Eksperimentasi Model Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR) berbantu LKPD Ditinjau dari Kecerdasan Matematis Logis
DOI:
https://doi.org/10.26486/jm.v4i1.773Keywords:
Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR) berbantu LKPD, Kecerdasan Matematis logis, Prestasi Belajar.Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh penerapan model pembelajaaran Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR) berbantu LKPD terhadap prestasi belajar siswa; (2) Pengaruh masing-masing kecerdasan matematis logis (tinggi, sedang, rendah) terhadap prestasi belajar siswa; (3) Apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR) berbantu LKPD dan kecerdasan matematis logis yang terjadi pada prestasi belajarnya. Untuk memperoleh jawaban beberapa tujuan penelitian tersebut, maka metode kuantitatif dengan jenis penelitiannya quasi experimental design dipilih dan ujinya adalah analisis variansi (anava) dua jalan kemudian dilanjutkan dengan uji sceffe jika diperlukan. Prestasi dalam penelitian ialah: (1) terdapat pengaruh pengaruh model pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR) berbantu LKPD terhadap prestasi belajar siswa; (2) terdapat pengaruh kecerdasan matematis logis terhadap prestasi belajar siswa; (3) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR) berbantu LKPD yang diterapkan dan masing-masing kategori kecerdasan matematis logis pada prestasi belajar.
References
Anwar, Muhammad Saidun. (2015). Efektifitas Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Siswa Materi Tiga Dimensi.†Masters, Universitas Terbuka. http://repository.ut.ac.id/6912/.
Arani, Hossein Khani. (2012). Metacognitive Strategies and Logical/Mathematical Intelligences in EFL Context: Investigating Possible Relationships’, Theory and Practice in Language Studies. Academy Publisher Manufactured In Finland 2 (2).
Arifin, Zainal. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Asih, Ni Made, dan Putu Eka Nilakusumawati. 2017. Effectiveness Application of Auditory Intellectual Repetition (AIR) Learning Model To Improve Student’s Learning Outcomes on Subject Two-Dimensional And Three-Dimensional Shapes. International Journal Of Advanced Research (IJAR).
Budiyono. (2011). Penilaian Hasil Belajar. Surakarta: Program Pascasarjana UNS.
Choirudin, Choirudin. (2015). Efektifitas Pembelajaran Matematika Dengan E-Learning Berbasis Schoology. Masters, Universitas Terbuka. http://repository.ut.ac.id/6907/.
———. 2017. Efektivitas Pembelajaran Berbasis Schoology. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, Desember, 101–26. https://doi.org/10.25217/numerical.v1i2.131.
Gangadevi, dan Ravi. (2014). Multiple Intelligence Based Curriculum To Enhance Inclusive Education To Bring Out Human Potential. International Journal of Advanced Research, Tamilnadu: College of Education Coimbatore 2 (8).
Ningsih, E. F. (2017). Proses Berpikir Mahasiswa dalam Pemecahan Masalah Aplikasi Integral Ditinjau dari Kecemasan Belajar Matematika (Math Anxiety). Iqra (Educational Journal) 1 (2): 191–217.
Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Thaib, Eva Nauli. (2013). Hubungan Antara Prestasi Belajar dengan Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA XIII (2).
Ulfa, Marya. (2018). Guru MTs Sabiilul Muttaqien.
Widyawati, Santi, Mardiyana, dan Gatut Iswahyudi. (2014). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan Numbered Heads Together (NHT) Ditinjau dari Kecerdasan Majemuk Peserta Didik. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika 2 (9): 972–83.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors retain their rights of works reported in their papers and other parties should adhere to Creative Commons License linked below
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.