PEMANFAATAN PLATFORM INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI PEMILU 2024
Abstract
Pemanfaatan media sosial, terutama platform Instagram, sebagai alat promosi dalam konteks Pemilu 2024 di Indonesia menjadi semakin penting seiring dengan pertumbuhan jumlah pengguna internet. Media sosial memainkan peran kunci dalam kampanye politik dengan kemampuannya untuk menyebarkan informasi politik secara cepat dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk memahami bagaimana Instagram digunakan sebagai media promosi pemilu. Hasilnya menunjukkan bahwa Instagram tidak hanya digunakan untuk berinteraksi dengan masyarakat, tetapi juga untuk mempromosikan kegiatan, program kerja, dan kampanye politik. Pemanfaatan Instagram dalam kampanye politik dapat membentuk citra positif atau negatif di mata masyarakat, terutama pada pemilih pemula seperti Generasi Z. Dengan pertumbuhan pengguna yang signifikan, Instagram juga menjadi strategi kampanye online bagi beberapa kelompok politik
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to Literasi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Â
Literasi: Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.