Hubungan antara Social Support dengan Life Stress Atlet Mahasiswa Universitas

Authors

  • Muhammad Redha Nabiha Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Komarudin Komarudin Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Pendidikan Indonesia https://orcid.org/0000-0002-3693-4353
  • Mochamad Yamin Saputra Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Pendidikan Indonesia https://orcid.org/0000-0002-5358-0884
  • Geraldi Novian Program Studi Kepelatihan Fisik Olahraga, Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Pendidikan Indonesia https://orcid.org/0000-0002-4499-679X

DOI:

https://doi.org/10.26486/jsh.v6i2.4652

Keywords:

Atlet Mahasiswa, Life Stress, Social Support

Abstract

Dalam kehidupan atlet mahasiswa, tidak sedikit yang mengalami life stress, ini dapat muncul akibat tekanan akademik dan tuntutan dalam berlatih atapun kompetisi. Jika stress ini tidak dapat dikelola dengan baik, dapat berdampak negatif pada kesejahteraan psikologis pada atlet. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana social support dapat mempengaruhi tingkat stress yang dialami oleh atlet mahasiswa. Metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini yang melibatkan 30 atlet mahasiswa dari berbagai cabor. Instrumen yang digunakan adalah Athletes Received Support Questionnaire (ARSQ) dan College Student Athlete Life Stress Scale (CSALSS) yang diberikan satu kali kepada sampel. Setelah data diperoleh, analisis data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi SPSS Versi 29. Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan signifikan antara social support dan life stress atlet mahasiswa universitas. Hasil juga menunjukan bahwa semakin tinggi tingkat social support atlet, semakin rendah tingkat stress yang dialami. Penelitian ini menyimpulkan bahwa social support memiliki peranan penting dalam mengurangi tingkat stress.

References

Agortey, J. J. (2023). Sports stressors and academic performance of student-athletes in selected colleges of education in Ghana. British Journal of Multidisciplinary and Advanced Studies, 4(3), 16–55.

Arnold, R., Edwards, T., & Rees, T. (2018). Organizational stressors, social support, and implications for subjective performance in high-level sport. Psychology of Sport and Exercise, 39, 204–212.

Bayani, S. N., Komarudin, K., Saputra, M. Y., & Novian, G. (2024). Meningkatkan Percaya Diri Atlet Intelektual Rendah Pada Cabang Olahraga Open-Skill Melalui Latihan Kognisi. Jambura Journal of Sports Coaching, 6(2), 84–97.

Brown, C. J., Webb, T. L., Robinson, M. A., & Cotgreave, R. (2018). Athletes’ experiences of social support during their transition out of elite sport: An interpretive phenomenological analysis. Psychology of Sport and Exercise, 36, 71–80.

Chu, T. L., & Zhang, T. (2019). The roles of coaches, peers, and parents in athletes’ basic psychological needs: A mixed-studies review. International Journal of Sports Science & Coaching, 14(4), 569–588.

Cosh, S., & Tully, P. J. (2015). Stressors, coping, and support mechanisms for student athletes combining elite sport and tertiary education: Implications for practice. The Sport Psychologist, 29(2), 120–133.

Ellul, C. A. (2024). Mental health aspects and coping strategies for student-athletes: from both academic and athletic perspectives. University of Malta.

Erlangga, I. Y. (2018). Hubungan Antara Dukungan Sosial dan Kecemasan Menghadapi Pertandingan Pada Atlet Futsal.

Fogaca, J. L. (2021). Combining mental health and performance interventions: Coping and social support for student-athletes. Journal of Applied Sport Psychology, 33(1), 4–19.

Freeman, P. (2021). Social support. Stress, Well-Being, and Performance in Sport, 240–258.

Freeman, P., Coffee, P., Moll, T., Rees, T., & Sammy, N. (2014). The ARSQ: the athletes’ received support questionnaire. Journal of Sport & Exercise Psychology, 36(2), 189–202. https://doi.org/10.1123/jsep.2013-0080

Gunes, E., & Yetim, A. (2023). Coping with stress and self-confidence in athletes: A Review. Journal of Theory and Practice in Sport, 2(1), 46–63.

Hamlin, M. J., Wilkes, D., Elliot, C. A., Lizamore, C. A., & Kathiravel, Y. (2019). Monitoring training loads and perceived stress in young elite university athletes. Frontiers in Physiology, 10, 34.

Hwang, S., & Choi, Y. (2016). Data mining in the exploration of stressors among NCAA student athletes. Psychological Reports, 119(3), 787–803.

Kegelaers, J., & Wylleman, P. (2019). Exploring the coach’s role in fostering resilience in elite athletes. Sport, Exercise, and Performance Psychology, 8(3), 239.

Komarudin, K. (2015). Psikologi olahraga. Bandung: Rosda Karya.

Komarudin, M. P., Saputra, M. Y., Awwaludin, P. N., Febrianty, M. F., & Novian, G. (2024). Model Latihan Kognisi dalam Olahraga. Indonesia Emas Group.

Kuokkanen, J., Romar, J.-E., & Hirvensalo, M. (2024). Social support, engagement, and burnout: A comparative analysis of student athletes and regular students in Finnish lower secondary schools. SAGE Open, 14(2), 21582440241256224.

Ma’rufa, N. H., & Nashori, F. (2024). Peran Regulasi Emosi Terhadap Stres Akademik Pada Mahasiswa Pemegang Beasiswa. MOTIVA: JURNAL PSIKOLOGI, 7(2), 201–214.

Maharani, P. M., Komarudin, K., Saputra, M. Y., & Novian, G. (2024). Kepercayaan Diri Dan Self-Talk: Studi Deskriftif Pada Atlet Lompat Jauh. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 23(3), 197–206.

Mauzy, J., Bowman, T. G., Mazerolle, S. M., & Fister, C. L. (2015). Factors of stress, burnout, and frustrations experienced by athletic training students. Internet Journal of Allied Health Sciences and Practice, 13(2), 5.

Norris, L. A., Didymus, F. F., & Kaiseler, M. (2020). Understanding social networks and social support resources with sports coaches. Psychology of Sport and Exercise, 48, 101665.

Purnamasari, I., & Novian, G. (2021). Tingkat kepercayaan diri dan kecemasan atlet pplp jawa barat selama menjalani training from home (TFH) pada masa adaptasi kebiasaan baru (AKB). Jurnal Patriot, 3(2), 203–213.

Putra, B. D. M., & Kurniawan, A. (2023). Life Stress Sebagai Prediktor Performance Satisfaction Pada Atlet Liga Mahasiswa. Berajah Journal, 3(1), 239–248.

Putri, T. G. C. (2023). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dan Ketangguhan Mental Dengan Kecemasan Bertanding Pada Atlet Panjat Tebing. Universitas Airlangga.

Robaiyani, S., Azizah, I. N., Ahyauddin, M. M., Sultonah, N., Aula, S. T., & Aini, D. K. (2024). Penerapan Teknik Relaksasi Pernapasan Dalam dan Relaksasi Benson Untuk Mengatasi Stres pada Mahasiswa di Ma’had Al Jami’ah UIN Walisongo Semarang. Jurnal Pengabdian Sosial, 2(2), 2951–2961.

Shang, Y., & Yang, S.-Y. (2021). The effect of social support on athlete burnout in weightlifters: The mediation effect of mental toughness and sports motivation. Frontiers in Psychology, 12, 649677.

Shi, C., Wang, Y., Chen, J., Wang, Z., Gao, X., Fan, Y., Mao, Y., & Wang, P. (2025). Effects and mechanisms of social support on the adolescent athletes engagement. Scientific Reports, 15(1), 7018.

Simbolon, M., Berliana, B., Mulyana, M., Hamzah, A., Sartika, D., & Safitri, N. (2020). The relationship among organizational stressor, social support, and sports performance on athletes achievements. 4th International Conference on Sport Science, Health, and Physical Education (ICSSHPE 2019), 152–156.

Simons, E. E., & Bird, M. D. (2023). Coach-athlete relationship, social support, and sport-related psychological well-being in National Collegiate Athletic Association Division I student-athletes. Journal for the Study of Sports and Athletes in Education, 17(3), 191–210.

Subekti, M. R. (2024). Peran Mental Toughness Peserta Didik Dalam Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan Mental Peserta Didik, 158–174.

Downloads

Published

30-06-2025

Issue

Section

Articles