Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi E-Business pada CV Duta Computindo Pratama
DOI:
https://doi.org/10.26486/jpsb.v12i1.2666Abstract
Inovasi data dapat mendorong industri dan mengubah cara bisnis dijalankan. Tak layak peran teknologi informasi dan komunikasi e-business menjadi pilihan utama di era digital 4.0. Karena semakin berkembangnya teknologi di era digital.Banyak perusahaan besar telah menggunakan teknologi informasi dan komunikasi e-commerce untuk memikirkan kembali strategi bisnis mereka. Teknologi informasi dan komunikasi menjadi penunjang dalam keberhasilan strategi pemasaran produk sebuah perusahaan.Tekonologi merupakan aset utama dimana perusaahaan lebih mudah untuk menjangkau pelanggan dalam persaingan pasar global. Teknologi informasi dan komunikasi atau disingkat dengan TIK adalah semua teknologi yang berhubungan dengan penanganan informasi. Sedangkan e-business adalah adalah kegiatan bisnis dengan melibatkan sistem informasi yang terhubung satu dengan lain dan terkomputerisasi. Dalam kajian ini menggunakan metode penelitian analisis deskriptif kualitatif dengan metode penugasan wawancara. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberi gambaran betapa sangat bermanfaatnya penggunaan teknologi informasi dan komunikasi ebusiness dengan harapan semua karyawan dapat memanfaatkan sistem teknologi informasi dan komunikasi e-business. Karena banyaknnya responden yang memilih strategi memanfaatkan teknologi dan informasi e-business selayaknya pemerintah memberi dukungan dan monitoring berupa pelatihan dan bimbingan teknis dalam sebuah perusahaan demi kemajuan dan persaingan perdagangan di era digital. Dimana sebuah perusahaan harus serta merta mengikuti perkembangan jaman yang semakin meningkat dalam hal teknologi informasi dan komunikasi e-business. Kata Kunci : Teknologi,komunikasi,e-businessReferences
Abdul Kadir & Terra Ch. Triwahyuni. 2013. Pengenalan Teknologi Informasi. Yogyakarta.
Aziz, A. (2015). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pengembangan Bisnis Pos. Buletin Pos Dan Telekomunikasi, 10(1), 35. https://doi.org/10.17933/bpostel.2012.100104
Basry, A., & Sari, E. M. (2018). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). IKRA-ITH INFORMATIKA : Jurnal Komputer Dan Informatika, 2(3), 53–60. http://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-informatika/article/view/266
Haag, S., P. Keen. 1996. Information Technology Tommorow,s Advantage Today.
McGrawHill.
P-issn, V. N. E., & Lubis, K. N. (2023). VISA : Journal of Visions and Ideas Peran Teknologi Dalam Perkembangan E -Business VISA : Journal of Visions and Ideas. 3(2), 434–442.
Romdonny, J. (2017). MANFAAT E-BUSINESS DALAM PEMASARAN BOLA SEPAK: Studi empiris pada PT. Sinjaraga Santika Sport (Triple S) Majalengka. Journal Industrial Servicess, 3(1), 1–4.
Thousani, H. F. A. F. ;Sunarti. (2015). Upaya Pengembangan E-Business Dalam Pemasaran Produk Secara Internasional (Studi Pada Akademi Bisnis Online Indonesia Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 23(1), 85986.
Harisno, Harisno, and Tri Pujadi, ‘E-Business Dan E-Commerce Sebagai Trend Taktik Baru Perusahaan’, CommIT (Communication and Information Technology) Journal, 3.2 (2009), 66 https://doi.org/10.21512/commit.v3i2.516
Manaf, Syahrial, Lily Dianafitry Hasan, Muhammad Musawantoro, and Faizal Akbar Zainal. 2020. “Pengaruh Kegiatan Pemasaran Online (E-Commerce) Terhadap Keunggulan Bersaing Produk Kuliner Tradisional Di Sulawesi Selatan.” PUSAKA (Journal of Tourism, Hospitality, Travel and Business Event) 2(1): 66–72.
Martin, E.Wainright. et.al. 1999. Managing Information Technology What Managers Need to
Know.
Miarso, Yusuf hadi, Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media
Group, 2004
Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Muntaqo, Rifqi, ‘Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Perkembangan Budaya Masyarakat’, Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 4.1 (2017), 12–20
Putranta, Hastha Dewa. 2004. Pengantar Sistem Dan Teknologi Informasi, Yogyakarta,
AMUS.
Ruslan, Rosady. 2007. Manajemen Public Realtions & Media Komunikasi: Konsepsi dan
Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Supriyanto, Aji. 2005. Pengantar Teknologi Informasi, Jakarta, Salemba Infotek.
Tampang, B. Limbong, ‘Peran LPTK Dalam Pengembangan Pendidikan Vokasi Di Indonesia’,
Paper Seminar Sistem Informasi Manajemen, 2007, 415–22
Turban, Efraim, et al. 2004. Electronic Commerce a Managerial Perspective. New Jersey :
Pearson Education International.
Williams dan Sawyer. 2003.Using Information Technology: A Practical Introduction to
Computers and Communications.London: CareerEducation.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mochamad Fatchur Rohman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with (JPSB) Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the JPSB right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JPSB. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JPSB.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).