PERILAKU MAHASISWA DALAM MELAKSANAKAN PEMBALAJARAN DARING DI MASA PANDEMI

Muhammad Fauzan

Abstract


Pandemi COVID - 19 adalah krisis kesehatan yang sedang terjadi di dunia saat ini. Banyak negara memutuskan untuk menutup sekolah, perguruan tinggi atau universitas bahkan menutup instansi atau perusahaan lainnya dalam upaya untuk menghentikan penyebaran atau memutus rantai penyebaran virus mirip flu tersebut yaitu virus corona atau yang biasa disebut dengan COVID - 19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi perilaku mahasiswa melaksanakan pembelajaran yang dilakukan secara daring atau online akibat dari adanya pandemi COVID - 19. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey menggunakan google form. jumlah responden penelitian ini adalah 50 mahasiswa. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang masih aktif. Hasil dari penelitian ini yaitu, pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 ini terdapat beberapa kendala yang dialami oleh Mahasiswa serta memberikan gambaran bagaimana kurang optimalnya pemahaman materi yang disampaikan oleh pengajar atau dosen mereka sehingga mengakibatkan kurangnya efektif pembelajaran.

Kata kunci : Perilaku perlajar, Dampak Pandemi Covid - 19


Keywords


PERILAKU MAHASISWA DALAM MELAKSANAKAN PEMBALAJARAN DARING DI MASA PANDEMI

Full Text:

XML

References


DAFTAR PUSTAKA

(a) Zapalska, A. and Brozik, D. (2006), "Learning styles and online education"(Gaya belajar dan pendidikan online), Campus-Wide Information Systems, Vol. 23 No. 5, pp. 325-335.https://doi.org/10.1108/10650740610714080

(b) Butler Kaler, C. (2012), "A model of successful adaptation to online learning for college‐bound Native American high school students"(Model adaptasi yang berhasil pada pembelajaran online untuk siswa sekolah menengah asli Amerika yang terikat perguruan tinggi), Multicultural Education & Technology Journal, Vol. 6 No. 2, pp. 60-76. https://doi.org/10.1108/17504971211236245

(c) Johan Jang,Agus Purwanto, Dian Purnamasari, Mohamad Ramdan, Leo Hutagalung, Stefy Falentino Akuba,Andi Sulistiyadi, Rudy Pramono, Innocentius Bernarto. (2020). Pendidikan Vokasi BTEC UK di Indonesia: "Phenomenology Study of the Essence of Students' Experience"(Studi Fenomenologi Esensi Pengalaman Peserta Didik), Jurnal of Education: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran,6(1) DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v6i1.2319

(d) Rudy Pramono, Sarliyani Sarliyani, Agus Purwanto.(2020). THE EVALUATION OF NARADA CUP SCHOOL SPORT PROGRAM USING CIPP EVALUATION MODEL.Jurnal pendidikan Jasmani dan Olah Raga.Vol 5, No 1 (2020). https://doi.org/10.17509/jpjo.v5i1

(e) Agus Purwanto*, Laksmi Mayesti Wijayanti, Masduki Asbari, Rudy Pramono, Priyono Budi Santoso, , Choi Chi Hyun, Ratna Setyowati Putri.(2020). “Exploratory Study of the Impact of the COVID-19 Pandemic on Online Learning Process in Primary Schools “(Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar), Jurnal Edukasi. Vol2, No1(2020)




DOI: https://doi.org/10.26486/jpsb.v9i1.1469

Article Metrics

Abstract view : 303 times
XML - 194 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Fauzan

Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis

Indexed by

 

 Creative Commons LicenseCrossref logo

Google ScholarDimensionsipiii.png

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.