PERSEPSI SISWA ATAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI ERA NEW NORMAL

Penulis

  • Hasbullah Hasbullah Pendidikan Matematika, Universitas Indraprasta PGRI
  • Supardi Uki Sajiman Pendidikan Matematika, Universitas Indraprasta PGRI

Kata Kunci:

Persepsi, Pembelajaran Matematika, New Normal

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa atas pembeljaran matematika di era new normal. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei deskriptif. Survei dilakukan secara online melalui google form dengan sampel sebanyak 65 siswa melalui teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis kuantitatif deskriptif teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) persepsi siswa atas penerimaan materi pembelajaran matematika yang menjawab sering sebanyak 8 (2,46%), yang menjawab jarang sebanyak 147 (45,23%), yang menjawab kadang-kadang 148 (45,54%) dan yang menjawab tidak pernah 22 (6,77%). 2) persepsi siswa atas penerimaan materi pembelajaran matematika yang menjawab sering sebanyak 10 (3,08%), yang menjawab jarang sebanyak 167 (51,38%), yang menjawab kadang-kadang 188 (36,31%) dan yang menjawab tidak pernah 30 (9,23%),
3) persepsi siswa atas penerimaan materi pembelajaran matematika yang menjawab sering sebanyak 5 (1,54%), yang menjawab jarang sebanyak 183 (56,31%), yang menjawab kadang-kadang 101 (31,08%) dan yang menjawab tidak pernah 36 (11,07%). Berdasarkan hasil penelitin ini menunjukkan persepsi siswa atas pembelajaran matematika pada era new normal sangat rendah. Perlu menerapkan konsep pembelajaran matematika dengan metode campuran yaitu pembelajarn tatap muka dan pembelajaran secara daring.

Referensi

Agestina, M. (2011). Kajian tentang persepsi siswa terhadap guru matematika dan pengaruhnya pada minat belajar matematika siswa SMA di kota Yogyakarta tahun ajaran 2009/2010. Disertasi. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta

Anim & Mapilindo (2020). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Matematika Tentang Pembelajaran Daring Selama Masa Learn From Home (LFH) Pandemic Covid-19. Jurnal Mathematic Paedagogic, 5 (1), 72-80.

Arikunto, S. (2010). Metode Peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.

Daulay, A. P. (2019). Peningkatan motivasi dan hasil belajar matematika siswa pada materi fungsi invers melalui penerapan model pembelajaran PAKEM (Partisipatif, Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) di kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Siabu Kabupaten Mandailing Natal. Doctoral dissertation, IAIN Padangsidimpuan.

Hansen, J., Sato, M., & Ruedy, R. (2012). Perception of climate change. Proceedings of the National Academy of Sciences, 109(37), E2415-E2423.

Harefa, N., & Sumiyati, S. (2020). Persepsi Siswa terhadap Google Classroom sebagai LMS pada masa Pandemi Covid-19. Science Education and Application Journal, 2(2), 88-100.

Maskar, S., & Wulantina, E. (2019). Persepsi Peserta Didik terhadap Metode Blended Learning dengan Google Classroom. Jurnal Inovasi Matematika, 1(2), 110-121.

Megawanti, P., Megawati, E., & Nurkhafifah, S. (2020). Persepsi Peserta Didik Terhadap PJJ pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Faktor UNINDRA, 7(2), 75-82.

Nabila, H., & Sulistiyaningsih, D. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dalam Pembelajaran Daring Berbantuan Microsoft Teams Kelas XI SMA Negeri 9 Semarang. EDUSAINTEK, 4.

Najichun, M., & Winarso, W. (2016). The Relationship Between Student Perception Towards Mathematics Teacher with Mathematics Academic Performace. Jurnal Psikologi Undip Vol, 15(2), 139-146.

Rahayu, C., Somakim, S., & Hartono, Y. (2018). Matematika Dalam Budaya Pagaralam. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(1), 15-24.

Raimanu, G. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sintuwu Maroso). Ekomen, 20(2), 1-9.

Sundayana, R. (2013). Media Pembelajaran matematika untuk Guru, Calon Guru, Orang Tua, dan Para Pecinta Matematika. Bandung: Alfabeta.

Tarmiji, T., Basyah, M. N., & Yunus, M. (2016). Persepsi Siswa terhadap Kesiapan Guru Dalam Proses Pembelajaran (Studi Pada SMP Negeri 18 Banda Aceh. Doctoral dissertation, Syiah Kuala University.

Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Study At home: analisis kesulitan belajar matematika pada proses pembelajaran daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20-26.

Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: CV Andi Offset

Diterbitkan

2021-01-06