ANALISIS PENGARUH PRODUCT, PLACE, DAN PRICE TERHADAP KEPUTUSAN MENYEWA INDEKOS MELALUI PLATFORM MAMIKOS.COM PADA MAHASISWA DI YOGYAKARTA

Authors

  • Ahmad Maulana Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Rina Dwiarti Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.26486/jpsb.v12i2.3983

Keywords:

Kata Kunci : Product, Place, Price, Keputusan Menyewa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Product, Place, dan Price terhadap Keputusan Menyewa indekos melalui platform Mamikos.com pada mahasiswa di Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang pernah melakukan penyewaan indekos di platform Mamikos.com. Metode pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling, dengan teknik sampling ialah purposive sampling. Hasil uji instrumen menyatakan bahwa data dalam penelitian ini terbukti valid dan reliabel. Pada hasil uji Asumsi Klasik dinyatakan bahwa data dalam penelitian ini terdistribusi secara normal dan menghasilkan model regresi yang bebas dari multikolinearitas dan heterokedastisitas. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa : (1) Secara parsial Product berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Menyewa indekos melalui platform Mamikos.com, dibuktikan dengan nilai t-hitung sebesar 4,367 > t-tabel 1,66; (2) Secara parsial Place berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Menyewa indekos melalui platform Mamikos.com, dibuktikan dengan nilai t-hitung sebesar 3,806 > t-tabel 1,66; (3) Secara parsial Price berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Menyewa indekos melalui platform Mamikos.com, dibuktikan dengan nilai t-hitung sebesar 2.234 > t-tabel 1,66; (4) Secara simultan Product, Place dan Price berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Menyewa indekos melalui platform Mamikos.com, dibuktikan dengan nilai F-hitung sebesar 79,074 > F-tabel 2,70. Hasil ini membawa implikasi bagi peneliti selanjutnya untuk mengkaji perilaku konsumen secara lebih mendalam pada beragam bisnis jasa penyewaan indekos lainnya atau industri sejenis. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam ilmu pengetahuan dan pengembangan strategi pemasaran bagi pemilik indekos ataupun pengelola platform penyedia layanan sewa indekos online untuk lebih memahami preferensi dan kebutuhan mahasiswa sebagai konsumen.

References

alma, B. (2013). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Amelisa, L., Yonaldi, S., & Mayasari, H. (2016, September). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Gula Tebu (Studi Kasus Koperasi Serba Usaha Kabupaten Solok). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, Volume 7, Nomor 3, 1-13.

Amilia, S., & Iriyani. (2019). Pengaruh Lokasi, Harga Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Sewa Kamar Kost Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Samudra. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, Vol 8, No 3, 267-280.

Cynthia, D., Hermawan, H., & Izzudin, A. (2022). Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Adminsitrasi Dan Pelayanan Publik Universitas Bina Taruna Gorontalo Volume Ix Nomor 1, 104-112.

Destarini, F., & Prambudi, B. (2020). Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen 212 Mart Condet Batu Ampar. Jurnal Ekobis: Ekonomi, Bisnis & Manajemen Volume 10 Nomor 1, 58-66.

Gusrita, D., & Rahmidani, R. (2018). Pengaruh Marketing Mix Dan Lingkungan Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Online Pakaian Wanita Di Kota Padang. Ecogen Volume 1, Nomor 4, 944-954.

Hardiansyah, F., Nuhung, M., & Rasulong, I. (2019). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran Singapore Di Kota Makassar. Urnal Profitability Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 90-107.

Harjanto, D. (2016). Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Pada Cv. Interhouse Design. Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnisvolume 1, 376 -381.

Ilhami, M. D., & Feri, Y. (2023). Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Sewa Kamar Kost (Studi Kasus Pada Mahasiswa Yang Sewa Kamar Kost Di Kawasan Adam Malik Km.9 ). Journal Of Indonesian Management, Vol. 3 No. 2, 229-240.

Iqbal, M. (2020). Faktor-Faktor Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Menginap Di Hotel Bintang Lima Kota Palembang. Integritas Jurnal Manajemen Profesional (Ijmpro), 161.

Jannah, F. (2019). Skripsi : Analisis Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Tempat Indekos (Studi Kasus Mahasiswa S1 Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang). Semarang: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles Of Marketing Seventeeth Edition. Pearson Education Limited.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles Of Marketing Seventeeth Edition. Pearson Education Limited.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2014). Manajemen Pemasaran, Edisi Ke13, Jilid 1&2. (A. B. Sabran, Trans.) Jakarta: Erlangga.

Mujiyana, I. E. (2013, September). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Via Internet Pada Toko Online. J@Ti Undip, Vol Viii, No 3, 144.

Paruntu, J., Hatidja, D., & Langi, Y. A. (2021). Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Indekos Dengan Analisis Faktor. Jurnal Ilmiah Sains, 119-123.

Rasti, H. (2015). Pengaruh Lingkungan, Harga, Fasilitas, Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Memilih Jasa Rumah Kost Di Kawasan Limau Manis Dan Jati. . Skripsi. Universitas Andalas, Padang.

Rawung, D. R., Oroh, S. G., & Sumarauw, J. S. (2015). Analisis Kualitas Produk, Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki Pada Pt. Sinar Galesong Pratama Manado. Jurnal Emba, 1298-1308.

Tjahjono, A., Semuel, H., & Brahmana, R. K. (2013). Analisa Marketing Mix, Lingkungan Sosial, Psikologi Terhadap Keputusan Pembelian Online Pakaian Wanita. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 1, No. 2, 1-9.

Tjiptono, F. (2015). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F. (2016). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality Dan Satisfaction 4. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2019). Kepuasan Pelanggan, Konsep, Pengukuran, Dan Strategi. Yogyakarta: Andi.

Widyakto, A., & Putra, Y. P. (2023). Analisis Pengaruh Harga, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Konsumen Menyewa Lapagan Bulutangkis Pb Saba Semarang. Jmec: Journal Of Management, Entrepreneur And Cooperative, 19-27.

Downloads

Published

2024-08-20

Issue

Section

Articles