OPTIMISME DAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA PESERTA MERDEKA BELAJAR-KAMPUS MERDEKA (MBKM)
DOI:
https://doi.org/10.26486/jdp.v1i2.4264Abstract
Program kampus merdeka atau MBKM memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan skill dan minatnya agar siap bersaing di dunia kerja. Namun, dalam mengikuti program tersebut mahasiswa mengalami beberapa hambatan yang dapat mengganggunya, seperti kesulitan beradaptasi di lingkungan yang baru, keterlambatan dalam memasukkan nilai konversi, dan manajemen waktu yang kurang baik sehingga dari hambatan tersebut, apabila mahasiswa mengalami tekanan dari hambatan yang dialami kemudian menumpuk maka hal ini dapat menimbulkan stres atau biasa disebut dengan stres akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara optimisme dengan stres akademik pada mahasiswa peserta MBKM. Penelitian ini menghipotesiskan adanya hubungan yang negatif antara optimisme dengan stres akademik pada mahasiswa peserta MBKM. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif korelasional. Subjek pada penelitian melibatkan 122 mahasiswa peserta MBKM yang berusia 20 hingga 24 tahun dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Skala Stres Akademik dan Skala Optimisme. Teknik analisis data yang digunakan yaitu korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan koefisien korelasi sebesar rxy = -0,350 dengan p = 0,000 (p < 0,001). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat korelasi negatif antara optimisme dengan stres akademik pada mahasiswa peserta MBKM. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,123, menunjukkan bahwa optimisme memberikan kontribusi sebesar 12,3% terhadap stres akademik, dan 87,7% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata Kunci: MBKM, mahasiswa peserta MBKM, stres akademik, optimisme
References
Aisyah, D., Hasanuddin, H., & Munir, A. (2023). Hubungan kepribadian tangguh dan optimisme dengan stres akademik pada siswa SMA Negeri 1 Binjai. Journal of Education Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 5(3), 1894-1905. https://doi.org/10.34007/jehss.v5i3.1439
Andriani, F., & Aprilina, H. D. (2023). Hubungan proses pembelajaran dan program studi dengan tingkat kecemasan mahasiswa MBKM studi independent E-Commerce. Proceedings Series On Health & Medical Sciences, 4, 114-121. https://doi.org/10.30595/pshms.v4i.568
A’yunina, H., & Abdurrohim. (2019). Hubungan antara stres akademik dan motivasi berprestasi dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Jurnal Psikologi, 9(2), 889-897.
Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep stres akademik siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5(3), 143-148. https://doi.org/10.29210/119800
Bhakti, Y. B., Simorangkir, M. R. R., Tjalla, A., & Sutisna, A. (2022). Kendala implementasi kebijakan merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) di perguruan tinggi. Research and Development Journal Of Education, 8(2), 784-790. https://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i2.12865
Damayanti, F. E., & Dayu, G. O. (2023). Hubungan optimisme dengan tingkat stres dalam menyusun tugas akhir pada mahasiswa S1 Keperawatan STIKES Banyuwangi Tahun 2023. Jurnal Keperawatan Malang, 8(2), 419-434. https://doi.org/10.36916/jkm.v8i2.232
Fatmawati, F. (2018). Hubungan antara kejenuhan belajar dengan stres akademik. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(4), 462-467. http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i4.4666
Gadzella, B. M., & Masten, W. G. (2005). An analysis of the categories in the student-life stress inventory. American journal of psychological research, 1(1), 1-10.
Hadi, S. (2017). Metodologi riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hikmah, L. U. (2020). Hubungan antara optimisme dan stres akademik siswa kelas XII SMA di Yogyakarta (Skripsi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta). Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
Huan, V.S., Yeo, L.S., Ang, R.P., & Chong, W.H. (2006). The influence of dispositional optimism and gender on adolescents’ perception of academic stress. Adolescence, 41(163), 533-546.
Insani, A. (2021). Kesadaran stres akademik selama pembelajaran dari rumah. KoPeN: Konferensi Pendidikan, 3(2), 21-29.
Kencana, S. C., & Muzzamil, F. (2022). Pengaruh optimisme terhadap stres akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(19), 353-361. https://doi.org/10.5281/zenondo.7175409
Kurniawan, S., Priyatama, A. N., & Karyanta, N. A. (2015). Hubungan konsep diri dengan optimisme dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa prodi psikologi Fakultas Kedokteran UNS. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 3(4), 275-285.
http://candrajiwa.psikologi.fk.uns.ac.id/index.php/candrajiwa/article/view/97/88
Mathur, R., & Sharma, R. (2015). Academic stress in relation with optimism and resilience. International Research Journal of Interdisciplinary & Multidisciplinary Studies (IRJIMS), 1(7), 129-134.
Nesimnasi, F. N., Tiwa, T. M., & Naharia, M. (2024). Stress akademik mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Negeri Manado yang mengikuti Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) tahun 2020. Psikopedia, 5(3), 263-270.
Novianti, R., Arieska, R., & Rinaldi. (2020). Hubungan antara hardiness dengan optimisme pada remaja penghuni panti asuhan Kota Bukittinggi. Inclusive: Journal of Special Education, 6(1), 1-9.
Pramasasti, D. A. S. U., Lestari, S. M. P., & Marhayuni, E. (2022). Hubungan pola pikir negatif dengan stres akademik pada mahasiswa kedokteran. Jurnal Consulenza: Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 5(1), 23-31. https://doi.org/10.56013/jcbkp.v5i1.1294
Purwati, M., & Rahmandani, A. (2020). Hubungan antara kelekatan pada teman sebaya dengan stres akademik pada mahasiswa Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Empati, 7(2), 456-466. https://doi.org/10.14710/empati.2018.21664
Rahasia, T., R., Z., Lumapow, H., R., & Sengkey, M.M. (2024). Hubungan stres akademik dengan subjective well being pada mahasiswa psikologi yang mengikuti program MBKM Mandiri. Psikopedia, 5(2), 57-65.
Shabrina, G., Sunawan, & Ani, C. T. (2019). Dampak optimisme dan kontrol diri dengan coping stress terhadap tuntutan akademik pada mahasiswa S1 Bimbingan dan Konseling UNES. Indonesian Journal Of Guidance and Counseling: Theory and Application, 8(1), 19-25. https://doi.org/10.15294/ijgc.v8i1.19882
Santi, S. A., Alkayis, M. B. H., Dirgantara, D. F., & Rahman, D. H. (2023). Stress akademik pada mahasiswa asistensi mengajar. In Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran), 6, 1801-1807.
Seligman, M.E.P. (2006). Learned optimism; how to change your mind and your life. Washinton DC: Vintage Books.
Setyaningrum, D.F., Sawiji, H., & Ninghardjanti, P. (2018). Pengaruh keaktifan berorganisasi dan prestasi belajar terhadap kesiapan kerja mahasiswa program studi pendidikan administrasi perkantoran angkatan 2013 Universitas Sebelas Maret Surakarta. JIKAP: Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 2(2), 26-40.
http://doi.org/10.20961/jikap.v2i2.20798
Sudarsana, D. (2019). Pengaruh antara stres akademik dengan prestasi belajar siswa kelas IX SMPN 2 Kemalang (The influence beetween academic stress and learning achievement of class IX SMPN 2 Kemalang). Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 5(2), 204-207. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/fipbk/article/view/15912
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuatitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Takril, A., & Herdi (2022). Hubungan resiliensi akademik dan optimisme dengan stres akademik peserta didik sekolah menengah atas tahun pertama di boarding school. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 11(2), 162-176.
Thi, H. H. & Thant, P.P. (2018). The effect of optimism on academic stress of secondary school students. Universities Research Journal. 11(5), 1-25.
Tohir, M. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Diakses dari https://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/04/Buku-Panduan-Merdeka-Belajar-Kampus-Merdeka-2020.
Vian, A. R. S., & Matulessy, A. (2024). Stres akademik pada mahasiswa Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Bagaimana peran dukungan sosial?. INNER: Journal of Psychological Research, 3(4), 564-570.
Yikealo, D., Yemane, B. and Karvinen, I. (2018). The level of academic and environmental stress among college students: A case in the college of education. Open Journal of Social Sciences, 6(11), 40-57. https://doi.org/10.4236/jss.2018.611004
Yusuf, N. M., & Yusuf, J. M. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi stres akademik. Psyche 165 Journal, 13(2), 235-239. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v13i2.84
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dinamika Psikologis: Jurnal Ilmiah Psikologis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Dinamika Psikologis: Jurnal Ilmiah Psikologis agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Insight right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Insight. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Insight.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).