PERSEPSI DOSEN MENGENAI PENILAIAN BAHASA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Authors

  • Yuniarti Yuniarti Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Persepsi, Penilaian Bahasa Inggris, Pembelajaran Jarak Jauh

Abstract

Adaptasi teknologi di kelas Bahasa Inggris telah berdampak pada praktik penilaian dosen dalam pembelajaran
Bahasa. Penilaian bahaa dalam pembelajarn jarak jauh lebih banyak menggunakan teknologi dibandingkan
dengan penilaian berbasis kertas. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi dosen tentang penilaian
Bahasa dalam pembelajaran jarak jauh di kelas Bahasa Inggris pada perguruan tinggi. Metode yang digunakan
adalah kualitatif dengan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Subyek penelitian ini terdiri dari 10 Dosen
Bahasa Inggris yang mengajar dalam pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini memberikan gambaran tentang
bagaimana persepsi dosen akan mempengaruhi praktik penilaian Bahasa dalam pembelajaran jarak jauh.

References

Bearman, M., Dawson, P., Ajjawi, R., & Tai, J. (2020). Re-imagining University Assessment in a

Digital World (D. Bound (ed.)). Springer.

Fang, Z. (1996). A review of research on teacher beliefs and practices. Educational Research, 38(1),

–65. https://doi.org/10.1080/0013188960380104

Lau, A. M. S. (2016). ‗Formative good, summative bad?‘ – A review of the dichotomy in assessment

literature. Journal of Further and Higher Education, 40(4), 509–525.

https://doi.org/10.1080/0309877X.2014.984600

Pellegrino, J. W. (2016). Introduction to Special Section of Educational Psychologist on Educational

Assessment: Validity Arguments and Evidence—Blending Cognitive, Instructional, and

Measurement Models and Methods. Educational Psychologist, 51(1), 57–58.

https://doi.org/10.1080/00461520.2016.1150786

Richards, J. C. (1998). Teacher Beliefs and Deciion Making. Beyond Training: Perspectives on

Language Teacher Education, 65–84.

Schoech, D. (2001). Using video clips as test questions: The development and use of a multimedia

exam. Journal of Technology

in Human Services, 18(3–4), 117–131.

https://doi.org/10.1300/J017v18n03_08

Yin, R. K. (2015). Qualitative Research from Start to Finish (Second Edi). Guilford Publications.

Downloads

Published

2021-12-09