STRES AKADEMIK PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK): PERAN PERSEPSI TENTANG KEHANGATAN ORANGTUA

Authors

  • Ana Yuliani Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Triana Noor Edwina Dewayani Soeharto Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.26486/jdp.v1i1.4016

Abstract

Siswa SMK merupakan peserta didik yang mengikuti pendidikan kejuruan pada tingkat sekolah menengah agar siap kerja sesuai dengan bidang keahlian kompetensi kejuruan yang diambil. Skema sistem pembelajaran yang berubah-ubah sejak masa pandemi Covid-19 memiliki dampak yang signifikan pada siswa. Dampak negatif yang ditimbulkan berupa stres akademik pada siswa SMK. Stres akademik dipengaruhi faktor keluarga atau orangtua yaitu persepsi tentang kehangatan orangtua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Persepsi tentang kehangatan orangtua dengan stres akademik pada siswa SMK. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 98 siswa SMK Negeri 2 Yogyakarta. Pengambilan data menggunakan skala stres akademik dan skala persepsi tentang kehangatan orangtua. Metode analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan negatif antara persepsi tentang kehangatan orangtua dengan stres akademik pada siswa SMK.

Kata Kunci:  stres akademik, kecerdasan emosi, persepsi tentang kehangatan orangtua

References

Abdollahi, A., Panahipour, S., Akhavan Tafti, M., & Allen, K. A. (2020). Academic hardiness as a mediator for the relationship between school belonging and academic stress. Psychology in the School, 57, 823– 832. https://doi.org/10.1002/pits.22339

Agustin, M., Puspita, R. D., Nurinten, D., & Nafiqoh, H. (2021). Tipikal kendala guru dalam mengajar pada masa pandemi Covid 19 dan implikasinya. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 334–345. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598

Ahmad, A. A., & Ambotang, A. S. (2020). Pengaruh kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual, lingkungan terhadap stres akademik murid sekolah menengah. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 5(5), 12–23. https://doi.org/10.47405/mjssh.v5i5.407

Andarini, N. T., & Purwadi. (2020). The role of parents’ social support and self-efficacy towards academic stress. International Journal of Management and Humanities (IJMH), 4(11), 1–6. https://doi.org/10.35940/ijmh.G0659.0741120

Awlawi, A. (2018). Stress sekolah peserta didik pada fase perkembangan dasar (Analisis kebutuhan perkembangan). Jurnal Ilmiah Syi’ar, 18(1). https://doi.org/10.29300/syr.v18i1.1572

Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep stres akademik siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 143–148.

Brar, R. (2013). Coping strategies and parental attachment as predictors of academic stress in adolescents. International Journal of Humanities and Social Science Invention, 2(10), 47–51.

Calaguas, G. M. (2011). Collage academic stress: Differences along gender lines. Journal of Social and Developmental Sciences, 1(5), 194–201.

Chen, X., Liu, M., & Li, D. (2000). Parental warmth, control, and indulgence and their relations to adjustment in Chinese children: A longitudinal study. Journal of Family Psychology, 14(3), 401–419. https://doi.org/10.1037/0893-3200.14.3.401

Desmita. (2010). Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Direktorat Pembinaan SMK. (2013). UU Nomor 20 Tahun 2013 tentang Sekolah Menengah Kejuruan. Retrieved from http://eksis.ditpsmk.net/artikel/definisi-smk-sekolah-menengah-kejuruan pada

Forushani, N. Z., & Besharat, M. A. (2011). Relation between emotional intelligence and perceived stress among female students. Procedia Social and Behavioral Sciences, 30, 1109–1112.

Friskawati, G. F. (2021). Students’s academic level stress during online learning in physical education. Juara, 6(1), 79–87. https://doi.org/10.33222/juara.v6i1.1164

Gadzella, B. M., Baloglu, M., Masten, W. G., & Wang, Q. (2012). Evaluation of the Student Life-Stress Inventory-Revised. Journal of Instructional Psychology, 39(2), 82–91.

Gadzella, B. M., & Masten, W. G. (2005). An analysis of the categories in the student-life stress inventory. American Journal of Psychological Research, 1(1), 1–10.

Govaerst, S., & Gregoire, J. (2004). Stressful academic situasions: Study on appraisal variables in adolescence. European Review of Applied Psychology, 54(4), 261–271.

Indriani, T. (2021). Gambaran stres akademik saat pembelakaran jarak jauh (PJJ) pada siswa di SMK Negeri 1 Godean Tahun Pelajaran 2020/2021. Ristekdik (Jurnal Bimbingan Dan Konseling), 6(1), 1–6. https://doi.org/10.31604/ristekdik.2021.v6i1.1-6

Kemdikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Coronavirus Disease (Covid-19). Retrieved from https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/

Kemdikbud. (2022). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2022 tentang Penyesuaian Pelaksanaan Keputusan Bersama 4 Menteri tentang Panduan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka di Masa Pandemi Covid-19.

Lal, K. (2014). Academic stress among adolescent in relation to intelligence and demographic factors. American International Journal of Research in Humanities, Arts and Social Sciences, 5(1), 123–129.

Leung, G. S. M., Yeung, K. C., & Wong, D. F. K. (2010). Academic stressors and anxiety in children: The role of paternal support. Journal of Child and Family Studies, 19(1), 90–100. https://doi.org/10.1007/s10826-009-9288-4

Luo, Y., Deng, Y., & Zhang, H. (2020). The influences of parental emotional warmth on the association between T perceived teacher–student relationships and academic stress among middle school students in China. Children and Youth Services Review, 114, 1–8.

Mayer, J. D., Salovey, P., & Caruso, D. R. (2004). Emotional intelligence: Theory, findings, and implications. Psychological Inquiry, 15(3), 197–215. https://doi.org/10.1207/s15327965pli1503_02

Megawanti, P. (2013). Meretas permasalahan pendidikan di Indonesia. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3). https://doi.org/10.30998/formatif.v2i3.105

Moran, K. M., Turiano, N. A., & Gentzler, A. L. (2018). Parental warmth during childhood predicts coping and well-being in adulthood. Journal of Family Psychology, 32(5), 610–621. https://doi.org/10.1037/fam0000401

Muhnia, M., Isnah, W., & Hapsah, H. (2019). Relationship between intelligence with stress level of first year student in Nursing Program Study Medical Faculty Hasanuddin University. Indonesian Contemporary Nursing Journal (ICON Journal), 2(2), 2–10. https://doi.org/10.20956/icon.v2i2.7675

Nugroho, B. ., Soetjiningsih, C. ., & Setiawan, A. (2019). Dukungan sosial orangtua, dukungan sosial teman sebaya dan kecerdasan emosional sebagai prediktor stres akademik siswa SMK Negeri 1 Kedung. INQUIRY Jurnal Ilmiah Psikologi, 10(2), 140–154.

Pasha, S. M. (2016). Inspiring leadership through emotional intelligence. International Research Journal of Engineering and Technology (IRJET), 3(6), 1699–1703.

Purwiantomo, D. R. P., & Rusmawati2, D. (2020). Hubungan antara kecerdasan emosi dengan stres akademik pada siswa SMA Islam 14 Al Azhar Semarang. Jurnal Empati, 9(6), 472–476.

Putri, A. D., & Hariastuti, R. T. (2021). Tingkat stres akademik selama pembelajaran daring pada peserta didik SMA Negeri di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal BK Unesa, 12(3), 511–522.

Quach, A. S., Epstein, N. B., Riley, P. J., Falconier, M. K., & Fang, X. (2015). Effects of parental warmth and academic pressure on anxiety and depression symptoms in chinese adolescents. Journal of Child and Family Studies, 24(1), 106–116. https://doi.org/10.1007/s10826-013-9818-y

Rinawati, F., & Sucipto, S. (2019). Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Stres Dan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(1), 95-100.

Rohner, R. P. (1986). New perspectives on family. The warmth dimension: Foundations of parental acceptance-rejection theory. Newbury Park, CA: Sage Publications, Inc.

Rohner, R. P., & Khaleque, A. (2012). Parental acceptance-rejection theory, methods, evidence, and implications. Ethos: Journal of the Society for Psychological Anthropology, 33, 1–31.

Rusmini. (2017). Peningkatan mutu sumber daya manusia melalui pendidikan karakter dan attitude. NUR EL-ISLAM: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 4(2), 79–96.

Sagita, D. D., Daharnis, & Yahniar. (2017). Hubungan self efficacy, motivasi berprestasi, prokrastinasi akademik dan stres akademik mahasiswa. Jurnal Bikotetik, 1(2), 37–72. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v1n2.p43-52

Salovey, P., & Mayer, J. D. (1990). Emotional intelligence. Imagination, Cognition and Personality, 9(3), 185–211. https://doi.org/10.2190/DUGG-P24E-52WK-6CDG

Santrock, J. W. (2011). Psikologi pendidikan (3rd ed.). Jakarta: Salemba Humanika.

Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2019). Health psychology: Biopsychosocial interactions. Singapore: John Wiley & Sons, Inc.

Siskandar, S., & Mulyono, A. (2021). Pengaruh gaya belajar terhadap tingkat stres siswa Sekolah Menengah Kejuruan Polimedik Depok. Cendekia, 15(1), 28–43. https://doi.org/10.30957/cendekia.v15i1.652

Taylor, S. E. (2012). Health psychology. California: Mc Graw Hills Education.

Thoits, P. A. (1994). Stress, coping, and social support processes: Where are we? What next? Journal of Health And Social Behavior, 35, 53–79.

Wintre, M. G., & Yaffe, M. (2000). First-year students’ adjustment to university life as a function of relationships with parents. Journal of Adolescent Research, 15(1), 9–37. https://doi.org/10.1177/0743558400151002

Downloads

Published

2024-08-09

How to Cite

Yuliani, A., & Soeharto, T. N. E. D. (2024). STRES AKADEMIK PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK): PERAN PERSEPSI TENTANG KEHANGATAN ORANGTUA. Dinamika Psikologis: Jurnal Ilmiah Psikologis, 1(1), 13–26. https://doi.org/10.26486/jdp.v1i1.4016

Issue

Section

Articles