Pengaruh Online Customer Review, Citra Merek, dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli di Instagram
DOI:
https://doi.org/10.26486/jpsb.v11i2.3795Keywords:
Online Customer Review, Citra Merek, Kualitas Produk, Minat Beli, Brand Image, Product Quality, Buying InterestAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh online customer review, citra merek, dan kualitas produk terhadap minat beli kosmetik Jafra di instagram. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa online customer review, citra merek, dan kualitas produk secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli kosmetik Jafra. Penelitian ini membuktikan bahwa semakin baik online customer review, semakin kuat citra merek, dan semakin baik kualitas produk maka akan mendorong peningkatan minat beli kosmetik Jafra di media sosial Instagram.
References
Alfian, M. (2016). Skripsi. Efektivitas peningkatan vo2max dengan metode kontinyu dan fartlek pada atlet sekolah sepakbola matra utama tahun 2016. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Ardiyati, M. B., & Saputra, A. R. P. (2023). Analisis Kemampuan Kerja, Komunikasi, dan Konflik Kerja-Keluarga terhadap Kepuasan Kerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.17509/jpm.v8i1.47981
Benowati, S. G., & Purba, T. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Beli Kosmetik Wardah Di Kota Batam. Jurnal ilmiah ekonomi dan bisnis triangle, 1(2), 356-370.
Bisnis Angkatan 2014/2015/2016 Pembeli Handphone Samsung Galaxy). Jurnal Administrasi Bisnis.
Consumer Online Rating and Review Terhadap Minat Beli Konsumen
Consumer Online Rating and Review To Buying. E-Proceeding of
Erlitna, K. G & Soesanto, H., 2018. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Positive Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management, 7(4), pp. 1-15.
Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Jurusan Administrasi
Farasila, I., & Pradekso, T. (2020). Hubungan Terpaan Iklan Pada Akun Instagram @sociolla dan Terpaan Online customer review Pada Sociolla Connect dengan Keputusan Pembelian Produk Kecantikan di Sociolla. Interaksi Online, 8(4), 133-141.
Farki, A., & Baihaqi, I. (2016). Pengaruh Online Customer Review dan Rating Terhadap Minat Pembelian pada Online Marketplace di Indonesia. Jurnal Teknik ITS.
Gunawan, Robby. 2021 “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Masa Pandemi Covid-19 Pada Konsumen Umkm Ikan Lele Di Desa Purwodadi Kecamatan Pagar Merbau” Medan : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Habibah, Sumiati. (2016). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian produk kosmetik wardah di kota Bangkalan Madura. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol 1, No 1.
Hasyim, M. A., Fauzi, A., & Fanani, D. (2017). Pengaruh Citra Merek Terhadap
Ichsan, M., Jumhur, H. M., Hum, M., & Dharmoputra, I. S. (2018). Pengaruh
Indika, D. R.; Jovita, C. (2017). Media Sosial Instagram sebagai Sarana Promosi
Insani, Erlang Prima.(2013). “Analisis Pengaruh Kenyamanan Terhadap Minat Beli Secara Online Pada Pemesanan Tiket Kereta Api Melalui Website Resmi PT. KAI.” Sains.
Julianti, Sri. (2014). The Art Of Packaging, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Kanitra, A. R., & Kusumawati, A. (2018). Pengaruh Country Of Origin Dan Online Consumer Review Terhadap Trust Dan Keputusan Pembelian.
Kotler Philip, Kevin Lane Keller .(2016). Merketing Management. Edisi 13. Jilid 2. Edition : Pearson Prentice.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga
Management, 5(2), 1828–1835.
Martono, M., dan S. R Iriani. (2015). “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Batik Sendang Duwur Lamongan”, Jurnal Ilmu Manajemen, Vol. 2, No. 2, pp. 687-699
Mirabi, V., Akbariyeh, H., &Tahmasebifard, H. (2015). A Study of Factors Affecting on Customers Purchase IntentionCase Study: the Agencies of Bono Brand Tile in Tehran. Journal of Multidisciplinary Engineering Science and Technology (JMEST)Vol. 2 Issue 1
Nugraheni,D. P. & Dwiyanto, B. M., 2016. Pengaruh Citra Merek, Presepsi Harga dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management, 5(1), pp. 1 -13.
Pada Marketplace Tokopedia Di Wilayah Dki Jakarta Effect of
Pemasaran Indonesia.
Putri, A. D. E., & Ramli, Y. (2019). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Memperhatikan Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Pada Produk Kosmetik Wardah. IX(1), 11–21.
Rahayu, R. T. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Online Pada Mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah FEBI Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Jurnal Muamalah Nstitut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Sanad, Ahmad. 2018 “Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Citra Merek Dan Promosi Tehadap Minat Beli Local Brand Pada Produk Fashion (Studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta)” Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Saputra, A. R. P., Haryono, T., & Untoro, W. (2019). Green Products Strategy Impact Of Generic Porter Strategy On Company’s Performance. International Review of Management and Marketing, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.32479/irmm.7170
Saputra, A. R. P., Subarjo, S., Udjang, R., & Mulya, F. R. Q. (2022). Exploration Of Food Green Product Indicators In Indonesia: Studies On Respondents Having Used Food Green Products. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 6(4), Article 4. https://doi.org/10.29040/ijebar.v6i4.3734
Sari S, 2019, Pengaruh Kelompok Referensi, Online customer review Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Generasi Milenial Natasha Skin Clinic Center), Skripsi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Magelang.
Satria, A.A. 2017. Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Perusahaan A-36, Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, vol 2, no 1.
Sekaran, Uma. (2011). Research Methods for business Edisi I and 2. Jakarta: Salemba Empat.
Tilaar.F, S.L.H.V.J.Lapian., & F.Roring. (2018). Pengaruh Kepercayaan dan Motivasi Terhadap Minat Beli Pengguna Shoppe secara Online pada Anggota Pemuda GMIM Zaitun Mahakeret. Jurnal EMBA, 6(4), 10.
untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, Vol. 1, No. 1, Hal. 25-32.
Usboko, Maria. 2018 “Pengaruh Citra Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Handphone Samsung (Studi pada Mahasiswa Universitas Sanata Dharma Yogyakarta)” Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Utami, Ruri Putri.(2017). “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Sayuran Organik Di Pasar Sambas Medan.” Jurnal Niagawan.
Wijaya, F. A., & Sugiaharto, S. (2015). Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Image Sebagai Variabel
Word Of Mouth Dan Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa
Wulandari, Ni Made Rahayu & I Ketut Nurcahya. (2015). “Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Clear Shampoodi Kota Denpasar,” E-Jurnal Manajemen Unud, 3909-3935.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Amah Amalia, Darmanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with (JPSB) Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the JPSB right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JPSB. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JPSB.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).