Kontrol Diri dan Harga Diri terhadap Pembelian Impulsif Produk Skincare pada Wanita Dewasa Awal di DKI Jakarta
Keywords:
Kontrol Diri, Harga Diri, Pembelian ImpulsifAbstract
Produk skincare merupakan kosmetik paling populer dan telah menjadi tren utama dalam industri kosmetik global terutama di kalangan wanita dewasa yang ingin meningkatkan penampilannya. Kenyataannya, pembelian produk skincare oleh wanita dewasa seringkali dilakukan secara spontan tanpa perencanaan serta hanya mengikuti dorongan sesaat, dan hal ini dapat dipengaruhi oleh kontrol diri dan harga diri penggunanya. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengkaji pengaruh kontrol diri dan harga diri terhadap pembelian impulsif produk skincare pada wanita dewasa awal di DKI Jakarta. Penelitian kuantitatif korelasional ini menggunakan teknik sampling non-probability sampling dengan metode accidental sampling dan melibatkan 441 responden wanita dewasa awal yang aktif memakai produk skincare. Alat ukur yang digunakan adalah impulse buying tendency, Brief Self Control Scale dan Rosenberg Self Esteem Scale yang telah diadaptasi. Data penelitian dianalisis menggunakan uji regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 22. Hasil penelitian membuktikan bahwa kontrol diri dan harga diri secara bersama-sama berpengaruh terhadap pembelian impulsif produk skincare pada wanita dewasa awal di DKI Jakarta. Namun secara parsial, hanya kontrol diri yang berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pembelian impulsif produk skincare pada wanita dewasa awal di DKI Jakarta dan berkontribusi sebesar 37,3 % (p= 0.00 < 0.05). Sedangkan harga diri tidak berpengaruh terhadap pembelian impulsif produk skincare pada wanita dewasa awal di DKI Jakarta. Hasil penelitian ini berimplikasi pada pentingnya program psikoedukasi yang dapat meningkatkan kontrol diri wanita dewasa awal agar mengembangkan perilaku pembelian yang sehat