Efektivitas Psikoedukasi Tumbuh Kembang Anak untuk Meningkatkan Kapasitas Pengetahuan Guru dalam Pendidikan Berbasis Rentang Usia di Yayasan NAM Medan
Keywords:
Guru, Tumbuh Kembang Anak, Pendidikan berbasis rentang usia, psikoedukasiAbstract
Yayasan NAM merupakan salah satu lembaga penyelenggara pendidikan untuk anak usia dini. Terdapat beberapa permasalahan pada guru di yayasan ini dalam kegiatan belajar mengajar. Hal tersebut disebabkan karena guru kurang memiliki pengetahuan, kemampuan dan keahlian dibidang tumbuh kembang anak, memiliki latar belakang disiplin ilmu yang berbeda-beda, kurang mencari informasi tambahan mengenai tumbuh kembang anak usia dini, dan guru tersebut kurang diberikan pelatihan untuk meningkatkan kualitasnya. Untuk menangani masalah ini, tim peneliti memberikan intervensi berupa psikoedukasi mengenai tumbuh kembang anak awal dan akhir serta pendidikan berbasis usia untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan guru di yayasan ini. Kegiatan ini diharapkan efektif untuk meningkatan pengetahuan guru di Yayasan NAM tentang pendidikan anak berbasis rentang usia. Psikoedukasi ini diberikan kepada guru yang berjumlah 35 orang. Dilakukan pada tanggal 30 September 2023. Intervensi diberikan melalui metode eksperimen dengan desain one group pretest – posttest. Pada kegiatan ini, peserta guru diberikan pre-test dan post-test, lalu hasilnya diolah menggunakan uji Wilcoxon. Hasil pengujian menunjukkan bahwa Psikoedukasi terbukti efektif untuk meningkatan pengetahuan guru di Yayasan NAM tentang pendidikan anak berbasis rentang usia.