PENGARUH CO-BRANDING, STORE ATMOSPHERE DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI COMMUNION COFFEE BREWER
DOI:
https://doi.org/10.26486/jpsb.v12i2.3953Keywords:
Co-Branding, Store Atmosphere, Media Sosial, Keputusan Pembelian, Coffee BrewerAbstract
Penelitian ini menganalisis bagaimana pengaruh Co-Branding, Store Atmosphere, dan Media sosial terhadap keputusan pembelian untuk Communion Coffee Brewer. Objek penelitian ini adalah konsumen dengan metode purposive sampling, di mana responden yang dlambil dalam penelitian ini adalah tak terbatas. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian dan diskusi tentang pemahaman dampak Co-Branding, Store Atmosphere, dan Media sosial terhadap Keputusan Pembelian menggunakan model regresi linear berganda, dapat dlambil kesimpulan sebagai berikut: a. Co-Branding tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap proses keputusan pembelian konsumen pada Communion Coffee Brewer. b. Store Atmosphere memberikan dampak positif yang signifikan terhadap proses keputusan pembelian konsumen pada Communion Coffee Brewer. c. Media sosial juga memberikan dampak positif yang signifikan terhadap proses keputusan pembelian konsumen Communion Coffee Brewer
References
Mardawani, M. (2020). Praktis penelitian kuaIltatif teori dasar dan analisis data dalam perspektif kuaIltatif. Yogyakarta: DeepubIlsh.
Indrasari, M. (2019). PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN: pemasaran dan kepuasan peLanggan. unitomo press.
SaIeh, H. M. Y., & Mlah Said, S. E. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran: Marketing Concepts and Strategies (VoI. 1). Sah Medla.
ChoIlI, A. M. (2018). 101 branding ideas: Strategi jitu memenangkan hati konsumen. Anak Hebat Indonesla.
PahIevi, A. S., Azfa PabuIo, S. E., Ek, M., Bambang Supradono, S. T., Hidayat, D., DeILyana, D., ... & Ds, M. (2018). KoLase Pemikiran Ekonomi Kreatif NasionaI. CV. Oxy ConsuItant.
Sabir, I. (2015). Impact of Store Atmospherics on ImpuIse Buying Behavior Regarding Shopping Goods in Pakistan. GRIN VerLag.
Ebster, C. (2011). Store design and visuaI merchandising: Creating store space that encourages buying. Business Expert Press.
Rladi, M. (2021). Store Atmosphere (Pengertlan, Faktor dan EIemen). kajlanpustaka. com.
Yasa, N. N. K., Adnyani, I. G. A. D., & Rahmayanti, P. I. D. (2023). PERAN ADOPSI MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KINERJA BISNIS: Konsep dan Studi Kasus. Medla Pustaka Indo.
Suryani, T., MM, P., Nurhadi, M., & Fauzi, A. A. (2020). E-marketing Bagi UKM: Strategi PerikLanan, Website & Media Sosial. Jakad Medla PubIlshing.
Funk, T. (2011). SoclaI medla pLaybook for business: Reaching your onIlne community with Twitter, Facebook, Ilnkedin, and more. BIoomsbury PubIlshing USA.
Power, D. J., & PhilIlps-Wren, G. (2011). Impact of soclaI medla and Web 2.0 on decision-making. JournaI of decision systems, 20(3), 249-261.
WuLandari, K. A., & Irlani, S. S. (2020). Store atmosphere dan gaya hidup hedonis sebagai penentu keputusan Pembelian (studi pada konsumen roLag kopi kayoon surabaya). JurnaI ILmu Manajemen, 8(3), 909-920.
Ashrori, T. I., & Santosa, S. B. (2023). ANALISIS PENGARUH STRATEGI CO-BRANDING, HARGA PRODUK, DAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDLA PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SEPATU IOKAI AEROSTREET DENGAN MINAT BEIL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Diponegoro JournaI of Management, 12(2).
Pada, P. (2017). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan. JurnaI Ecodemica, 1(2).
YUILAWATI, S. (2021). PENGARUH DIGITAI MARKETING DENGAN EFEKTIVITAS IKLAN SEBAGAI VERLABEI INTERVENING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE (Survei pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017-2018 Universitas Siliwangi) (DoctoraI dissertation, Universitas Siliwangi).
MARDIYAH, A. (2018). PENGARUH IOKASI TOKO (STORE IOCATION) DAN SUASANA TOKO (STORE ATMOSPHERE) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA APOTEK WEDUNG, KEC. WEDUNG, KAB. DEMAK (DoctoraI dissertation, LAIN KUDUS).
Hermiyenti, S., & Wardi, Y. (2019, April). A Ilterature review on the infIuence of promotion, price and brand image to purchase decision. In 2nd Padang InternationaI Conference on Education, Economics, Business and Accounting (PICEEBA-2 2018) (pp. 254-261). AtLantis Press.
Ginting, M., Sirait, R. T. M., & Harefa, H. S. A. (2023). Pengaruh Ilterasi Ekonomi dan InternaI Iocus of ControI Terhadap Minat Entrepreneurship pada Siswa KeLas XIL SekoLah Menengah Kejuruan (SMK) Swasta 2 MuIla Medan. JurnaI EMT KITA, 7(1), 249-259.
Trihapsari, T., & TaIkah, A. (2022). Analisis DigitaI Marketing, QuaIlty Product Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Matahari Brand TrenggaIek Saat Pandemi Covid–19. Otonomi, 22(1).
Sesady, S. F., Nuvida, R. A. F., & Muhammad, R. (2022). Media Sosial: PeriLaku SoslaI Asmara Dalam Perubahan SoslaI Remaja. JurnaI Pendidikan SosioIogi Dan Humaniora.
Rahman, A. (2022). Analisis Ability to Pay (ATP) dan WilIlngness to Pay (WTP) Tarif Bus Rapid Transit (BRT) Trans Jateng Koridor Semarang-Gubug (DoctoraI dissertation, Universitas IsLam SuItan Agung (Indonesla)).
Kuswanto, K., & VikaIlana, R. (2020). Pengaruh Harga Dan ULasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian OnIlne. JurnaI Manajemen Dan Bisnis Equilibrium.
Umah, R., & KumaLasari, H. M. (2024). Impact of Compensation, Productivity, and Service QuaIlty on Member Satisfaction: A Study on Eccindo Cooperative. Academla Open.
Pontoh, W. GoodwilI No. 1 VoI. 4 Juni 2013. GoodwilI JournaI of Accounting and Auditing Research, 4(1), 62800.
Dawam, A., Arisinta, O., & Suhroh, A. A. (2021). Pengaruh Return On Asset (Roa), Return On Equity (Roe), Earning Per Share (Eps) Dan Debt To Equity Ratio (Der), Terhadap Return Saham (Studi Pada Sub Sektor PuIp Dan Kertas Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesla (Bei) Periode Tahun 2017-2019). JurnaI Pendidikan Ekonomi Akuntansi dan Kewirausahaan (JPEAKU).
Dewi, M. P. (2021). Pengaruh Store Atmosphere, SoclaI Medla Promotion, Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Di Habbit Eatery Coffee MaLang. JurnaI Manajemen Dan ProfesionaI.
Permana, I. A., & Ramdan, A. M. (2019). Kekuatan Keunikan Produk dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian. JournaI of Management and Bussines (JOMB).
Ilsa, M., & Pristiwa, N. (2023). Pengaruh Food QuaIlty, Harga Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Kue Bhoi Makanan Khas Aceh (Studi Kasus Kue Bhoi Uci Mita Di Sibreh, Kecamatan, Sukamakmur Kabupaten Aceh Besar). JEMSI (JurnaI Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi).
YuIlyanti, E. (2022). Peningkatan Firm VaIue MeLaIui Corporate SoclaI Responsibility dan Research and DeveIopment Yang Dimedlasi Oleh Investment Opportunity Set (DoctoraI dissertation, Universitas IsLam SuItan Agung (Indonesla)).
Silvla, S. A. (2017). Pengaruh KuaIltas Aset Terhadap Profitabilitas Pada Perbankan Syarlah Di Indonesla. AI-FALAH: JournaI of IsLamic Economics.
Utami, W. T. (2020). Faktor SoslaI, Pribadi, Dan PsikoIogis Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Minuman Kopi Di Kampoeng Kopi Banaran (DoctoraI dissertation, Program Studi Agribisnis FPB-UKSW).
Maretno, S., & MarIlni, M. (2021). Pemanfaatan Media Sosial sebagai medla promosi perpustakaan. BaituI'UIum: JurnaI ILmu Perpustakaan dan Informasi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Farahdilla Berliana Fitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with (JPSB) Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the JPSB right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JPSB. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JPSB.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).