Regresi Logistik Pada Model Problem Based Learning Berbantu Software Cabri 3D

Nesy Iga Mardini, Leni Marlena, Ervin Azhar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model Problem Based Learning berbantu software Cabri 3D dengan menggunakan regresi logistik biner terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Kota Tangerang Selatan tahun pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian sebanyak 67 siswa yang terbagi dalam dua kelas yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda. Kelompok eksperimen diberikan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning berbantu software Cabri 3D dan kelompok kontrol tidak diberikan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning berbantu software Cabri 3D. Hasil dari penelitian yang didapat menggunakan analisis regresi logistik, diperoleh model regresi logistik ( ) . Uji signifikansi parameter yang digunakan, yaitu uji Rasio Likelihood dan uji Wald. Berdasarkan hasil uji serentak maupun uji parsial diperoleh hasil H0 ditolak artinya model Problem Based Learning berbantu software Cabri 3D berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kemudian nilai odds ratio sebesar 2,880 menunjukan bahwa siswa yang menggunakan model Problem Based Learning berbantu software Cabri 3D memiliki peluang lulus kemampuan pemahaman konsep matematis sebesar kali dibandingkan siswa yang tidak menggunakan model problem based learning berbantu software Cabri 3D.

Keywords


Regresi Logistik, Problem Based Learning, Software Cabri 3D

Full Text:

PDF

References


Adirakasiwi, A. G., & Warmi, A. (2018). Penggunaan Software Cabri 3D Dalam Pembelajaran Matematika Upaya Meningkatkan Kemampuan Visualisasi Spasial Matematis Siswa. Jurnal Silogisme, 3(1), 28–35.

Fitriyani, W., & Sugiman, S. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Teorema Pythagoras Dengan Pendekatan Ideal Berbantuan Geogebra. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 269. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2681

OECD, 2016. PISA 2015 Results in Focus. Retrieved from http://www.oecd.org/pisa.

Paloloang, M. F. B. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Panjang Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran di Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(1), 67–77.

Ramadhani, R., Sudarno, & Safitri, D. (2017). Metode Bootstrap Aggregating Regresi Logistik Biner Untuk Ketepatan Klasifikasi Kesejahteraan Rumah Tangga Di Kota Pati. Jurnal aussian, 6, 121–130.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Zulfa, A., & Warniasih, K. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Gamping. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(22), 371–375.




DOI: https://doi.org/10.26486/jm.v4i1.839

Article Metrics

Abstract view : 45 times
PDF - 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by

 ipiii.pngDimensions

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.