Efektivitas Model Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Authors

DOI:

https://doi.org/10.26486/jm.v3i2.745

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Model Pembelajaran Langsung, Model Problem Based Learning.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Problem Based Learning dengan pembanding model pembelajaran langsung ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Pajangan dengan mengambil sampel siswa kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini menggunakan Quasi Eksperiment (eksperimen semu) dengan desain penelitian The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Analisis data yang dilakukan yaitu analisis data uji coba soal posttest kemampuan pemecahan masalah matematika, analisis data hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan model Problem Based Learning dan model pembelajaran langsung, dan analisis data hasil posttest kemampuan pemecahan masalah matematika yang meliputi uji normalitas dengan menggunakan uji Kolmogorov Smirnov serta uji hipotesis dengan menggunakan uji T dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua kelas dalam keadaan awal yang setimbang. Berdasarkan uji normalitas nilai posttest kemampuan pemecahan masalah matematika pada kelas eksperimen diperoleh nilai sig. 0,057 > α dan pada kelas kontrol diperoleh nilai sig. 0,200 > α, sehingga kedua kelas berdistribusi normal. Berdasarkan uji T nilai posttest kemampuan pemecahan masalah matematika pada kedua kelas diperoleh  > , sehingga dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning lebih efektiv daripada model pembelajaran langsung ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Pajangan Bantul.

Author Biographies

Padrul Jana, Universitas PGRI Yogyakarta

Program Studi Pendidikan Matematika

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas PGRI Yogyakarta

Endah Supiati, Universitas PGRI Yogyakarta

Pendidikan Matematika

References

Amperawan, I. W., Pujawan, I. G. N., & Suarsana, I. M. (2018). Komparasi kemampuan pemecahan masalah matematika antara pmr dan pbm pada materi geometri smp kelas vii. Fibonacci, 4(1), 47–60. https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.47-60

Effendi, L. A. (2012). Pembelajaran matematika dengan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 1–10.

Ekasari, R. R., & Sahidu, H. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Laboratorium Terhadap Kreatifitas Fisika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, II(3), 106–110.

Fatimah, F. (2012). Kemampuan komunikasi matematis dan pemecahan masalah melalui problem based-learning. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Tahun, 16(1), 249–259. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/pep.v16i1.1116

Gunantara, G., Suarjana, M., & Riastin, P. N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

Hariyati, E., Mardiyana, & Usodo, B. (2013). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization ( Tai ) Dan Problem Based Learn I Ng ( Pbl ) Pada Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Multiple Intelligences Siswa SMP Kabupaten Lampung Timur Dengan model Menurut kooper. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 1(7), 721–731.

Jana, P. (2018). Penguatan Kemampuan Matematika Dasar Siswa SMA Melalui Kegiatan Matrikulasi. MATAPPA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–4. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31100/matappa.v1i1.80

Jana, P., & Sugiyarta, A. W. (2018). Active Learning Berbantuan Flashcard Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Vektor. Aksioma Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 7(3), 492–502. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v7i3.1538

Jauhar, M. (2011). Implementasi PAIKEM dari Behavioristik sampai Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Nuryadi, N. (2019). Pengembangan Media Matematika Mobile Learning Berbasis Android ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal pendidikan surya edukasi (JPSE), 5(1), 1-13.

Rahmani, W., & Widyasari, N. (2018). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Media Tangram. Fibonacci, 4(1), 17–24. https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.17-23

Riski Nur Istiqomah Dinnullah, (2018). Perbedaan Model Problem Based Learning Dan Discovery-Inquiry Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mercu Buana Yogyakarta,3(1),01-08 https://dx.doi.org/10.26486/jm.v3i1.654

Rusman. (2016). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Jakarta: Rajawali Press.

Sakti, I., Mega, Y., Puspasari, Eko, & Risdianto. (2012). Pengaruh model pembelajaran langsung (direct instruction) melalui media animasi berbasis macromedia flash terhadap minat belajar dan pemahaman konsep fisika siswa di sma plus negeri 7 kota bengkulu. Exacta, 10(1), 1–10.

Sulaeman, E., & Astriyani, A. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Strategi Problem Based Learning Pada Kelas VIII-C SMP Muhammadiyah 29 Sawangan Depok. Fibonacci, 2(1), 31–43. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/fbc.2.1.31-43

Downloads

Published

2019-05-02

Issue

Section

Articles