IMPLEMENTASI BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI
Kata Kunci:
bimbingan dan konseling, pembentukan karakter, anak usia diniAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Bimbingan dan Konseling dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian design research. Berdasarkan hasil design research disimpulkan bahwa penerapan Bimbingan dan Konseling yang tepat dapat membantu
mempengaruhi pembentukan karakter anak karena selain orang tua guru BK juga memegang peranan penting dalam masa perkembangan anak. Selama proses perkembangan tidak menutup kemungkinan anak mengalami berbagai masalah yang menghambat proses perkembangan. Permasalahan anak dapat mengganggu kehidupan anak menyebabkan adanya ketidakselarasan pada perkembangannya (Anonim, 2006:9). Faktor permasalahan anak tidak hanya dari lingkungan bermain tetapi juga dari lingkungan internal seperti keluarga. Dampak permasalahan tersebut dapat menimbulkan tindakan seperti arogan, emosional yang berlebihan, kecemasan dll. Permasalahan anak usia dini perlu diatasi melalui intervensi konseling, konselor sekolah perlu menerapkan teknik konseling yang sesuai dengan usia anak serta membentuk karakter anak agar lebih baik lagi. Oleh karena itu pelaksanaan Bimbingan dan Konseling bagi anak usia dini sangat berpengaruh untuk pembentukan karakter di masa depan.
Referensi
Amti, E dan Prayitno. 199. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta
Prasetiawan, Hardi. 2016. Peran Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan Ramah Anak Terhadap Pembentukan Karakter Sejak Usia Dini. Jurnal Care. 4(1)
Purwati. 2003. Model Bimbingan dan Konseling Perkembangan di Sekolah Dasar. Tesis. Unnes. Tidak diterbitkan
Syaodih, Ernawulan and Agustin, Mubiar (2014) Bimbingan Konseling untuk Anak Usia Dini. In: Hakikat Bimbingan dan Konseling untuk Anak Usia Dini. Universitas Terbuka, Jakarta, pp. 1-31.
Lestari, indah. 2014. Pengembangan Media Bimbingan dan Konseling Berbasis Islami untuk Membentuk Karakter Mandiri Anak Usia Dini. Jurnal Prosiding. 4(1). Universitas Muria Kudus
Ferdiansyah. 2014. Pelayanan Konseling Untuk Anak Usia Dini. Jurnal: Wahana Didaktika. 12 (2). Universitas PGRI Palemban