TRANSFORMASI IDEOLOGI POLITIK GEN-Z : ANALISIS PERUBAHAN PARADIGMA PADA KONTEKS PEMILU
DOI:
https://doi.org/10.26486/ilkom.v2i1.4310Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji ideologi politik Gen-Z dengan analisis mendalam terhadap media sosial yang dipilih Gen-Z untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan terhadap informasi pemilu 2024 sebagai pemilih pemula. Dari analisis motif kebutuhan yang dipuaskan oleh media berkemungkinan akan membentuk arah politik dan hak suara Gen-Z. Fokus penelitian ini adalah motif Gen-Z dalam memilih media sosial dan konten yang ada di media sosial menggunakan analisis tipe kebutuhan yang dipuaskan oleh media menurut Katz, Gurevitch dan Haas yang ada dalam Teori Uses & Gratification, yaitu kebutuhan kognitif, afektif, integrasi personal, integrasi sosial dan pelepas ketegangan. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara empat orang narasumber yang merupakan Gen-Z Wilayah Sumatera Selatan di Universitas Bina Darma. Hasil penelitian ini menunjukan Gen-Z adalah generasi yang kritis dan mandiri dimana mereka sudah mampu untuk menentukan pilihan politiknya dan tidak terpengaruh oleh orang tua. Media sosial Tik-tok, instagram menyediakan asupan informasi, Gen-Z secara cerdas untuk selanjutnya membuka portal berita terpercaya sebagai gawang cross check informasi yang mereka dapatkan untuk membuktikan ke-objektivitasan informasi tersebut. Media sosial membentuk kepercayaan diri Gen-Z dalam penentuan pilihan capres dan cawapres Politik Identitas Gen-z dalam melihat sosok figur pemimpin yang pantas ialah pemimpin yang jujur, tidak korupsi, dan memiliki kinerja yang bagus. Gen-Z mengalami transformasi ideologi politik dari Generasi sebelumnya ( Generasi Millenial ), yang dapat dilihat dua aspek. Pertama , bagaimana media sosial mampu untuk memberikan pengaruh melalui isi konten terhadap pilihan capres dan cawapress pada kontenstasi pemilu 2024. Kedua, Gen-Z memiliki kecenderungan berpihak pada sosok figur pemimpin yang pantas dari media sosial yang secara gamblang memberikan informasi paslon capres dan cawapres beserta dengan track record serta aktivitas yang dilakukan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to Literasi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Â
Literasi: Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.