PERAN MAWADAH DAN RAHMAH DALAM KELUARGA TERHADAP IDENTITY ACHIEVEMENT PADA REMAJA AKHIR
DOI:
https://doi.org/10.26486/psikologi.v19i1.595Keywords:
Mawadah, Rahmah, dan Identity Achievement Pada Remaja Akhir.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan positif antara mawadah dan rahmah dengan identity achievement pada remaja akhir. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SMA Negeri di Lubuk Linggau sebanyak 125 orang. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Mawadah dan Rahmah yang dibuat oleh peneliti dengan mengacu pada aspek-aspek yang dikemukakan oleh Shihab (2007) dan Skala Identity Achievement Pada Remaja Akhir dengan mengacu pada aspek-aspek yang dikemukakan oleh Marcia (dalam Sprinthall dan Collins, 1995), Metode analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis korelasi parsial dan uji regresi ganda dengan menggunakan fasilitas program SPSS versi 13,0 untuk menguji apakah terdapat hubungan antara peran mawaddah dan rahmah dengan identity achievement pada remaja akhir. Hasil uji hipotesis a) peran mawaddah identity achievement diperoleh koefisien korelasi sebesar r= 0,346 dengan p = 0,000 (p < 0,01) yang artinya ada korelasi positif antara mawadah dengan identity achievement pada remaja akhir; b) peran rahmah dengan identity achievement diperoleh koefisien korelasi sebesar r= 0,461 dengan p= 0,000 (p < 0,01) yang artinya ada korelasi positif antara rahmah dengan identity achievement ; c) sedangkan peran mawaddan dan rahmah identity achievement diperoleh koefisien korelasi r=0,692 dengan p = 0,000 (p < 0,01) yang artinya mawadah dan rahmah mempunyai korelasi yang sangat positif dengan identity achievement.
References
Archer, S.L. (editor). (1994). Interventions for Adolescent Identity Development, London: Sage.
Azwar, S.( 2006). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Azwar, S.( 2007). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Basri, H. (2004). Keluarga Sakinah; Tinjauan Psikologi dan Agama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Berk, L. E. (1993). Infants, children, & Adolecents. Needhamn Heights. MA: Allyn & Bacor
Corsini, R.J. (2002). The Dictionary of Psychology. New York: Brunner-Roubedge
Cramers, A. (1998). Identitas dan Siklus Hidup Manusia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka
Erikson, E. H.(1968). Identity: Youth and Crisis. New York: w.w. Norton
Farchan, M. (2003). Keluarga, Basis Pendidikan Agama. Kompas, 8 Mei 2003.
Fuhrman, B. S. (1990). Adolesence. London: Scot, Foresman and Company
Gunarsa, S. D. & Gunarsa, Y. S. D. (1990). Psikologi Remaja. Jakarta: PT: BPK Gunung Mulia
Hadi, S., (2000). Statistik. Yogyakarta: Penerbit Andi Yogyakarta
Huriati, N. Hidayati. (2016). Krisis Identitas Diri pada Remaja. SULESUNA Volume 10; No.1.
Hurlock, E. B., (2003). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Penerjemah. Istidayanti dan Soedjarwo, Jakarta: Erlangga.
Majalah Sadar, (2007). Keluarga Harmonis Cegah Kenakalan Remaja. Jakarta: Badan Narkotika Nasional RI
Mappiare, A. (1982). Psikologi Remaja. Surabaya: Usaha Nasional
Mubarok, A. (2005). Psikologi Keluarga; Dari Keluarga Sakinah Hingga Keluarga Bangsa. Jakarta: Bina Rena Pariwara
Papalia, D. F., Olds, S. W., & Feldman, R. D. (2004). Human Develompment (9thed). New York, NY: Jon Wiley & Sons
Sanaky, H., AH. (2000). Keluarga Sakinah. Yogyakarta: Makalah disampaikan pada acara Pelatihan Kader Motivator Keluarga Sakinah dan Pelatihan Kepemimpinan Islam di Kecamatan Semin, pada Kamis, 7 September 2000
Santrock, John. W. (2003). Adolesence (Perkembangan remaja). Jakarta: Erlangga
Sari, N. (2004). Hubungan antara Identitas Diri dengan Kecerdasan Emosi pada Remaja Akhir. Skripsi (tidak diterbitkan). Yogyakarta: Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya UII
Shihab, Q.(2007). Pengantin Al-Qur’an; Kalung Permata Buat Anak-anakku. Jakarta: Lentera Hati
Sulaeman, D. (1995). Psikologi Remaja, Dimensi-dimensi Perkembangan. Bandung: Mandar Maju
Sprinthall, N. A & Collins, W. A. (1995). Adolescent Psychology a Developmental View. London: Mc Graw-Hill Inc
Supratiknya. A (Editor). (1993). Teori-teori Psikodinamik (Klinis). Jogjakarta. Kaninus
Valentini dan Nisfiannoor, (2006). Identity Achievement dengan Intimacy pada Remaja SMA. Jurnal Provitae Volume 2; No. 1; Mei 2006
Vembriarto, ST. (1990). Sosiologi Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset
Zainuddin, M. (2005). Menuju Mawaddah dan Rahmah: Membentuk Mawaddah dan Rahmah Berdasarkan Persfektif Islam. PSIKOLOGIKA, Nomor 20 tahun X Juli 2005
Wahini, W. (2002). Keluarga sebagai Tempat Pertama dan Utama. Makalah. Disampaikan pada Program Pasca Sarjana/S3 Institut Pertanian Bogor.
Kurniawan, I.N. (2007). Pengembangan Konstrak Mawaddah dan Rahmah, Jogjakarta: Unpublished
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with INSIGHT: Jurnal Ilmiah Psikologi agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Insight right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Insight. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Insight.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).