The influence of positive religious coping on academic burnout among islamic education students of private university in Yogyakarta

Authors

  • Rahmadika Nur Azizah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Anita Aisah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.26486/psikologi.v24i1.1786

Keywords:

religious coping positif, academic burnout, kejenuhan belajar

Abstract

Religious coping positif merupakan suatu cara yang digunakan oleh seseorang dalam mengelola permasalahan kehidupan dengan menggunakan pemikiran positif dan keyakinannya terhadap tuhan. Coping ini merupakan salah satu bentuk coping yang paling efektif dalam mengatasi berbagai permasalahan, termasuk mahasiswa sebagai pelajar dalam menghadapi hambatan dalam akademiknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh religious coping positif terhadap academic burnout pada mahasiswa PAI universitas swasta di Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian survey menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini yaitu 114 mahasiswa PAI universitas swasta di Yogyakarta, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, angket, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan uji regresi linear sederhana dengan adaptasi skala pengukuran IRCOPE (Iranian Religious Coping Scale) untuk menganalisis variabel religious coping positif dan MBI-SS (Maslach Burnout Inventory - Student Survey) untuk menganalisis variabel academic burnout. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) mahasiswa PAI universitas swasta di Yogyakarta memiliki tingkat religious coping positif yang sangat tinggi (2) mahasiswa PAI universitas swasta di Yogyakarta memiliki tingkat academic burnout yang rendah (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara religious coping positif terhadap academic burnout dengan persamaan garis regresi yaitu Y = 72.645 – 0.546 X dan pengaruhnya adalah sebesar 17.2%. Religious coping positif dapat digunakan untuk mengurangi academic burnout yang dimiliki oleh mahasiswa. Oleh karena itu, religious coping positif dapat terus ditingkatkan.

Author Biographies

Rahmadika Nur Azizah, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammdiyah Yogyakarta

Anita Aisah, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammdiyah Yogyakarta

References

Abu-Raiya, H., & Pargament, K. I. (2015). Religious coping among diverse religions:

Commonalities and divergences. Psychology of Religion and Spirituality, 7(1), 24–33.

https://doi.org/10.1037/a0037652

Aflakseir, A., & Coleman, P. G. (2011). Initial development of the Iranian religious coping scale.

Journal of Muslim Mental Health, 6(1), 44–61.

https://doi.org/10.3998/jmmh.10381607.0006.104

Aldyafigama, N. S., Baihaqi, M., & Pujasari, Y. (2019). Self-compassion tunanetra dewasa: Efek

koping religius dan rasa syukur. JURNAL PSIKOLOGI INSIGHT, 3(1), 78–89.

https://doi.org/10.17509/insight.v3i1.22255

Arlinkasari, F., & Akmal, S. Z. (2017). Hubungan antara school engagement, academic self-

efficacy dan academic burnout pada mahasiswa. Humanitas (Jurnal Psikologi), 1(2), 81–

https://doi.org/10.28932/humanitas.v1i2.418

Aziza, F., & Hariyono, D. S. (2019). Hubungan self esteem terhadap kecenderungan depresi pada

mahasiswa. Jurnal Psycho Holistic, 1(1), 8–17.

https://journal.umbjm.ac.id/index.php/psychoholistic/article/view/271

Della, E. I., & Aljamaliah, S. (2021). Pengaruh pembelajaran secara daring pada masa pandemi

Covid-19 terhadap minat belajar pada mahasiswa PGPAUD. JURNAL PENDIDIKAN, 30(2),

–186. https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1524

Dewi, S. N. (2020). Dampak Covid-19 terhadap pembelajaran daring di perguruan tinggi. Jurnal

Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS), 12(2), 87–93.

French, D. C., Purwono, U., & Shen, M. (2022). Religiosity and positive religious coping as

predictors of Indonesian Muslim adolescents’ externalizing behavior and loneliness.

Psychology of Religion and Spirituality, 14(2), 189–199. https://doi.org/10.1037/rel0000300

Gardner, T. M., Krägeloh, C. U., & Henning, M. A. (2014). Religious coping, stress, and quality of

life of Muslim university students in New Zealand. Mental Health, Religion & Culture,

(4), 327–338. https://doi.org/10.1080/13674676.2013.804044

Jalaluddin. (2016). Psikologi agama : Memahami perilaku dengan mengaplikasikan prinsip-prinsip

psikologi. PT Raja Grafindo Persada.

Jannah, K. I., Raihana, P. A., & Ali, M. (2019). Strategi coping pada remaja penghafal Al-Qur’an

berasrama dalam menghadapi kejenuhan. Jurnal Suhuf, 31(2), 107–117.

https://journals.ums.ac.id/index.php/suhuf/article/view/9039/4877

Juwanto, & Zumkasri. (2017). Konsep berfikir dalam pemecahan masalah mahasiswa Program

Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH. Bengkulu. Jurnal

Psikodidaktika, 2(2), 50–65. file:///C:/Users/Kholis A412FA/Downloads/229-73-350-1-10-

pdf

Kusnayat, A., Sumarni, N., Mansyur, A. S., Zaqiah, Q. Y., & Bandung, U. T. (2020). Pengaruh

teknologi pembelajaran kuliah online di era Covid-19 dan dampaknya. EduTeach : Jurnal

Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 153–165.

Laili, L., & Suseno, M. N. (2016). Kesejahteraan spiritual dan burnout pada mahasiswa pendidikan

dokter. Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 21(2), 167–178.

https://doi.org/10.20885/psikologika.vol21.iss2.art6

Lenz, A. S., Gómez Soler, I., Dell’Aquilla, J., & Uribe, P. M. (2017). Translation and cross-cultural

adaptation of assessments for use in counseling research. Measurement and Evaluation in

Counseling and Development, 50(4), 224–231.

https://doi.org/10.1080/07481756.2017.1320947

Lin, S., & Huang, Y.-C. (2014). Life stress and academic burnout. Active Learning in Higher

Education, 15(1), 77–90.

Madigan, D. J., & Curran, T. (2021). Does burnout affect academic achievement? A meta-analysis

of over 100,000 students. Educational Psychology Review, 33(2), 387–405.

https://doi.org/10.1007/s10648-020-09533-1

Nurhayati, Muchlisah, & Damayanti, E. (2019). Kejenuhan aktivitas belajar praktikum ekologi

hewan pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Islam Negeri (UIN)

Alauddin Makassar. Jurnal Al-Ahya, 1(1), 121–134.

https://doi.org/https://doi.org/10.24252/al-ahya.v1i1.5721

O’Brien, B., Shrestha, S., Stanley, M. A., Pargament, K. I., Cummings, J., Kunik, M. E., Fletcher,

T. L., Cortes, J., Ramsey, D., & Amspoker, A. B. (2019). Positive and negative religious

coping as predictors of distress among minority older adults. International Journal of

Geriatric Psychiatry, 34(1), 54–59. https://doi.org/10.1002/gps.4983

Papalia, D. E., Old s, S. W., & Feldman, R. D. (2009). Human development perkembangan

manusia. Salemba Humanika.

Papilaya, J. O., & Huliselan, N. (2016). Identifikasi gaya belajar mahasiswa. Jurnal Psikologi

Undip, 15(1), 56–63. https://doi.org/10.14710/jpu.15.1.56-63

Sagita, D. D., & Meilyawati, V. (2021). Tingkat academic burnout mahasiswa pada masa pandemi

Covid-19. Jurnal Nusantara of Research, 8(2). Https://Doi.Org/10.29407/nor.V8i2.16048,

(2), 104–119. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor

Satiti, N. P., Prayitno, S. H., & Aripin. (2015). Kecenderungan depresi pada mahasiswa baru

ditinjau dari strategi koping di akademi kesehatan “RUSTIDA†Banyuwangi. Jurnal Ilmiah

Kesehatan Rustida, 1(2), 73–85. https://e-

journal.akesrustida.ac.id/index.php/jikr/article/view/27

Schaufeli, W. B., Martínez, I. M., Pinto, A. M., Salanova, M., & Bakker, A. B. (2002). Burnout and

engagement in University Students. Journal of Cross-Cultural Psychology, 33(5), 464–481.

https://doi.org/10.1177/0022022102033005003

Silalahi, U. (2017). Metode penelitian sosial kuantitatif. PT Refika Aditama.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Supradewi, R. (2019). Stres mahasiswa ditinjau dari koping religius. Psycho Idea, 17(1), 9–22.

https://doi.org/10.30595/psychoidea.v17i1.2837

Supradewi, R. (2020). Koping religius dan stres pada guru sekolah islam. Psisula: Prosiding

Berkala Psikologi, 1, 150–165. https://doi.org/10.30659/psisula.v1i0.7700

Syifa, L., Sunawan, S., & Nusantoro, E. (2018). Prokrastinasi akademik pada lembaga

kemahasiswaan dari segi konsep diri dan regulasi emosi. Indonesian Journal of Guidance

and Counseling: Theory and Application, 7(1), 21–29.

https://doi.org/https://doi.org/10.15294/ijgc.v7i1.18167

Utami, M. S. (2012). Religiusitas, koping religius, dan kesejahteraan subjektif. Jurnal Psikologi,

(1), 46–66. https://doi.org/https://doi.org/10.22146/jpsi.6966

Valendri, E. (2017). Upaya guru pembimbing mengatasi kesulitan belajar melalui bimbingan

belajar di SMA Negeri 1 Kota Bengkulu. Jurnal Psikodidaktika, 2(2), 18–29.

https://journals.unihaz.ac.id/index.php/psikodidaktika/article/view/216

Downloads

Published

2022-04-11

How to Cite

Azizah, R. N., & Aisah, A. (2022). The influence of positive religious coping on academic burnout among islamic education students of private university in Yogyakarta. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 24(1), 21–34. https://doi.org/10.26486/psikologi.v24i1.1786