PERAN MAWADAH DAN RAHMAH DALAM KELUARGA TERHADAP IDENTITY ACHIEVEMENT PADA REMAJA AKHIR

Metty Verasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan positif antara mawadah dan rahmah dengan identity achievement  pada remaja akhir. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SMA Negeri di Lubuk Linggau sebanyak 125 orang. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Mawadah dan Rahmah yang dibuat oleh peneliti dengan mengacu pada aspek-aspek yang dikemukakan oleh Shihab (2007) dan Skala Identity Achievement  Pada Remaja Akhir dengan mengacu pada aspek-aspek yang dikemukakan oleh Marcia (dalam Sprinthall dan Collins, 1995), Metode analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis korelasi parsial  dan uji regresi ganda dengan menggunakan fasilitas program SPSS versi 13,0 untuk menguji apakah terdapat hubungan antara peran mawaddah dan rahmah dengan identity achievement  pada remaja akhir. Hasil uji hipotesis a) peran mawaddah identity achievement diperoleh koefisien korelasi sebesar r=  0,346 dengan p = 0,000 (p < 0,01)  yang artinya ada korelasi positif  antara mawadah dengan identity achievement  pada remaja akhir; b) peran rahmah dengan identity achievement diperoleh koefisien korelasi sebesar r= 0,461 dengan p= 0,000 (p < 0,01) yang artinya ada korelasi positif antara rahmah dengan identity achievement ; c) sedangkan peran mawaddan dan rahmah identity achievement diperoleh koefisien korelasi r=0,692 dengan p = 0,000 (p < 0,01) yang artinya mawadah dan rahmah mempunyai korelasi yang sangat positif dengan identity achievement.


Keywords


Mawadah, Rahmah, dan Identity Achievement Pada Remaja Akhir.

Full Text:

PDF

References


Archer, S.L. (editor). (1994). Interventions for Adolescent Identity Development, London: Sage.

Azwar, S.( 2006). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Azwar, S.( 2007). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Basri, H. (2004). Keluarga Sakinah; Tinjauan Psikologi dan Agama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Berk, L. E. (1993). Infants, children, & Adolecents. Needhamn Heights. MA: Allyn & Bacor

Corsini, R.J. (2002). The Dictionary of Psychology. New York: Brunner-Roubedge

Cramers, A. (1998). Identitas dan Siklus Hidup Manusia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka

Erikson, E. H.(1968). Identity: Youth and Crisis. New York: w.w. Norton

Farchan, M. (2003). Keluarga, Basis Pendidikan Agama. Kompas, 8 Mei 2003.

Fuhrman, B. S. (1990). Adolesence. London: Scot, Foresman and Company

Gunarsa, S. D. & Gunarsa, Y. S. D. (1990). Psikologi Remaja. Jakarta: PT: BPK Gunung Mulia

Hadi, S., (2000). Statistik. Yogyakarta: Penerbit Andi Yogyakarta

Huriati, N. Hidayati. (2016). Krisis Identitas Diri pada Remaja. SULESUNA Volume 10; No.1.

Hurlock, E. B., (2003). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Penerjemah. Istidayanti dan Soedjarwo, Jakarta: Erlangga.

Majalah Sadar, (2007). Keluarga Harmonis Cegah Kenakalan Remaja. Jakarta: Badan Narkotika Nasional RI

Mappiare, A. (1982). Psikologi Remaja. Surabaya: Usaha Nasional

Mubarok, A. (2005). Psikologi Keluarga; Dari Keluarga Sakinah Hingga Keluarga Bangsa. Jakarta: Bina Rena Pariwara

Papalia, D. F., Olds, S. W., & Feldman, R. D. (2004). Human Develompment (9thed). New York, NY: Jon Wiley & Sons

Sanaky, H., AH. (2000). Keluarga Sakinah. Yogyakarta: Makalah disampaikan pada acara Pelatihan Kader Motivator Keluarga Sakinah dan Pelatihan Kepemimpinan Islam di Kecamatan Semin, pada Kamis, 7 September 2000

Santrock, John. W. (2003). Adolesence (Perkembangan remaja). Jakarta: Erlangga

Sari, N. (2004). Hubungan antara Identitas Diri dengan Kecerdasan Emosi pada Remaja Akhir. Skripsi (tidak diterbitkan). Yogyakarta: Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya UII

Shihab, Q.(2007). Pengantin Al-Qur’an; Kalung Permata Buat Anak-anakku. Jakarta: Lentera Hati

Sulaeman, D. (1995). Psikologi Remaja, Dimensi-dimensi Perkembangan. Bandung: Mandar Maju

Sprinthall, N. A & Collins, W. A. (1995). Adolescent Psychology a Developmental View. London: Mc Graw-Hill Inc

Supratiknya. A (Editor). (1993). Teori-teori Psikodinamik (Klinis). Jogjakarta. Kaninus

Valentini dan Nisfiannoor, (2006). Identity Achievement dengan Intimacy pada Remaja SMA. Jurnal Provitae Volume 2; No. 1; Mei 2006

Vembriarto, ST. (1990). Sosiologi Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset

Zainuddin, M. (2005). Menuju Mawaddah dan Rahmah: Membentuk Mawaddah dan Rahmah Berdasarkan Persfektif Islam. PSIKOLOGIKA, Nomor 20 tahun X Juli 2005

Wahini, W. (2002). Keluarga sebagai Tempat Pertama dan Utama. Makalah. Disampaikan pada Program Pasca Sarjana/S3 Institut Pertanian Bogor.

Kurniawan, I.N. (2007). Pengembangan Konstrak Mawaddah dan Rahmah, Jogjakarta: Unpublished




DOI: https://doi.org/10.26486/psikologi.v19i1.595

Article Metrics

Abstract view : 53 times
PDF - 68 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Metty Verasari

Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi Indexed by

  ipiii.png 

Crossref logo Dimensions Google Scholar

View INSIGHT Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.