilu ini. Maka dibutuhkan pemahaman yang cukup untuk para generasi Z supaya tidak salah dalam memanfaatkan hak pilih mereka, namun generasi Z sekarang ini masih rendah kesadaran politiknya, generasi z tidak mempunyai ketertarikan untuk memahami dan mengetahui informasi tentang politik dan pemilu ini secara langsung, munculnya media sosial memberikan manfaat untuk hal tersebut, media sosial dianggap sebagai media yang paling efektif untuk menyampaikan informasi seputar politik dan pemilu kepada generasi Z, karena media sosial adalah media yang paling dekat dengan kehidupan generasi Z setiap harinya, sehingga sekarang ini banyak sekali para penggiat politik yang memanfaatkan media sosial sebagai media untuk menyampaikan informasi kepada khalayak. Hal ini sudah menyebar secara merata hingga ke daerah-daerah, media sosial juga sudah berhasil meningkatkan kesadaran politik dan pasrtisipasi pemilu generasi z di daerah untuk ikut aktif melihat informasi seputar politik dan pemilu melalui media sosial ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana media sosial bisa berhasil mempengaruhi kesadaran politk dan meningkatkan partisipasi pemilu generasi Z di Desa Gaung Asam Kecamatan Belida Darat Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan. Penelitian ini menggunakan metode deksriptif kualitatif yakni penjabaran dari semua data yang terkumpul, dengan menggunakan metode kualitatif, mengumpulkan dan menganalisis data berupa kata-kata (lisan maupun tulisan) dan perbuatan-perbuatan manusia serta penelitian ini tidak menganalisa angka-angka. Penelitian ini menggunakan teknik observasi terhadap perilaku pemilih pemula (generasi Z).
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to Literasi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Â
Literasi: Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.