HUBUNGAN EFIKASI DIRI AKADEMIK DAN PERSEPSI KETERLIBATAN ORANGTUA DALAM PENDIDIKAN ANAK DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS VII SELAMA PEMBELAJARAN DARING

Authors

  • Sri Yuliati Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Kamsih Astuti Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.26486/jdp.v1i1.4115

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hubungan antara resiliensi dengan work engagement; 2) Hubungan antara dukungan sosial atasan dengan work engagement; 3) Hubungan antara resiliensi dan dukungan sosial atasan dengan work engagement. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 80 pegawai Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKDPSDM) Kabupaten Bangli bagian sekretariat badan, bagian umum dan kepegawaian, dan bagian perencanaan, keuangan, dan pelaporan. Alat pengumpul data yang digunakan adalah skala work engagement, skala resiliensi dan skala dukungan sosial atasan. Teknik analisis menggunakan teknik korelasi product moment untuk menganalisis hipotesis pertama dan kedua, sedangkan teknik regresi untuk analisis hipotesis ketiga. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) ada hubungan positif antara resiliensi dengan work engagement, dengan nilai korelasi yaitu 0,357 dengan p = 0,001 (p < 0,05); 2) ada hubungan positif antara dukungan sosial atasan dengan work engagement, dengan nilai korelasi yaitu 0,980 dengan p = 0,000 (p < 0,05); 3) ada hubungan antara resiliensi dan dukungan sosial atasan secara bersama-sama dengan work engagement, dengan nilai F sebesar 934,967 dan p = 0,000 (p < 0,05).

Kata Kunci : work engagement, resiliensi, dukungan sosial

References

Arora, W., Erlamsyah, E., & Syahniar, S. (2013). Hubungan Antara Perlakuan Orangtua Dengan Kemandirian Siswa Dalam Belajar. Konselor: Jurnal Ilmiah Konseling, 2(1), 304–309. https://doi.org/10.24036/02013211252-0-00

Arum, A., & Laksmiwati, H. (2015). Hubungan antara konsep diri dan interaksi sosial teman sebaya dengan kemandirian belajar pada siswa kelas X SMA Negeri 12 Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 3(3), 1–5.

Arum, Metra, W., & Widyana, R. (2021). Peran persepsi keterlibatan orangtua dan peran sosial guru dengan efikasi diri akademis siswa dalam pembelajaran online di masa pandemi. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 9(2), 139–146.

Asyrofi, M. (2015). Menumbuhkan kemandirian belajar siswa pada pelajaran Al Islam melalui metode diskusi di Kelas VII. Didaktika, 22(1), 91–97.

Azwar, S. (2016). Metode penelitian psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2018). Metode penelitian psikologi edisi II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chaplin, J. (2008). Kamus lengkap psikologi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.83

Cheng, Y. H., & Chen, Y. C. (2018). Enhancing classroom management through parental involvement by using social networking apps. South African Journal of Education, 38(December), 1–14. https://doi.org/10.15700/saje.v38ns2a1427

Desmita. (2009). Psikologi perkembangan remaja. Bandung: Rosdakarya.

Djali. (2017). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Fadilla, P. F., & Abdullah, S. M. (2019). Faktor pengambilan keputusan karier pada siswa SMA ditinjau dari Social Cognitive Theory. Jurnal Psikostudia, 8(2), 108–115.

Fatmawati, E., Firdausiyah, L., & Jasmaniah, J. (2022). Kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran daring (masa pandemi covid-19). Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 527. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1019

Fauziah, Nurul, Sobari, Teti, Supriatna, E. (2021). Hubungan Motivasi Belajar dengan Kemandirian Belajar Siswa SMPN 6 Garut. Jurnal IKIP Siliwangi Vol 4 No 1 Halaman 49, 4(1), 49–55.

Glynn, T. (2000). Contexts for independent learning. Educational Psychology, 5(1), 5–15. https://doi.org/10.1080/0144341850050102

Gemilang, F. A., Rezkiki, F., Kartika, I. R., Fakhri, & Meiyersi, H. (2021). Deskripsi kemandirian peserta didik selama School From Home (SFH) pada masa Pandemi Covid19. Psikoislamedia Jurnal Psikogi, 6(2), 1-10.

Hill, N. E., & Tyson, D. F. (2009). Parental involvement in middle school: a meta analytic assessment of the strategies that promote achievement. Developmental Psychology, 45(3), 740–763. https://doi.org/10.1037/a0015362

Nugroho, A. (2019). Efikasi diri sosial dengan harga diri pada taruna akademi kepolisian tingkat III/Detasemen Ananta HIR. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 1–19.

Patras, Y. E., Sabti, N. B., Windiyani, T., & Hidayat, R. (2021). The effect of learning discipline on independence student learning. pedagonal. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(2), 70–79. https://doi.org/10.33751/pedagonal.v5i2.3937

Rahmawati, L. E., & Setyaningsih, V. I. (2021). Kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran daring mata pelajaran bahasa Indonesia (Students ’ independent learning in the online learning for bahasa Indonesia subject ) dil. Urnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7(2), 353–365.

Rozi, F., & Lana, I. F. (2021). Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh (PPJ) dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa. Fondatia, 5(1), 109–124. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i1.1108

Safraturrina, Nurdin, S., & Martunis. (2016). Hubungan efikasi diri dengan kemandirian belajar pada siswa (Suatu studi penelitian pada MAN Darussalam). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 66– 72.

Sanjaya, B. P. (2021). Kemandirian belajar siswa sekolah dasar selama pembelajaran daring. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 71–78.

Schunk, D. H., & Ertmer, P. A. (2000). Self-regulation and academic learning: self-efficacy enhancing interventions in handbook of self-regulation. Cambridge: Academic Press.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.

Suid, Syafrina, & Tursinawati. (2017). Analisis kemandirian siswa dalam proses pembelajaran di Kelas III SD Negeri 1 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 1(5), 70–81.

Syelitiar, F., & Putra, A. (2021). Systematic literatur review: kemandirian belajar siswa pada pembelajaran daring. Sepren: Journal of Mathematics Education and Applied, 2(2), 23–31. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i2.490

Verpetua, M. B. (2024). Survei kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Negeri Sekota Tarakan. Skripsi: Universitas Borneo Tarakan.

Wongsri, N., Cantwell, R. ., & Archer, J. (2002). The Validation of measures of self-efficacy, motivation and self-regulated learning among thai tertiary students. Annual Conference of the Australian Association for Research in Education, Brisbane, 19.

Yurniadi, D., & Halida. (2012). Efektifitas Pelaksanaan pembelajaran ditinjau dari aspek kemandirian belajar mahasiswa program guru dalam jabatan Prodi PG PAUD FKIP Untan Pontianak. Jurnal Guru Membangun, 29(2), 23–33.

Downloads

Published

2024-08-31

How to Cite

Yuliati, S., & Astuti, K. (2024). HUBUNGAN EFIKASI DIRI AKADEMIK DAN PERSEPSI KETERLIBATAN ORANGTUA DALAM PENDIDIKAN ANAK DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS VII SELAMA PEMBELAJARAN DARING. Dinamika Psikologis: Jurnal Ilmiah Psikologis, 1(1), 27–39. https://doi.org/10.26486/jdp.v1i1.4115

Issue

Section

Articles