PENGARUH PSIKODRAMA TERHADAP ASERTIVITAS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA

Archangela Girlani Dwi Lestari, Kondang Budiyani, Martaria Rizky Rinaldi

Abstract


Mahasiswa diharapkan memiliki peran dalam kontrol sosial yang membutuhkan kemampuan untuk menolak sesuatu yang tidak baik, akan tetapi terkadang mahasiswa kesulitan untuk bersikap asertif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh psikodrama terhadap asertivitas pada mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Hipotesis yang diajukan adalah ada pengaruh psikodrama terhadap asertivitas pada mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Karakteristik subjek yaitu mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta yang berusia 18-21 tahun dengan skor asertivitas sedang-rendah. Subjek penelitian ini berjumlah tujuh orang. Desain penelitian yaitu one group pretest-posttest. Pengambilan data penelitian menggunakan Skala Asertivitas. Teknik analisis data yang digunakan yakni uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil analisis menunjukkan nilai Z sebesar -2,201 dengan p=0,028 (p<0,05). Rata-rata skor pretest subjek sebesar 87,14 dan rata-rata skor posttest subjek sebesar 93,86. Hal tersebut menunjukkan bahwa psikodrama berpengaruh terhadap asertivitas. Tingkat asertivitas subjek setelah diberi psikodrama lebih tinggi daripada sebelum diberi psikodrama.

 

 


Keywords


psikodrama, asertivitas, mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Alberti, R.E. & Emmons, M.L. (2017). Your Perfect Right. Canada: Raincoast Books.

Alberti, R.E. & Emmons, M.L. (2002). Your Perfect Right, Hidup Lebih Bahagia dengan Mengungkapkan Hak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Anindyajati, M. & Karima, C.M. (2004). Peran Harga Diri Terhadap Asertivitas Renaja Penyalahgunaan Narkoba (Penelitian Pada Remaja Penyalahgunaan Narkoba Di Tempat-Tempat Rehabilitasi Penyalahgunaan Narkoba). Jurnal Psikologi. 2(1), 49-73.

Blatner, A. (2000). Foundation of Psychodrama, Fourth Editiion. New York: Springer Publishing Company.

Crassini, B., Law, H.G., & Wilson, E. (2011). Sex differences in assertive behaviour? Australiian Journal of Psychology, 21(1):15-19

Evasanti, N. & Kumara, A. (2015). Bermain Musik Ansambel dan Perilaku Asertif dalam Belajar Sight Reading. Gadjah Mada Journal of Psychology. 1(2), 82-95.

Green, A. (2004). Kreativitas Dalam Public Relations. Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga.

Hasnabuana, Y., Sawitri, R.R. (2015). Asertivitas Ditinjau dari Kemandirian dan Jenis Kelamin Pada Remaja Awal Kelas VIII Di SMPN 1 Semarang. Jurnal Empati. 4(2), 219-223.

Rink, J. (2002). A Musical Performance, A Guide to Understanding. New York: Cambridge University Press.

Lianasari, D., Japar, M., & Purwati, P. (2018). Efektifitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Brainstorming untuk Meningkatkan Kemampuan Perilaku Asertif Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia. 3(1), 6-10.

Lubis, N.L. (2016). Konseling Kelompok. Jakarta: Kencana.

Marini, L., & Andriani, E. (2005). Perbedaan Asertivitas Remaja Ditinjau dari Pola Asuh Orang Tua. Psikologia. 1(2), 46-53

Orkibi, Hod. (2018). The User-Friendliness of Drama: Implications for Drama Therapy and Psychodrama Admission and Training. Israel: University of Haifa

Pramono, A. (2013). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Psikodrama untuk Mengembangkan Konsep Diri Positif. Jurnal Bimbingan Konseling. 2(2), 99-104.

Ribha, S. (2017). Peningkatan Perilaku Asertif Melalui Teknik Psikodrama Pada Siswa Kelas VII D di SMP Negeri 2 Moyudan. E-Journal Bimbingan dan Konseling. 3(6), 284-299.

Sadli. (2010). Berbeda Tetapi Setara Pemikiran Tentang Kajian Perempuan. Yogyakarta: PT Kompas Media Nusantara.

Saputri, L. (2019). Pelatihan Asertivitas untuk Peningkatan Asertivitas Pada Remaja Perlindungan dan Rehabilitas X Yogyakarta. Tesis. Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Safithry, E.A. (2015). Efektivitas Pelatihan Resiliensi Terhadap Peningkatan Perilaku Asertif Mahasiswa FKIP UM Palangkaraya. Pedagogik Jurnal Pendidikan. 10(1), 79-89.

Sari, S.P. (2017). Teknik Psikodrama dalam Mengembangkan Kontrol Diri Siswa. Jurnal Fokus Konseling. 3(2), 123-137.

Sarwono, S.W. (2004). Psikologi Remaja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Semiun, Y. (2006). Kesehatan Mental 3. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Siregar, T.S. (2015). Efektivitas Metode Psikodrama Dalam Meningkatkan Kemampuan Bermain Drama Oleh Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Stabat. Jurnal Edukasi Kultura. 2(2), 115-126.

Suparni. (2018). Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Bahan Ajar Berbasis Integrasi Interkoneksi Terhadap Peningkatan Kemampuan Perpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Didaktik Matematika. 5(2), 11-19.

Wati, N.I., Budiono, A.N., & Mutakin, F. (2018). Bimbingan Konseling dengan Teknik Psikodrama Untuk Menurunkan Burnout Pada Siswa. Jurnal Consulenza. 1(1), 21-28.




DOI: https://doi.org/10.26486/psikologi.v22i2.1148

Article Metrics

Abstract view : 114 times
PDF - 55 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Archangela Girlani Dwi Lestari, Kondang Budiyani, Martaria Rizky Rinaldi

Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi Indexed by

  ipiii.png 

Crossref logo Dimensions Google Scholar

View INSIGHT Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.