Hubungan antara Emotional Quotient dan Kepuasan Kerja dengan Service quality pada Perawat
Keywords:
Emotional Quotient, Kepuasan Kerja, Service QualityAbstract
Perawat mempunyai kedudukan penting dalam memberikan service quality di rumah sakit oleh karena itu rumah sakit haruslah memiliki perawat yang berkinerja baik yang akan menunjang service quality.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara emotional quotient dan kepuasan kerja dengan service quality pada perawat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Partisipan dalam penelitian ini adalah perawat yang bekerja di rumah sakit Elim Rantepao dengan jumlah partisipan 141 perawat.Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling.Instrument penelitian menggunakan tiga alat ukur yaitu emotional quotient, kepuasan kerja dan service quality. Berdasarkan hasil uji analisis data dengan menggunakan uji korelasi berganda. Hasil penelitian memperlihatkan hubungan yang simultan antara emotional quotient dan kepuasan kerja dengan service quality (R= 0.624; p< 0.05). Hasil lebih lanjut juga menunjukan bahwa ada hubungan yang positif antara kepuasan kerja dengan service quality ( r= 0.527; p < 0.05). Ketika perawat mampu mengelola emosi dengan baik akan meningkatkan kepuasan kerja sehingga menciptakan persepsi service quality, dan begitu pula sebaliknya. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan implikasi bagi pihak rumah sakit untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman serta membina hubungan dengan rekan kerja sehingga mampu meningkatkan service quality kepada pasien.