Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi E-Business pada CV Duta Computindo Pratama

Authors

  • Mochamad Fatchur Rohman Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika
  • Tesar Buri Anggara ekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26486/jpsb.v12i1.2666

Abstract

Inovasi data dapat mendorong industri dan mengubah cara bisnis dijalankan. Tak layak peran teknologi informasi dan komunikasi e-business menjadi pilihan utama di era digital 4.0. Karena semakin berkembangnya teknologi di era digital.Banyak perusahaan besar telah menggunakan teknologi informasi dan komunikasi e-commerce untuk memikirkan kembali strategi bisnis mereka. Teknologi informasi dan komunikasi menjadi penunjang dalam keberhasilan strategi pemasaran produk sebuah perusahaan.Tekonologi merupakan aset utama dimana perusaahaan lebih mudah untuk menjangkau pelanggan dalam persaingan pasar global. Teknologi informasi dan komunikasi atau disingkat dengan TIK adalah semua teknologi yang berhubungan dengan penanganan informasi. Sedangkan e-business adalah adalah kegiatan bisnis dengan melibatkan sistem informasi yang terhubung satu dengan lain dan terkomputerisasi. Dalam kajian ini menggunakan metode penelitian analisis deskriptif kualitatif dengan metode penugasan wawancara. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberi gambaran betapa sangat bermanfaatnya penggunaan teknologi informasi dan komunikasi ebusiness dengan harapan semua karyawan dapat memanfaatkan sistem teknologi informasi dan komunikasi e-business. Karena banyaknnya responden yang memilih strategi memanfaatkan teknologi dan informasi e-business selayaknya pemerintah memberi dukungan dan monitoring berupa pelatihan dan bimbingan teknis dalam sebuah perusahaan demi kemajuan dan persaingan perdagangan di era digital. Dimana sebuah perusahaan harus serta merta mengikuti perkembangan jaman yang semakin meningkat dalam hal teknologi informasi dan komunikasi e-business. Kata Kunci : Teknologi,komunikasi,e-business

References

Abdul Kadir & Terra Ch. Triwahyuni. 2013. Pengenalan Teknologi Informasi. Yogyakarta.

Aziz, A. (2015). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pengembangan Bisnis Pos. Buletin Pos Dan Telekomunikasi, 10(1), 35. https://doi.org/10.17933/bpostel.2012.100104

Basry, A., & Sari, E. M. (2018). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). IKRA-ITH INFORMATIKA : Jurnal Komputer Dan Informatika, 2(3), 53–60. http://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-informatika/article/view/266

Haag, S., P. Keen. 1996. Information Technology Tommorow,s Advantage Today.

McGrawHill.

P-issn, V. N. E., & Lubis, K. N. (2023). VISA : Journal of Visions and Ideas Peran Teknologi Dalam Perkembangan E -Business VISA : Journal of Visions and Ideas. 3(2), 434–442.

Romdonny, J. (2017). MANFAAT E-BUSINESS DALAM PEMASARAN BOLA SEPAK: Studi empiris pada PT. Sinjaraga Santika Sport (Triple S) Majalengka. Journal Industrial Servicess, 3(1), 1–4.

Thousani, H. F. A. F. ;Sunarti. (2015). Upaya Pengembangan E-Business Dalam Pemasaran Produk Secara Internasional (Studi Pada Akademi Bisnis Online Indonesia Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 23(1), 85986.

Harisno, Harisno, and Tri Pujadi, ‘E-Business Dan E-Commerce Sebagai Trend Taktik Baru Perusahaan’, CommIT (Communication and Information Technology) Journal, 3.2 (2009), 66 https://doi.org/10.21512/commit.v3i2.516

Manaf, Syahrial, Lily Dianafitry Hasan, Muhammad Musawantoro, and Faizal Akbar Zainal. 2020. “Pengaruh Kegiatan Pemasaran Online (E-Commerce) Terhadap Keunggulan Bersaing Produk Kuliner Tradisional Di Sulawesi Selatan.” PUSAKA (Journal of Tourism, Hospitality, Travel and Business Event) 2(1): 66–72.

Martin, E.Wainright. et.al. 1999. Managing Information Technology What Managers Need to

Know.

Miarso, Yusuf hadi, Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media

Group, 2004

Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Muntaqo, Rifqi, ‘Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Perkembangan Budaya Masyarakat’, Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 4.1 (2017), 12–20

Putranta, Hastha Dewa. 2004. Pengantar Sistem Dan Teknologi Informasi, Yogyakarta,

AMUS.

Ruslan, Rosady. 2007. Manajemen Public Realtions & Media Komunikasi: Konsepsi dan

Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Supriyanto, Aji. 2005. Pengantar Teknologi Informasi, Jakarta, Salemba Infotek.

Tampang, B. Limbong, ‘Peran LPTK Dalam Pengembangan Pendidikan Vokasi Di Indonesia’,

Paper Seminar Sistem Informasi Manajemen, 2007, 415–22

Turban, Efraim, et al. 2004. Electronic Commerce a Managerial Perspective. New Jersey :

Pearson Education International.

Williams dan Sawyer. 2003.Using Information Technology: A Practical Introduction to

Computers and Communications.London: CareerEducation.

Downloads

Published

2024-02-26

Issue

Section

Articles