DAMPAK GAYA HIDUP DAN PERSEPSI TERHADAP SIKAP KONSUMEN DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN MELALUI APLIKASI ONLINE (GO FOOD) (Studi Pada Mahasiswa di Wilayah Surakarta)
DOI:
https://doi.org/10.26486/jpsb.v13i1.4828Keywords:
Gaya Hidup Persepsi, Sikap, Keputusan PembelianAbstract
Aplikasi Go-Food merupakan sebuah fitur layanan food delivery layaknya delivery order di sebuah rumah makan. Dengan maraknya bisnis yang menggunakan aplikasi Go-Food membuat pengusaha UMKM berupaya meningkatkan omset penjualannya dengan menggunakan layanan food delivery. Layanan semacam Go-Food yang semakin diminati masyarakat di era digital saat ini, mereka menutut layanan yang praktis dan cepat. Berdasarkan fenomena tersebut, penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan secara empiris dari dampak gaya hidup dan persepsi terhadap sikap konsumen dan keputusan pembelian makanan khususnya di Wilayah Surakarta. Obyek dalam penelitian ini
adalah yang berstatus mahasiswa, hal ini disebabkan karena mahasiswa yang diyakini memiliki potensi cukup besar untuk menggunakan aplikasi Go-Food, selain itu mahasiswa lebih kreatif dan sering mencoba tantangan-tatangan baru dalam perkembangan tekhnologi. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 96 responden dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya hidup dan persepsi berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap. Gaya hidup, persepsi dan sikap berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil perhitungan nilai R2 total sebesar 0,899 dapat diartikan variasi keputusan pembelian mahasiswa yang menggunakan aplikasi online (go food) di Wilayah Surakarta dijelaskan oleh variabel gaya hidup, persepsi dan sikap sebesar 89,9%. Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa pengaruh langsung gaya hidup terhadap keputusan pembelian menghasilkan nilai lebih besar dibandingkan pengaruh tidak langsung, sehingga lebih efektif melalui jalur langsung. Pengaruh langsung persepsi terhadap keputusan pembelian menghasilkan nilai lebih besar dibandingkan pengaruh tidak langsung, sehingga lebih efektif melalui jalur langsung.
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arinda Putri Oktaviana dan Setiyo, 2015. Pengaruh Gaya Hidup Dan Persepsi Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Martphone Android Merek Samsung (Studi Pada Mahasiswa S1 Manajemen Angkatan 2012-2014 Universitas Negeri Surabaya). Program Studi PendidikanTata Niaga, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya
Ghozali, Imam, 2001, “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS”, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang
Kotler, P. dan Armsrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta:Erlangga
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran, (13th ed.) Jilid Satu. Jakarta: Erlangga
Makmuri Muchlas. 2008. Perilaku Organisasi. Yogyakarta. Gajah Mada University Pers (www.google.com di akses September 2014).
Schifman L.G. & Kanuk L.L. (2007). Consumer Behaviour 7th Edition. New Jersey : Prentice Hall International.
Setiadi, J Nugroho 2010. Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran, Edisi Revisi, Kencana Media Group. Jakarta
Setiadi, Nugroho.J. (2008). Perilaku Konsumen.Jakarta: Kencana Prenada Media Grup
Sri, Zuhriyah dan Silvia. 2015. Pengaruh Gaya Hidup Dan Persepsi Mahasiswa Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Kota Palembang. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vo.13 No.3 September 2015
Vernando Satria Wijaya, 2015. Pengaruh Motivasi, Persepsi, Motivasi, Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Honda Di Kawasan Kabupaten Kudus. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro
Vivi dan Liasta, 2014. Analisis Pengaruh Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Blackberry Pada Mahasiswa Manajemen Ekstensi Fakultas Ekonomi USU. Jurnal Manajemen Fakultas Ekonomi USU
Wike Warayuanti, 2011. Pengaruh Gaya Hidup Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Melalui Situs Belanja Online Di Indonesia (Studi Pada Kaskus, Tokobagus, Dan Berniaga Tahun 2013-2014). Universitas Telkom
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aris Tri Haryanto, Septiana Novita Dewi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with (JPSB) Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the JPSB right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JPSB. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JPSB.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).