HUBUNGAN EFIKASI DIRI AKADEMIK DAN PERSEPSI KETERLIBATAN ORANGTUA DALAM PENDIDIKAN ANAK DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS VII SELAMA PEMBELAJARAN DARING
DOI:
https://doi.org/10.26486/jdp.v1i1.4115Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hubungan antara resiliensi dengan work engagement; 2) Hubungan antara dukungan sosial atasan dengan work engagement; 3) Hubungan antara resiliensi dan dukungan sosial atasan dengan work engagement. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 80 pegawai Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKDPSDM) Kabupaten Bangli bagian sekretariat badan, bagian umum dan kepegawaian, dan bagian perencanaan, keuangan, dan pelaporan. Alat pengumpul data yang digunakan adalah skala work engagement, skala resiliensi dan skala dukungan sosial atasan. Teknik analisis menggunakan teknik korelasi product moment untuk menganalisis hipotesis pertama dan kedua, sedangkan teknik regresi untuk analisis hipotesis ketiga. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) ada hubungan positif antara resiliensi dengan work engagement, dengan nilai korelasi yaitu 0,357 dengan p = 0,001 (p < 0,05); 2) ada hubungan positif antara dukungan sosial atasan dengan work engagement, dengan nilai korelasi yaitu 0,980 dengan p = 0,000 (p < 0,05); 3) ada hubungan antara resiliensi dan dukungan sosial atasan secara bersama-sama dengan work engagement, dengan nilai F sebesar 934,967 dan p = 0,000 (p < 0,05).
Kata Kunci : work engagement, resiliensi, dukungan sosial
References
Arora, W., Erlamsyah, E., & Syahniar, S. (2013). Hubungan Antara Perlakuan Orangtua Dengan Kemandirian Siswa Dalam Belajar. Konselor: Jurnal Ilmiah Konseling, 2(1), 304–309. https://doi.org/10.24036/02013211252-0-00
Arum, A., & Laksmiwati, H. (2015). Hubungan antara konsep diri dan interaksi sosial teman sebaya dengan kemandirian belajar pada siswa kelas X SMA Negeri 12 Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 3(3), 1–5.
Arum, Metra, W., & Widyana, R. (2021). Peran persepsi keterlibatan orangtua dan peran sosial guru dengan efikasi diri akademis siswa dalam pembelajaran online di masa pandemi. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 9(2), 139–146.
Asyrofi, M. (2015). Menumbuhkan kemandirian belajar siswa pada pelajaran Al Islam melalui metode diskusi di Kelas VII. Didaktika, 22(1), 91–97.
Azwar, S. (2016). Metode penelitian psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2018). Metode penelitian psikologi edisi II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Chaplin, J. (2008). Kamus lengkap psikologi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.83
Cheng, Y. H., & Chen, Y. C. (2018). Enhancing classroom management through parental involvement by using social networking apps. South African Journal of Education, 38(December), 1–14. https://doi.org/10.15700/saje.v38ns2a1427
Desmita. (2009). Psikologi perkembangan remaja. Bandung: Rosdakarya.
Djali. (2017). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Fadilla, P. F., & Abdullah, S. M. (2019). Faktor pengambilan keputusan karier pada siswa SMA ditinjau dari Social Cognitive Theory. Jurnal Psikostudia, 8(2), 108–115.
Fatmawati, E., Firdausiyah, L., & Jasmaniah, J. (2022). Kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran daring (masa pandemi covid-19). Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 527. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1019
Fauziah, Nurul, Sobari, Teti, Supriatna, E. (2021). Hubungan Motivasi Belajar dengan Kemandirian Belajar Siswa SMPN 6 Garut. Jurnal IKIP Siliwangi Vol 4 No 1 Halaman 49, 4(1), 49–55.
Glynn, T. (2000). Contexts for independent learning. Educational Psychology, 5(1), 5–15. https://doi.org/10.1080/0144341850050102
Gemilang, F. A., Rezkiki, F., Kartika, I. R., Fakhri, & Meiyersi, H. (2021). Deskripsi kemandirian peserta didik selama School From Home (SFH) pada masa Pandemi Covid19. Psikoislamedia Jurnal Psikogi, 6(2), 1-10.
Hill, N. E., & Tyson, D. F. (2009). Parental involvement in middle school: a meta analytic assessment of the strategies that promote achievement. Developmental Psychology, 45(3), 740–763. https://doi.org/10.1037/a0015362
Nugroho, A. (2019). Efikasi diri sosial dengan harga diri pada taruna akademi kepolisian tingkat III/Detasemen Ananta HIR. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 1–19.
Patras, Y. E., Sabti, N. B., Windiyani, T., & Hidayat, R. (2021). The effect of learning discipline on independence student learning. pedagonal. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(2), 70–79. https://doi.org/10.33751/pedagonal.v5i2.3937
Rahmawati, L. E., & Setyaningsih, V. I. (2021). Kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran daring mata pelajaran bahasa Indonesia (Students ’ independent learning in the online learning for bahasa Indonesia subject ) dil. Urnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7(2), 353–365.
Rozi, F., & Lana, I. F. (2021). Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh (PPJ) dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa. Fondatia, 5(1), 109–124. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i1.1108
Safraturrina, Nurdin, S., & Martunis. (2016). Hubungan efikasi diri dengan kemandirian belajar pada siswa (Suatu studi penelitian pada MAN Darussalam). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 66– 72.
Sanjaya, B. P. (2021). Kemandirian belajar siswa sekolah dasar selama pembelajaran daring. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 71–78.
Schunk, D. H., & Ertmer, P. A. (2000). Self-regulation and academic learning: self-efficacy enhancing interventions in handbook of self-regulation. Cambridge: Academic Press.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.
Suid, Syafrina, & Tursinawati. (2017). Analisis kemandirian siswa dalam proses pembelajaran di Kelas III SD Negeri 1 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 1(5), 70–81.
Syelitiar, F., & Putra, A. (2021). Systematic literatur review: kemandirian belajar siswa pada pembelajaran daring. Sepren: Journal of Mathematics Education and Applied, 2(2), 23–31. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i2.490
Verpetua, M. B. (2024). Survei kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Negeri Sekota Tarakan. Skripsi: Universitas Borneo Tarakan.
Wongsri, N., Cantwell, R. ., & Archer, J. (2002). The Validation of measures of self-efficacy, motivation and self-regulated learning among thai tertiary students. Annual Conference of the Australian Association for Research in Education, Brisbane, 19.
Yurniadi, D., & Halida. (2012). Efektifitas Pelaksanaan pembelajaran ditinjau dari aspek kemandirian belajar mahasiswa program guru dalam jabatan Prodi PG PAUD FKIP Untan Pontianak. Jurnal Guru Membangun, 29(2), 23–33.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dinamika Psikologis: Jurnal Ilmiah Psikologis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Dinamika Psikologis: Jurnal Ilmiah Psikologis agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Insight right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Insight. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Insight.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).