PEMANFAATAN PLATFORM INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI PEMILU 2024

Authors

  • Wana Aulia Universitas Bina Darma
  • Selly Putri Adellia Universitas Bina Darma
  • Dandy Putra Sobariantama Universitas Bina Darma
  • Desy Misnawati Universitas Bina Darma

Abstract

Pemanfaatan media sosial, terutama platform Instagram, sebagai alat promosi dalam konteks Pemilu 2024 di Indonesia menjadi semakin penting seiring dengan pertumbuhan jumlah pengguna internet. Media sosial memainkan peran kunci dalam kampanye politik dengan kemampuannya untuk menyebarkan informasi politik secara cepat dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk memahami bagaimana Instagram digunakan sebagai media promosi pemilu. Hasilnya menunjukkan bahwa Instagram tidak hanya digunakan untuk berinteraksi dengan masyarakat, tetapi juga untuk mempromosikan kegiatan, program kerja, dan kampanye politik. Pemanfaatan Instagram dalam kampanye politik dapat membentuk citra positif atau negatif di mata masyarakat, terutama pada pemilih pemula seperti Generasi Z. Dengan pertumbuhan pengguna yang signifikan, Instagram juga menjadi strategi kampanye online bagi beberapa kelompok politik

Downloads

Published

2024-11-10

Issue

Section

Artikel