Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Ditinjau dari Motivasi Belajar dan Self-Management

Authors

  • Riyan Prasetyo Universitas Mercu Buana
  • Dearly Dearly Universitas Mercu Buana

Keywords:

Prokrastinasi Akademik, Motivasi Belajar, Self-management

Abstract

Mahasiswa menghadapi berbagai tantangan dalam kehidupan mereka, terutama dalam hal akademis. Pada kenyataannya, mahasiswa yang kurang mampu menghadapi hambatan dan kesulitan dalam mengerjakan tugas biasanya akan melakukan penundaan atau prokrastinasi akademik. Penelitian kuantitatif korelasional ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh motivasi belajar dan self-management terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa Universitas Mercu Buana. Sebanyak 582 responden mahasiswa yang merupakan mahasiswa/i aktif di Universitas Mercu Buana dijaring menggunakan metode accidental sampling. Terdapat 3 alat ukur yang digunakan yaitu Academic Procrastination Short Form, Motivated Strategies For Learning Questionnaire, dan Self Control And Self-Management Scale. Data dianalisis menggunakan teknik regresi berganda dengan bantuan program SPSS versi 22. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar dan self-management terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa di Universitas Mercu Buana, baik secara parsial maupun secara simultan/bersama-sama. Pada hasil pengujian secara parsial, motivasi belajar berpengaruh positif terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa Universitas Mercu Buana dan berkontribusi sebesar 5%. Selain itu, self-management berpengaruh positif terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa Universitas Mercu Buana dan berkontribusi sebesar 3,1%. Penelitian berimplikasi pada pentingnya kajian lebih lanjut mengenai dampak positif prokrastinasi akademik bila disertai motivasi yang kuat dan self-management yang baik.

Published

2024-07-31