DAMPAK GAYA HIDUP DAN PERSEPSI TERHADAP SIKAP KONSUMEN DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN MELALUI APLIKASI ONLINE (GO FOOD) (Studi Pada Mahasiswa di Wilayah Surakarta)

Authors

  • Aris Tri Haryanto
  • Septiana Novita Dewi

DOI:

https://doi.org/10.26486/jpsb.v13i1.4828

Keywords:

Gaya Hidup Persepsi, Sikap, Keputusan Pembelian

Abstract

Aplikasi Go-Food merupakan sebuah fitur layanan food delivery layaknya delivery order di sebuah rumah makan. Dengan maraknya bisnis yang menggunakan aplikasi Go-Food membuat pengusaha UMKM berupaya meningkatkan omset penjualannya dengan menggunakan layanan food delivery. Layanan semacam Go-Food yang semakin diminati masyarakat di era digital saat ini, mereka menutut layanan yang praktis dan cepat. Berdasarkan fenomena tersebut, penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan secara empiris dari dampak gaya hidup dan persepsi terhadap sikap konsumen dan keputusan pembelian makanan khususnya di Wilayah Surakarta. Obyek dalam penelitian ini

adalah yang berstatus mahasiswa, hal ini disebabkan karena mahasiswa yang diyakini memiliki potensi cukup besar untuk menggunakan aplikasi Go-Food, selain itu mahasiswa lebih kreatif dan sering mencoba tantangan-tatangan baru dalam perkembangan tekhnologi. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 96 responden dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya hidup dan persepsi berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap. Gaya hidup, persepsi dan sikap berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil perhitungan nilai R2 total sebesar 0,899 dapat diartikan variasi keputusan pembelian mahasiswa yang menggunakan aplikasi online (go food) di Wilayah Surakarta dijelaskan oleh variabel gaya hidup, persepsi dan sikap sebesar 89,9%. Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa pengaruh langsung gaya hidup terhadap keputusan pembelian menghasilkan nilai lebih besar dibandingkan pengaruh tidak langsung, sehingga lebih efektif melalui jalur langsung. Pengaruh langsung persepsi terhadap keputusan pembelian menghasilkan nilai lebih besar dibandingkan pengaruh tidak langsung, sehingga lebih efektif melalui jalur langsung.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arinda Putri Oktaviana dan Setiyo, 2015. Pengaruh Gaya Hidup Dan Persepsi Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Martphone Android Merek Samsung (Studi Pada Mahasiswa S1 Manajemen Angkatan 2012-2014 Universitas Negeri Surabaya). Program Studi PendidikanTata Niaga, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya

Ghozali, Imam, 2001, “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS”, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang

Kotler, P. dan Armsrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta:Erlangga

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran, (13th ed.) Jilid Satu. Jakarta: Erlangga

Makmuri Muchlas. 2008. Perilaku Organisasi. Yogyakarta. Gajah Mada University Pers (www.google.com di akses September 2014).

Schifman L.G. & Kanuk L.L. (2007). Consumer Behaviour 7th Edition. New Jersey : Prentice Hall International.

Setiadi, J Nugroho 2010. Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran, Edisi Revisi, Kencana Media Group. Jakarta

Setiadi, Nugroho.J. (2008). Perilaku Konsumen.Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Sri, Zuhriyah dan Silvia. 2015. Pengaruh Gaya Hidup Dan Persepsi Mahasiswa Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Kota Palembang. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vo.13 No.3 September 2015

Vernando Satria Wijaya, 2015. Pengaruh Motivasi, Persepsi, Motivasi, Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Honda Di Kawasan Kabupaten Kudus. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro

Vivi dan Liasta, 2014. Analisis Pengaruh Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Blackberry Pada Mahasiswa Manajemen Ekstensi Fakultas Ekonomi USU. Jurnal Manajemen Fakultas Ekonomi USU

Wike Warayuanti, 2011. Pengaruh Gaya Hidup Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Melalui Situs Belanja Online Di Indonesia (Studi Pada Kaskus, Tokobagus, Dan Berniaga Tahun 2013-2014). Universitas Telkom

Downloads

Published

2025-02-26