EFEKTIVITAS INTERVENSI COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT) UNTUK MENURUNKAN PERILAKU MARAH PADA ANAK SEKOLAH DASAR

Authors

  • Kurniawati Budi Rahayu SDN 2 Sedeng, Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan
  • Rahma Widyana Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.26486/psikologi.v21i2.666

Keywords:

Cognitive Behavior Therapy (CBT), perilaku marah anak usia sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas intervensi Cognitive Behavior Therapy (CBT) untuk menurunkan perilaku marah pada anak Sekolah Dasar. Hipotesis yang diajukan pada panelitian ini adalah ada perbedaan frekuensi perilaku marah pada anak usia Sekolah Dasar sebelum dan sesudah mendapatkan perlakuan menggunakan Cognitive Behavior Therapy (CBT), Perilaku marah setelah perlakuan menggunakan CBT menurun. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 2 orang siswa. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah single case study berupa pengaruh intervensi Cognitive Behavior Therapy (CBT). Metode analisis yang digunakan adalah analisis visual inspection; analisis kualitatif yang diperoleh dari wawancara, observasi, dan catatan marah subjek; serta analisis kuantitatif menggunakan analisis non parametric (Wilcoxon). Hasil uji hipotesis pada penelitian ini pada subjek D sebesar Z= -2,207 dengan nilai p= 0,027 < 0,050, dan pada subjek A diperoleh besaran Z= -2,201 dengan nilai p= 0,028 < 0,050. Berdasarkan anaalisis tersebut diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan signifikan frekuensi perilaku marah pada subjek sebelum dan sesudah memperoleh intervensi Cognitive Behavior Therapy (CBT). Intervensi Cognitive Behavior Therapy (CBT) efektif untuk menurunkan frekuensi perilaku marah pada anak usia Sekolah Dasar.

References

Ayu, T.L. (2012). Program kereta anak tertib untuk menurunkan perilaku distruptif anak taman kanak-kanak. Tesis (Tidak diterbitkan). Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada

Beck, J.S. (2011). Cognitive behavior therapy: Basic and beyond (2nd ed.). New York: The Guilford Press.

Beck, R., & Fernandez, E. (1998). Cognitive-behavioral therapy in the treatment of anger: A meta-analysis. Cognitive Therapy and Research, 22(1), 63-74.

Berk, L.E. (2008). Infants, children, and adolescents. (6th ed.). USA: Pearson.

Brooks, Jane. (2011). The process of parenting. 8th ed. Singapore: McGraw Hill.

Bhave, S.Y., & Saini, S. (2009). Anger management. New Delhi, India: Sagepublication.

Borba, M. (2009). The big book of parenting solution. Jakarta: PT Elexmediakomputindo Gramedia.

DiGiuseppe, R., & Chip, T. (2007). Understanding anger disorders. New York: Oxford.

Faupel, A., Herrick, E., & Sharp, P. (2011). Anger management: A practical guide. (2nd ed.). Oxon: Routledge

Feindler, E. L & Engel E. C. (2011). Assesment and intervention for adolescents with anger and agression difficulties in school settings. Psychology in the School, Vol 48(3), p 243-254

Gentry, W.D. (2007). Anger management for dummies. Indiana: Wiley Publishing, Inc.

Geldard, C., & Geldard, D. (2001). Konseling remaja: Pendekatan proaktif untuk anak muda. Alih Bahasa: Eka A. Yogyakarta: Pustaka belajar.

Geldrad, K., & Geldrad, D. (2012). Konseling anak-anak. Sebuah pengantar edisi praktis. (3th ed). Jakarta: PT. Indeks.

Golden, B. (2003). Healthy anger: How to help children and teens manage their anger. New York: Oxford University Press.

Goleman, D. (1995). Emotional intellegence. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Goleman, D. (1997). Social intellegence: The new science of human relationship. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Hidayati, Z., & Wahyu, R.M. (2015). Time out dalam parenting. Erlangga: Jakarta

Kail, R.V. (2010). Children and their development (5th ed). USA: Pearson.

Kazdin, A.E., Sigel, T. & Bass. (1992). Cognitive problem-solving skill training and parent management training in the treatment of antisocial behavioral in children. Journal of Consulting and Clinical Psychology, 57, 733-747.

Kurniawan, Wahyu. (2014). Pengaruh terapi kognitif perilakuan untuk menurunkan gangguan perilaku menentang pada siswa MTS X di Yogyakarta. Tesis (tidak diterbitkan). Yogyakarta. Universitas Mercu Buana.

Latipun. (2006). Psikologi konseling. Malang: UMM Press.

Lemerise, E.A., & Harper, B.D. (2010). The development of anger from preschool to middle childhood: Expressing, understandingm and regulating anger, dalam Potegal, M., Stemmler, G., & Spielberger, C. International handbook of anger: Constituent and concomitant biological, psychological, and social processes. USA: Springer.

Mash, E.J., & Wolfe, D.A. (2012). Abnormal child psychology. Cangage Learning: USA.

Minde, K., Jason, R., & Hashemi, A. (2010). The effectiveness of CBT in 3–7 year old anxious children: Preliminary data. Journal of the Canadian Academy of Child and Adolescent Psychiatry, 19 (2): 109-115.

Taylor, J.L., & Novaco, R.W. (2005). Anger treatment for people with developmental disabilities: A theory, evidence and manual based approach. England. John Wiley & Sons

Santrock, J.W. (2007). Child development, eleventh edition. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Silverman, S., & DiGiuseppe, R. (2001). Cognitive-behavioral constructs and children’s behavioral emotional problems. Journal of Rational-Emotive & Cognitive Behavior Therapy, 19 (2).

Smith, S.W., Siegel, E.M., O’Connor, A.N., & Thomas, S. B. (1994). Effects of cognitive-behavioral training on angry behavior and aggression of three-elementary aged students. Behavioral Disorders, 19, 126-135.

Stallard, P. (2002). A cognitive behavior therapy workbook for children and young people. England: John Wiley & Sons, Ltd.

. Cognitive behaviour therapy with children and young people: A selective review of key issues. Journal of Behavioural and Cognitive Psychotherapy, (30), 297-309.

Stallard, P. (2005). A clinician’s guide to think good-feel good: Using CBT with children and young people. England: John Wiley & Sons, Ltd.

Suriadi, R.Y. (2006). Asuhan keperawatan pada anak (Edisi 2). Jakarta: Sagung setia.

Vicker, Bea. (2002). Cognitive behavior therapy for Adolescents with psychological disorders: a group treatment programme. Journal of Clinical Child Psychology and Psychiatry, Vol. 7 (2): 249-262

Downloads

Published

2019-09-06

How to Cite

Rahayu, K. B., & Widyana, R. (2019). EFEKTIVITAS INTERVENSI COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT) UNTUK MENURUNKAN PERILAKU MARAH PADA ANAK SEKOLAH DASAR. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 21(2), 62–77. https://doi.org/10.26486/psikologi.v21i2.666

Issue

Section

Articles