HUBUNGAN ANTARA LONELINESS DAN STUDENT SUBJECTIVE WELL-BEING

Penulis

  • Alimatus Sahrah Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Yoko Jimmy Panjaitan Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Abstrak

Penelitian mengenai subjective well-being merupakan topik yang sedang diminati untuk diteliti saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara loneliness dengan student subjective well-being. Metode pengumpulan data menggunakan alat ukur yang digunakan adalah University of California, Los Angeles Loneliness Scale Version 3 yang dikembangkan oleh Russell (1996), dan Student Subjective Well Being Questionnaire yang disusun oleh Renshaw dan Cook (2015). Subjek penelitian sebanyak 334 orang yang terdiri dari 253 orang mahasiswa S1 dan 81 orang mahasiswa S2, sedangkan jika dilihat dari jenis kelaminnya, terdiri dari 94 orang mahasiswa laki-laki, dan 240 orang mahasiswa perempuan. Teknik analisis penelitian menggunakan korelasi product moment, yang hasilnya dapat dilaporkan bahwa ada hubungan negatif yang signifikan antara loneliness dengan student subjective well-being. Artinya semakin rendah tingkat loneliness mahasiswa, akan cenderung menunjukkan semakin tinggi student subjective well-being yang dimiliki mahasiswa, dan sebaliknya semakin tinggi loneliness mahasiswa akan menunjukkan semakin rendah student subjective well-being yang dimiliki mahasiswa.

Referensi

Baron, R. A., & Byrne, D. (2005). Psikologi sosial jilid 2 (alih bahasa:Ratna Djuwita) (10th ed.). Jakarta: Erlangga

Diener, E. (2009). Assessing well-being. in E. Diener (Ed.), Springer (39), 247-266. doi:10.1007/978-90-481-2354-4

Diener, E. (2013). The remarkable changes in the science of subjective well-being. Perspectives on Psychological Science, 8(6), doi:10.1177/1745691613507583.

Fajriani. N, D., Afnibar, & Rahmi, A. (2020). Psychological well being mahasiswa dalam menjalani kuliah daring untuk mencegah penyebaran virus corona (Studi terhadap mahasiswa Bimbingan Konseling Islam UIN Imam Bonjol Padang) Al Irsyad: Jurnal Bimbingan, 11(1), 15–22.

Hasanah, U., Ludiana, I., & PH, L. (2020). Gambaran psikologis mahasiswa dalam proses pembelajaran selama pandemi covid-19. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(3), 299–306.

Kurniadi. (2020). Student well-being. Retrieved from Berita Kampus. https://www.untan.ac.id/student-well-being/

Nirbayaningtyas, R. B., Aniza, N., & Paramadina, U. (2017). Pengaruh loneliness terhadap subjective well being di kalangan dewasa awal mahasiswa Universitas Paramadina. Prosiding Konferensi Nasional Peneliti Muda Psikologi Indonesia, 2(1), 39–46.

Nurdiani, A. F. (2018). Uji validitas konstruk alat ukur ucla loneliness scale version 3. Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia (JP3I), 3(4), 499-503. doi:10.15408/jp3i.v3i4.9322

Camus, C.L.G. (2004). Promoting mental health, WHO: Geneva.

Peplau, L. A., & Perlman, D. (1982). Perspectives on loneliness. American Journal of Applied Psychology, 2(4), 94-98

Puteri, I. A. W. (2020). Asertivitas dan subjective well-being pada mahasiswa di masa pandemi covid-19. Jurnal Psikologi Malahayati, 2(2), 86–93. doi:10.33024/jpm.v2i2.3066

Renshaw, T. L., Long, A. C. J., & Cook, C. R. (2015). Assessing adolescents’ positive psychological functioning at school: development and validation of the student subjective wellbeing questionnaire. School Psychology Quarterly, 30(4), 534–552. doi:10.1037/spq0000088

Tay, L., & Diener, E. (2011). Needs and subjective well-being around the world. Journal of Personality and Social Psychology, 101(2), 354-365. doi:10.1037/a0023779

Tu, Y., & Zhang, S. (2014). Loneliness and subjective well-being among chinese undergraduates : the mediating role of self-efficacy loneliness and subjective well-being among chinese undergraduates : the mediating role of self-efficacy. Social Indicators Research, 1(3), 963-980. doi:10.1007/s11205-014-0809-1

Diterbitkan

2021-02-27