Pengembangan Senam Kebugaran Jasmani Berbasis Video Untuk Kelas V di SD Negeri 044/VIII Teluk Singkawang
DOI:
https://doi.org/10.26486/jsh.v5i1.3731Keywords:
Senam Kebugaran, R&D Senam, Siswa SD, Gymnastics Fitnes, R&D Gymnastics, , Elementary StudentsAbstract
Penelitian ini menemukan kasus dalam pembelajaran senam kreatif berbasis video, masih banyak siswa yang kurang gerak, masih malas bergerak, kurang antusias dalam melakukannya terutama siswa laki-laki, hal ini terjadi karena siswa kurang memperhatikan setiap kali melakukan senam. minggu senam. Jenis penelitian ini adalah penelitian & pengembangan. Pengembangan media menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analisis, desain, pengembangan dan evaluasi. Dalam lima tahap tersebut dilakukan analisis kebutuhan siswa. Kemudian uji validasi oleh 3 validator (tim ahli), uji praktikalitas oleh guru PJOK, setelah dikategorikan valid dan praktis kemudian keluar oleh 10 siswa. Hasil penelitian pengembangan senam kreatif berbasis video pada uji validitas diperoleh persentase data rata-rata 91% sangat valid, uji praktikalitas oleh guru pojok dengan persentase 93% dan siswa dengan persentase 81,8% dinyatakan valid. dikategorikan efektif. Berdasarkan hasil yang diperoleh, senam kreatif berbasis video dikategorikan bernilai, praktis dan afektif. Dapat disimpulkan bahwa video senam kreatif berbasis dapat diterapkan.
References
Dai, A. (2022). Pengembangan Senam Kreasi “Aku Tauno Rlipu” Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jambura Arena Of Physical Education And Sports.
Didik Rilastiyo Budi Dan Arfin Deri Listiandi. (2021). Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Budi, D. R. (2021, February 1). Supplemental Materials For Preprint: Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Retrieved From.
Gandasari, M. F., Manurung, J. S. R., Arisman, Anugrarista, E., Yantiningsih, E., Siskariyanti, & Riswandi, N. (2021). Lomba Senam Kreasi Sebagai Upaya Meningkatkan Kreatifitas Dan Kebugaran Jasmani. Journal Berkarya: Pengabdian Kepada Masyarakat.
Gustian, M. A., & Palmizal, P. (2021). MOTIVASI LANSIA PADA AKTIVITAS OLAHRAGA. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan Indonesia. Https://Doi.Org/10.55081/Joki.V2i1.547
Iyakrus, I. (2019). Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Prestasi. Altius : Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 7(2). Https://Doi.Org/10.36706/Altius.V7i2.8110
Mariyanto, M. (2016). Manfaat Pemanasan Dalam Latihan Olahraga. PENGARUH PENGGUNAAN PASTA LABU KUNING (Cucurbita Moschata) UNTUK SUBSTITUSI TEPUNG TERIGU DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG ANGKAK DALAM PEMBUATAN MIE KERING.
Putro, D. E., & Ismoko, A. P. (2021). Kondisi Kebugaran Kardiorespirasi Anggota Kharisma Aerobic Club Sanggrahan Tahun 2021. JSH: Journal Of Sport And Health, 3(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.26486/Jsh.V3i1.2199
Salsabila, W. S., & Febrianta, Y. (2022). Pengembangan Model Senam Si Buyung Dalam Bentuk Cerita Untuk Pembelajaran Motorik Di Sekolah. JSH: Journal Of Sport And Health, 4(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.26486/Jsh.V4i1.2902
Setyaningrum, D. A. W. (2019). Cedera Olahraga Serta Penyakit Terkait Olahraga. Jurnal Biomedika Dan Kesehatan. Https://Doi.Org/10.18051/Jbiomedkes.2019.V2.39-44
Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2015). Pengembangan Buku Ajar Model Penelitian Pengembangan Dengan Model Addie. Seminar Nasional Riset Inovatif Iv, 208–216.
Tumaloto, E. H., Lasimpala, A., & Misnaidi, D. (2022). Pengembangan Senam Kreasi Daerah Melalui Pemanfaatan Media Sosial (Tiktok Dan Youtube Kids). Jambura Arena Of Physical Education And Sports.
Wibowo, A. T. (2016). Gaya Hidup, Kebugaran Jasmani, Dan Konsentrasi Atlet Bolabasket Tim Satya Wacana Salatiga Menghadapi INDONESIAN BASKETBALL LEAGUE (IBL) 2017. Sportif, 2(2), 76–84.
Wibowo, A. T., Kushartanti, B. M. W., & Iwandana, D. T. (2020). Asmaball Is An Alternative Sport Games For Asthmatics Of Senior High School. Quality In Sport, 6(1), 27. Https://Doi.Org/10.12775/Qs.2020.003
Wibowo, A. T., Sukarmin, Y., Purwanto, S., Agung, Y., & Kiswantoro, A. (2023). Development: A Prototype Of The Javanese Kigfun Sports Game To Introduce Shadow Puppet To Teenagers. 44(6).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JSH: Journal of Sport and Health

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Fair Play Mercu Buana agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Jurnal Fair Play Mercu Buana right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JPSB. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JPSB.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).