Manajemen Pengelolaan Sarana & Prasarana Keolahragaan
DOI:
https://doi.org/10.26486/jsh.v3i2.2942Keywords:
Manajemen, Sarana Prasarana, KeolahragaanAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahuimanajemen pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan jasmani di Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Bina Guna. Penelitian ini dilakukan di SD dan SMP Bina Guna. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan model pendekatan naturalistik. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi data.Teknik analisis data menggunakan model interaktif melalui tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini, pada manajemen perencanaan sarana dan prasarana pendidikan jasmani di SD dan SMP Bina Guna telah berjalan dengan mekanisme sesuai petunjuk teknis pengelolaan dana dari yayasan maupun dana pemerintah pusat melalui BOS pada RKA sekolah. Pada bidang manajemen pengadaan sarana dan prasarana telah dilaksanakan dengan baik secara bertahap oleh sekolah setiap tahunnya terlihat dari dokumen perencanaan anggaran berupa pembelian sarana-sarana sebesar 15 % dan pengadaan prasarana sebesar 10 % dari Rencana Kerja Anggaran (RKA). Pada bidang manajemen penyimpanan sarana dan prasarana pendidikan jasmani dalam implementasinya masih belum optimal dilaksanakan oleh lembaga SD dan SMP Bina Guna, penyimpanan sarana-prasarana olahraga masih disimpan di ruangan guru, fasilitas buku di perpustakaan kampus STOK Bina Guna. Bidang manajemen pemeliharaan sarana dan prasarana telahdilaksanakan oleh SD dan SMP dengan baik, indikator pelaksanaanyasetiap fasilitas berupasarana, perlengkapan, buku-buku di inventarisasi dan diberi pengkodean untuk setiap jenisbarang/alatnya dan pemeliharaan lain pada aset prasarana sekolah telah dianggarkan pembiayaannya secara rutin diambil dari dana yayasan sebesar 5%.References
Arsani, N. L. K. A. (2014). Manajemen gizi atlet cabang olahraga unggulan di kabupaten Buleleng. JST (Jurnal Sains Dan Teknologi), 3(1).
Haryadi, W. M., Pratidina, G., & Seran, M. Y. G. G. (2017). Studi manajemen pembinaan olahraga sepak bola di klub persatuan sepak bola kota bogor oleh kantor pemuda dan olahraga kota bogor. Jurnal Governansi, 2(1), 45–50.
Lubis, A. E., & Nugroho, A. (2021). First Aid Training Model for Physical Education Teachers. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 4(2).
Mahendra, A. (2017). Pengembangan Manajemen Kelas Olahraga: Pokok-pokok Pikiran tentang Pengembangan Pembinaan Olahraga Bagi Pelajar. JTIKOR (Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan), 2(2), 96–105.
Mulyadiono, A. (2021). PENTINGNYA MANAJEMEN OLAHRAGA TERHADAP PERKEMBANGAN PRESTASI DAN PEMBINAAN TIM FUTSAL SUMUR WARU. Jurnal Edukasimu, 1(3).
Natal, Y. R. (2018). Manajemen Pembinaan Olahraga Atletik Lari Jarak Jauh 10.000 Meter pada Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 5(1), 15–23.
Nugroho, A., & Lubis, A. E. (2021). Model Estafet Games pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani untuk Siswa Tunagrahita. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(3).
Parena, A. A., Rahayu, T., & Sugiharto, S. (2017). Manajemen Program Pembinaan Olahraga Panahan pada Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Provinsi Jawa Tengah. Journal of Physical Education and Sports, 6(1), 1–6.
Priyono, B. (2012). Pengembangan Pembangunan Industri Keolahragaan Berdasarkan Pendekatan Pengaturan Manajemen Pengelolaan Kegiatan Olahraga. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 2(2).
Purnama, S. (2017). Pengaruh Manajemen Fasilitas Olahraga dan Layanan Guru Terhadap Efektivitas Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Journal Sport Area, 2(2), 105–114.
Rahmat, Z. (2018). EVALUASI MANAJEMEN PENGELOLAAN PELATIHAN KLUB OLAHRAGA ATLETIK BINAAN DISPORA PROVINSI ACEH. Jurnal Penjaskesrek, 5(1), 87–96.
Rahmawati, I. D. (2017). Manajemen Sumber Daya Olahraga Tenis Lapangan. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 3(1), 25–31.
Rawe, A. S. (2018). Analisis Manajemen Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Dalam Meningkatkan Prestasi Olahraga di Kabupaten Ende. SPORTIVE: Journal Of Physical Education, Sport and Recreation, 1(2), 1–17.
Rumini, R. (2015). Manajemen Pembinaan Cabang Olahraga Atletik di Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Provinsi Jawa Tengah. Journal of Physical Education Health and Sport, 2(1), 20–27.
Saputra, A. F. D. (2017). Manajemen Pembinaan Olahraga Prestasi KONI Kabupaten Tuban. Jurnal Prestasi Olahraga, 1(1), 2017.
Saputro, A. A., & Synthiawati, N. N. (2021). EFEKTIFITAS WHATSAPPS GROUP PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH MATA KULIAH MANAJEMEN OLAHRAGA SELAMA COVID-19. STAND: Journal Sports Teaching and Development, 2(1), 20–25.
Saputro, A., Setyo, H., & Indardi, N. (2019). ANALISIS MANAJEMEN OLAHRAGA REKREASI CAVING GOA PANCUR KABUPATEN PATI TAHUN 2016. Journal of Sport Science and Fitness, 5(1), 26–31.
Sunarno, A. (2018). Peningkatan Kapasitas Manajemen Olahraga Pengurus Provinsi Cabang Olahraga di Sumatera Utara. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 17(1), 1–4.
Syahroni, M., Pradipta, G. D., & Kusumawardhana, B. (2019). Analisis Pembinaan Prestasi terhadap Manajemen Olahraga Sekolah Sepak Bola (SSB) Se-Kabupaten Pati Tahun 2019. JOSSAE (Journal of Sport Science and Education), 4(2), 85–90.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Fair Play Mercu Buana agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Jurnal Fair Play Mercu Buana right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JPSB. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JPSB.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).